Selasa, 11 September 2012 - 07:22:24 WIB
Masyarakat Galang Resah, PDAM Baru Diperbaiki Malah Mati TotalKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 327 kali

Baca Juga:Tidak Terima Dilempar Kotoran Ayam, Qomaruddin Hulu Melapor ke PolisiPekerjaan PNPM-MP Desa Bindu Diduga MenyimpangDiserang DBD, Seorang Ibu Terbaring Lunglai di Rumah SakitRotasi Pejabat di Jakpus, Pejabat Baru Diharapkan Lebih Sinergi dengan Jajarannya

Tolitoli–Sulteng, Jaya Pos

Masyarakat Desa Kalangkangan Kecamatan Galang, kini kesulitan memperoleh air bersih, bahkan Air PDAM yang diandalkan di wilayah itu seringkali macet total padahal tahun 2011 telah mendapatkan anggaran perbaikan sekitar Rp 300 juta.

“Sulitnya mendapatkan air bersih di desa ini sangat terasa bagi warga muslim yang melaksanakan shalat. Karena, bak-bak penampungan air yang ada di masjid-masjid kosong, akibat air PDAM mati total,” kata Badarudin.

Menurut Badarudin, air bersih PDAM yang tidak mengalir maksimal bukan hanya terjadi hampir sepekan, namun sudah bertahun-tahun lamanya. Dan yang paling parah adalah dua hari terakhir di bulan puasa, air PDAM yang biasanyanya dipergunakan masyarakan untuk keperluan sehari-hari tidak mengalir alias mati total. “Kalau mau mengalir biasanya nanti malam hari,” katanya.

Ditambahkannya, yang paling aneh lagi, kesulitan mendapatkan air bersih dari PDAM di wilayah ini bukan hanya dirasakan masyarakat Kalangkangan, tetapi juga dirasakan oleh warga desa lainnya. “Masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih terpaksa mengambil air di sungai,” ungkapnya.

Menyikapi keluhan masyarakat di Kecamatan Galang soal PDAM yang tidak mengalir sehingga mempengaruhi sulitnya air bersih, Direktur PDAM Kabupaten Tolitoli, Syamsuar Molla menyatakan bahwa pelayanan PDAM terkait air bersih di wilayah itu sejauh ini tidak pernah terganggu. “Setahu saya, air PDAM disana bagus. Memang dua hari terkahir ini mati total karena banjir, dan itu disengaja, kalo tidak begitu maka instalasi pipa induk dari intek akan patah,” jelasnya.

Dia mengakatan lagi, untuk mengantisipasi keluhan masyarakat terkait air bersih di wilayah itu, pihak PDAM sekarang mendistribusi air bersih melalui mobil tangki. “Kita sudah tegaskan kepada masyarakat disana, bagi siapa yang memerlukan air bersih segera hubungi pihak PDAM, karena saat ini mobil tangki kita hanya satu unit yang beroperasi, satu unitnya rusak,” katanya.

Langka antisipasi keluhan masyarakat itu, melalui cara distribusi air menggunkan mobil tangki, karena saat ini pihak PDAM tengah membenahi instalasi pipa yang tersumbat. Pipa PDAM sekarang sudah dimakan usia, sehingga air yang mangalir tidak seperti sebelumnya. “Makanya, pihak PDAM masih terus melakukan pembenahan,” terangnya.UMAR/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49435)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14978)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13806)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11865)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres