Jumat, 10 Agustus 2018 - 07:08:37 WIB
Satgas TMMD Maksimalkan Kapasitas Alam di LapanganKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 82 kali

Baca Juga:Terlibat Kasus Narkoba, Ayahanda Julia Perez Jalani Sidang Perdana Asperator Biro Jasa yang Berbadan HukumKetua BKD Minta Pimpinan Dewan Panggil Anggota KPUDSTKIP Pontianak Pionir Terdepan dalam Prodi Sejarah

Banjarnegara, JAYAPOS - Pasegeran Kecamatan Pandanarum, mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah bertetani padi dan jagung pada musim kemarau. Hamparan kebun maizena milik penduduk dapat dijumpai pada musim tersebut.

Pada rabat beton TMMD sepanjang 1,1 kilometer, ketinggian tanah dari permukaan air laut adalah 700-900 meter memang sangat cocok untuk budidaya maizena, dan kebetulan dalam minggu-minggu ini adalah musim panen di Pasaran.

Melihat ada warga yang memanen maizena/jagung, Peltu Siwiyono, anggota Satgas TMMD membantu Jarti (45) dan suaminya Karto (49) warga Dusun Kroya Rt/Rw. 3 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Hal ini dilakukannya selain humanis kemasyarakatan juga mengharapkan jagung manis sebagai imbalan, guna mengisi tenaga daripada harus kembali ke rumah orang tua asuh yang jaraknya lumayan jauh.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, TNI terbiasa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk mengisi perut atau energi sebelum melanjutkan pekerjaan siang. Selain jagung biasanya ketela pohon yang umum dimanfaatkan.

Bersama Karto, Siwi mengumpulkan kayu bakar untuk memanggang jagung tersebut, sambil menunggu dukungan logistik makanan dan minuman datang. Selain itu Siwi juga terkadang memanfaatkan potensi atau kapasitas buah-buahan pegunungan yang banyak terdapat di Pasegeran, seperti buah kelapa muda.(John)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (55160)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50743)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14030)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13517)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13180)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12454)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8505)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7290)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6411)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6210)
Bedah JayaposCV Linang Jaya Diduga Kirim Material Tak Sesuai RAB Ke 30 Penerima Program RTLH Di Desa LabuanPandeglang, Jaya Pos Desa Labuan, Kecamatan Labuan merupakan salah satu desa yang mendapatkan Program Rumah ...


Dinas PUPR Kab Sidoarjo Bidang Pengairan Diduga Lakukan Mark UpPembangunan USB SDN Babat 2 Kecamatan Legok Beraroma KorupsiDiduga Proyek Pembangunan Pasar Cibaliung, Gunakan Besi BekasProyek NUSP-2 ADB Loan Rp 5,9 M di Kapuas Berbau KKNKades Tanjung Diduga Selewengkan Keuangan Desa Ratusan Juta RupiahProyek Jalan Hotmix Desa Medalsari - Saketi Terkesan DitutupiBPK Diminta Audit Hasil Pekerjaan Peningkatan Jalan Perbatasan Tutur Arah Malang
Laporan KhususHari Jadi Bantaeng Ke-764 Gubernur Sulsel Bantu Bantaeng 26 MBantaeng, Jaya Pos Pada tanggal 7 Desember 2018, seluruh masyarakat Bantaeng bersuka cita menyambut kembali ...


Bakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan BangsaLurah Bahu : Sidak Bagi Pendatang Berdomisili di WilayahnyaPengawasan APK Bersama Stakeholder Untuk Pemilu 2019Bupati Canangkan Gerakan Banyumas MembacaBanjir di Buaran DPU Tangsel Sigap Tangani Laporan WargaTanah Datar Gelar Festival Pesona Minang KabauDPRD Sumsel Gelar Rapat Paripurna Ke-LI (51)