Rabu, 18 Juli 2018 - 05:34:59 WIB
Peringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 87 kali

Baca Juga:Terkait Kasus Hambalang, Putusan MA Dinilai Salah Penerapan HukumPemilihan Ketua BK DPRD Parimo TertutupIzin Galian C PPKS Unit Marihat Diberlakukan, Camat Siantar Kangkangi Hak KabupatenProyek Siluman di Dinas PU Binamarga Kabupaten Sidoarjo Diduga Ada Kongkalikong

Tanah Datar, JAYAPOS - Komitmen dan upaya pemerintah dae­rah mensukseskan program bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di daerah, mendapat penghargaan dari pemerintah pusat.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama 120 kepala daerah dan Ketua Tim Penggerak PKK se-Indonesia memperoleh penghargaan bidang KKBPK dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penghargaan bernama Manggala Karya Kencana itu diserahkan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Manado-Sulawesi Utara, Jumat (6/7) lalu.

Usai menerima tanda kehormatan yang disematkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani itu, Bupati Irdinansyah menyampaikan rasa syukur dan bahagia, karena berbagai program yang diluncurkan Pemerintah Daerah Tanah Datar dinilai mampu mendorong pembentukan keluarga yang sejahtera dan sehat fisik maupun nonfisik.

“Penghargaan ini tidak luput dari upaya kita bersama dan keterlibatan semua unsur, baik bupati bersama wakil bupati dan DPRD, maupun unsur Forkompinda, OPD, TP PKK, elemen masyarakat, serta perantau yang saling bersinergi, sehingga mampu menciptakan keluarga yang berencana, dan keluarga yang sejahtera, dengan berbagai upaya peningkatan perekonomian keluarga dan pembinaan keluarga, mudah-mudahan bisa terus kita tingkatkan,” ujar bupati.

Ditegaskan, penghargaan ini sangat bermakna bagi pemerintah daerah dan masyarakat Tanah Datar. “Pembinaan dan pembentukan keluarga menjadi keluarga yang sejahtera dan berbudaya menjadi pondasi kuat mewujudkan masyarakat Tanah Datar yang madani berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ basandi Kitabullah,” ucapnya.

Irdinansyah menjelaskan, keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) di Tanah Datar, menurut penilaian pemerintah pusat dilihat dari keberhasilan program KKBPK dengan komitmen dan dukungan anggaran, kelembagaan, dukungan peraturan daerah berkaitan dengan program KKBPK, sarana penunjang, tenaga lapangan, tenaga ka­der, program pembinaan gene­rasi muda serta pencapaian jumlah peserta KB aktif dan peserta KB baru.

“Pemerintah daerah didukung DPRD sangat komit untuk bidang KKBPK yang menjadi tonggak kokoh pembentukan masyarakat yang sehat dan sejahtera, ini dibuktikan dengan dukungan anggaran yang meningkat dari tahun ke tahun,” jelas bupati yang turut didampingi Kadis PMDPPKB Adrion Nurdal dan Kabid PPKB Irdayani.

Kabupaten Tanah Datar sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 69 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, yang menjadi salah satu dasar dukungan menyukseskan program KKBPK.

“Program KB berjalan semakin baik, ini ditandai dengan lebih cerdasnya masyarakat dalam mengikutinya. Keluarga Berencana bukan berarti menghambat atau membatasi kelahiran, tapi mengatur jarak kelahiran,” ucap bupati lagi.

Disampaikan, Tanah Datar juga punya program yang berbasis kepada masyarakat yang kurang mampu dan program peningkatan ekonomi keluarga, seperti Program Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) dengan target minimal dua pertiga dari total 3.650 rumah tidak layak huni bisa dibantu, melalui APBD, Dana Aspirasi Anggota DPRD, perantau, dana nagari dan APBN.

Tahun 2017, ujarnya, sudah berhasil direhab 650 rumah tidak layak huni dan 2018 terjadi penambahan, yakni akan direhab 1.075 rumah tidak layak huni, memanfaatkan berbagai sumber anggaran, terutama peningkatan anggaran dari APBN.

