Minggu, 26 Agustus 2018 - 05:18:46 WIB
Karang Taruna Samudraya Desa Balonggandu Gelar Turnamen SepakbolaKategori: Olahraga - Dibaca: 66 kali

Baca Juga:Samsat Rancaekek Perketat Penerbitan STNKDitinggal Berlebaran, Rumah dan Kios Ludes TerbakarBelum Ada Tersangka Kasus Daging dan Beras Ilegal di TanjungbalaiTidak Takut Jabatan, Staf Bakorluh Sulsel Laporkan Pimpinan ke Kejaksaan

Karawang, JAYAPOS - Karang Taruna adalah organisasi pemuda atau remaja Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah NKRI. Sehingga karang taruna boleh dikatakan sebagai organisasi modern dan bukan organisai konvensional yang mengangkat pengurus dari kalangan keluarga, keturunan dan kerabat.

Karang Taruna dikatakan sebagai organisasi modern dimana faktor-faktor yang bersifat pribadi tidak memewwwgang peranan penting dalam pengambilan keputusan.

Dengan diterapkannya model organisai modern ini maka karang taruna melakukan pergantian kepemimpinan secara berkala setiap lima tahun sekali yang dipilih oleh anggota dan bukan berdasarkan kepengurusan. Jadi wadah karang taruna merupakan arena untuk pembelajaran dan mempraktikkan teori-teori demokrasi di kalangan remaja dan pemuda yang dimulai pada tingkat desa/kelurahan sampai tingkat nasional.

Tugas Pokok Karang Taruna adalah secara bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Dilihat dari tujuan karang taruna sebagaimana tertuang di atas menunjukkan bahwa karang taruna mempunyai posisi strategis dalam pembangunan bangsa, dimana melalui wadah karang taruna para remaja/pemuda ditempa dan disiapkan dengan berbagai kemapuan, mengembangakan bakat minat, guna mencapai kesejahteraan hidup masa depan para remaja atau generasi muda sebagai generasi pengganti dalam meneruskan pembangunan bangsa.

Karang Taruna juga mempunyai program kerja, diantaranya pengembangan bakat dan kreatifitas serta wawasan kebangsaan dan bela negara.
Implementasi dari kedua program kerja tersebut diwujudkan dalam momen peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 sekarang ini.

Karang Taruna Samudraya Desa Balonggandu beserta jajaran pengurusnya menyelenggarakan berbagai kegiatan yang sifatnya perlombaan hiburan rakyat, kegiatan sosial maupun pentas seni yang menampilkan bakat-bakat dari para pemuda/pemudi Desa Balonggandu.

Salah satu kegiatan misalnya penyelenggaraan turnamen sepakbola yang diikuti seluruh klub yang ada di wilayah Desa Balonggandu. Pembukaan turnamen sepakbola dihadiri Kepala Desa Balonggandu, unsur Muspika Kecamatan Jatisari dan seluruh anggota Karang Taruna Samudraya.

Asep Subarkah Ketua Karang Taruna Samudraya desa Balonggandu dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya turnamen sepakbola ini lebih mengedepankan pada silaturahmi dan mempererat persaudaraan serta persatuan di kalangan para pemuda. “Menjadi juara bukanlah sebuah tolok ukur, tapi kebersamaaan dan rasa persaudaraan itulah yang merupakan target utama diselenggarakannya turnamnen sepakbola ini,” ucapnya.

Senada dengan pernyataan Ketua Karang Taruna, Kol (Mar) Dede Nataraharja selaku Pembina Karang Taruna juga menegaskan bahwa penyelenggaraan turnamen sepakbola ini lebih mengacu pada menjalin persatuan dan kesatuan diantara para pemuda yang ada di Desa Balonggandu.
Dirinya pun menghimbau kepada seluruh peserta untuk saling menghargai dan tetap dalam semangat persaudaraan dan persatuan sebagai anak bangsa.

Pada kesempatan lain, Suhana Kades Balonggandu menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan pengurus Karang Taruna Samudraya dan berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar sehinga apa yang menjadi tujuan pokok pelaksanaan turnamen dapat tercapai.

Menurut keterangan panitia pelaksana, turnamen sepakbola sendiri berakhir pada tanggal 12 Agustus dangan memperebutkan piala bergilir dan piala tetap serta sejumlah hadiah uang pembinaan.(Endang Andi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50563)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (33783)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13807)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13339)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12965)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12215)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8278)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (5791)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5597)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5514)
Bedah JayaposKades Cimanis - Sobang Diduga Korup Dana DesaPandengglang, JAYAPOS - Berawal dari pengaduan warga Desa Cimanis, Kec, Sobang yang tidak mau ...


Proyek Jalan Usaha Tani Senilai Ratusan Juta di Desa Brayung Kecamatan Puri HancurDiduga Ada Konspirasi, Bantuan Hibah Ternak Sapi 2017 MencurigakanCinta Sejati Berakhir di Balik Jeruji, Pelaku Pengeroyokan Malah Tidak Terjamah HukumEmbung Tanpa AirCV. Dewi Lestari Ketapang Diduga Mark-Up Proyek Jalan Usaha TaniPolisi Kecolongan, Ribuan Potong Kayu Log Ilegal lolosAMP Milik PT AKI Disinyalir Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususMasuk DCT, Pande-Iroot Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat MiskinManado, JAYAPOS -  Rasa syukur diungkapkan oleh Steven Pande-iroot salah satu Calon ...


Bulan Dana PMI Banyumas Targetkan 1,25 MRaih WTP 7 Kali, Pemkab OKI: Dampaknya untuk MasyarakatApel Akbar dan Pawai Muharram Terbesar Diikuti Ribuan SantriDanrem 071/Wk Juara 3rd Place "U Grade" IPSC Level III Standard DivisionRibuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Taaruf Sambut Tahun BaruDrs Klusen Ketua Timses Kab MelawiSambut Tahun Baru Hijriyah, Bupati Banyumas Tabuh Bedug