Jumat, 10 Agustus 2018 - 07:06:05 WIB
Kota Bukittinggi Sambut Toch Relay Api Obor Asean GamesKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 162 kali

Baca Juga:Terlibat Kasus Narkoba, Ayahanda Julia Perez Jalani Sidang Perdana Asperator Biro Jasa yang Berbadan HukumKetua BKD Minta Pimpinan Dewan Panggil Anggota KPUDSTKIP Pontianak Pionir Terdepan dalam Prodi Sejarah

Bukittinggi, JAYAPOS - Subuh menjelang matahari terbit, tepatnya Jum’at (3/8) sekira pukul 03,30 wib, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias SH didampingi Wakilnya Irwandi, Sekda Yuen Karnova SE, serta Kepala OPD lainnya berkumpul di Istana Bung Hatta. Kehadiran sang pemimpin Kota Bukittinggi, untuk melepas keberangkatan Api Obor Asian Games ke-18 menuju Kota Jambi, pukul 07.00 wib rombongan sudah take off ke arah Sumatera Selatan melanjutkan tugasnya.

Suasana di subuh yang mencekam dan dingin di kota kecil, menjelang siang membuat Walikota dan segenap jajaran harus melakukan tugasnya untuk melepas keberangkatan Api Obor Asian Games setelah satu malam diinapkan di Bukittinggi, yaitu di rumah Istana Bung Hatta. Suasana yang membuat Bukittinggi berbangga dan mencatat sejarah di tahun ini dengan kesempatan dapat membawa api obor Asian Games diarak keliling kota yang luasnya mencapai 25 km persegi.

Api obor Asian Games yang tiba di Bukittinggi, Kamis (2/8), kemaren diserahkan Gubernur Sumbar Nasrul Abit didampingi Kapolda Sumbar kepada Walikota Ramlan Nurmatias SH, berlokasikan di depan SMA Ne­geri 2 di Jl Sudirman depan Polresta Bukittinggi.

Maka, titik nol kilometer pengarakan Api Obor Asian Games 18 tahun ini dimulai, dan dibawa keliling kota dan disaksikan ratusan masyarakat yang antusias melihat Api Obor Asian Gamaes untuk kali pertama hadir di kota kecil ini.

Walikota Ramlan mengaku bangga dengan diprioritaskannya Kota Bukittinggi ikut berperan sebagai Torch Relay Api Obor Asian Games 18. Adapun kesempatan yang diperoleh sebagai TRAOAG 18, adalah karan Bukittinggi memiliki kelebihan dari alamnya yang indah, serta pernah mencatat sejarah penting dan juga pernah tercatat sebagai Ibukota RI, sehingga kebanggaan dan kelebihan yang dimiliki Bukittinggi memberikan kesempatan pada saat Api Obor Asian Games di tahun ini mampir disana.

Ramlan selaku pemimpin di kota ini bersama warga kota mengucapkan terima kasih dan sekaligus mencatat sejarah bagi kota yang memiliki luas hanya 25 km persegi.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, yang turut berbangga hati dalam kesempatan ini menerangkan bahwa Bukittinggi merupakan kota ke 28 yang dilalui Api Obor Asian Games 2018 , yang penyelenggaraaannya pada taggal 18-8-18 mendatang.

Sementara kehadiran Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir di kesempatan itu merupakan simbol semangat perjuangan, sebab, dengan api ini akan mengingatkan kita kembali atas suksesnya Indonesia pada 56 tahun silam dengan meraih Juara 2 pada Asian Games di saat itu.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Olah raga Kota Bukittinggi, Linda Feroza juga dinilai mampu mengcover semua kegiatan yang berlangsung pada pengarakan Torch Relay Api Obor Asian games ke 18, dengan mengurut jalur rute pengarakan yang dimulai di titik nol kilometer yakni dari SMA Negeri 2 Birugo menuju objek wisata Lobang Jepang, Jalan Ngarai menuju Benteng, dan dilanjutkan ke arah Jalan Balaikota Gulai Bancah, lalu menuju Jl By Pass sampai ke Jl Sukarno-Hatta depan rumah kelahiran Bung Hatta, terus sampaing BNI, menuju Pasar Atas dan berakhir di depan Istana Bung Hatta.

Perjalanan pengarakan api obor sepanjang 10 km dengan diiringi para atlet internasional, nasional, atlet Sumbar dan Bukittinggi serta 350 orang siswa dan siswa dari SMP dan SMA juga warga kota yang menunggu di sepanjang jalan. (YET/ZKM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59215)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51052)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (19653)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14389)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13835)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13525)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13446)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12825)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8925)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8844)
Bedah JayaposSidang Putusan di PN BLB, Hanya Dibacakan Dua Orang HakimKab Bandung, Jaya Pos Sidang pembacaan putusan perkara Curanmor terhadap terdakwa Dicky Rahmad yang ...


Diduga Libatkan Sejumlah oknum Dewan dan Kades, Dana Pokir Diduga Jadi Ajang BancakanBermasalah, Proyek Kemenhub di KKU Rp 29 M Gagal DilaksanakanPapam Kanas Kecewa Dengan Proses Hukum Di Polsek Bilah HuluWaspada! Bank BNI Cabang Lahat Ada Indikasi Kecurangan di Transaksi Mesin ATM Nasabah ?Pemdes Patimban Diduga Lakukan Pungli SKD/SKA Hingga Ratusan Juta RupiahOtong Khusni : Bukan Hanya 5 Meter, 80 % Pekerjaan Drainase Harus DibongkarRusun Warugunung Memiliki Hutang, DPBT Kota Surabaya Harus Bertanggung Jawab
Laporan KhususIlyas Panji Alam Ajak Warga OI Budayakan Gotong-RoyongIndralaya, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengajak warganya membudayakan gotong-royong (goro), ...


Sanggar Tuah Pusaka Juara I Festival Tari Kabupaten Bintan 2019Gelar Forum OPD, DBPR OptimalkanPembangunan Kantor Pelayanan, Gedung Sekolah dan Civic CenterMisteri Liang Sakti Batu GordangBupati Subang Terima Piagam Penghargaan Presiden RI Sebagai Pelaksana Revitalisasi Pasar Rakyat TerbKebebasan Pers Dan Penyimpangan Profesi JurnalisLantik Pengurus Forum Honorer, Bupati Sangat Serius Untuk Dukung Forum HonorerSekilas Sejarah Keturunan Op Guru Tatea Bulan