“Mudah-mudahan dengan dukungan bersama, target minimal dua per tiga dari total rumah tidak layak huni bisa direhab di akhir RPJMD Tanah Datar Tahun 2016-2021. Kita tahu, keluarga yang sehat dan sejahtera itu harus didukung oleh tempat tinggal yang layak,” sebut bupati.

Dijelaskan, pemerintah daerah juga mempunyai komitmen yang tinggi melalui pembentukan generasi muda yang cerdas, berakhlaq dan berwawasan luas. “Program Kabupaten Tahfidz dengan melahirkan 8.000 hafiz di Tanah Datar setiap tahunnya dan mendorong remaja aktif di masjid, kegiatan sosial dan keagamaan, menjadi bukti komitmen pemerintah daerah melahirkan generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara ilmu, tetapi generasi yang mantap iman dan ketaqwaannya,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang turut berperan aktif mensukseskan program-program pemerintah daerah. Khusus penghargaan bidang KKBPK, bupati menyampaikan terima kasih kepada TP PKK, OPD terkait, jajaran Dinas Kesehatan, TNI/Polri, BAZNAS Tanah Datar, walinagari, tenaga lapangan, kader dan semua pihak yang telah bekerja dan berbuat untuk membantu program pengentasan kemiskinan di Tanah Datar.

Ketua TP-PKK Ny Emi Irdinansyah yang turut mendampingi juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan dari pemerintah pusat tersebut. Ini juga berkat upaya kita semua untuk menciptakan keluarga yang sejahtera di daerah, TP-PKK selalu aktif dalam menggerakkan kader mulai dari kabupaten, kecamatan, nagari hingga ke jorong.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, lanjutnya, kader PKK juga melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan ekonomi, seperti home industry, pemanfaatan lahan untuk ditanami tanaman yang menghasilkan, pengembangan ternak ayam, kolam ikan dan masih banyak yang lainnya. “Di samping juga upaya kita dalam hal peningkatan keagamaan,” sebut Ny Emi.

Acara penyerahan penghargaan dan peringatan Harganas itu dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Kepala BKKBN Sigit Priohutomo dan Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, beserta gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia.
(Domas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (55157)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50743)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14030)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13517)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13180)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12454)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8505)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7289)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6411)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6210)
Bedah JayaposCV Linang Jaya Diduga Kirim Material Tak Sesuai RAB Ke 30 Penerima Program RTLH Di Desa LabuanPandeglang, Jaya Pos Desa Labuan, Kecamatan Labuan merupakan salah satu desa yang mendapatkan Program Rumah ...


Dinas PUPR Kab Sidoarjo Bidang Pengairan Diduga Lakukan Mark UpPembangunan USB SDN Babat 2 Kecamatan Legok Beraroma KorupsiDiduga Proyek Pembangunan Pasar Cibaliung, Gunakan Besi BekasProyek NUSP-2 ADB Loan Rp 5,9 M di Kapuas Berbau KKNKades Tanjung Diduga Selewengkan Keuangan Desa Ratusan Juta RupiahProyek Jalan Hotmix Desa Medalsari - Saketi Terkesan DitutupiBPK Diminta Audit Hasil Pekerjaan Peningkatan Jalan Perbatasan Tutur Arah Malang
Laporan KhususHari Jadi Bantaeng Ke-764 Gubernur Sulsel Bantu Bantaeng 26 MBantaeng, Jaya Pos Pada tanggal 7 Desember 2018, seluruh masyarakat Bantaeng bersuka cita menyambut kembali ...


Bakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan BangsaLurah Bahu : Sidak Bagi Pendatang Berdomisili di WilayahnyaPengawasan APK Bersama Stakeholder Untuk Pemilu 2019Bupati Canangkan Gerakan Banyumas MembacaBanjir di Buaran DPU Tangsel Sigap Tangani Laporan WargaTanah Datar Gelar Festival Pesona Minang KabauDPRD Sumsel Gelar Rapat Paripurna Ke-LI (51)