Selasa, 11 September 2012 - 07:38:20 WIB
Paripurna DPRD, Anggota Dituntut Lebih Bijak dan KritisKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 326 kali

Baca Juga:Rehabilitasi Ruang Kelas SDN Tarisi Beraroma KorupsiMasyarakat Galang Resah, PDAM Baru Diperbaiki Malah Mati TotalTidak Terima Dilempar Kotoran Ayam, Qomaruddin Hulu Melapor ke PolisiPekerjaan PNPM-MP Desa Bindu Diduga Menyimpang

Parmout-Sulteng, Jaya Pos

DPRD Parigi Moutong (Parmout) pada masa persidangan III yang digelar di ruang siding, Kamis (6/9) dipimpin oleh Ketua DPRD Taufik Borman dan dihadiri Bupati Parimo H Samsurizal Tombolotutu.

Kini, kegiatan Anggota Legislatif Parmout semakin padat, khususnya setelah kejadian bencana banjir yang melanda 6 desa di Kecamatan Parigi Selatan Kab Parigi Moutong.

Taufik Borman, pada masa persidangan III itu menyebutkan, selain 5 Raperda yang akan dibahas berikutnya, tentu akan ada agenda khusus yang perlu disinergiskan dalam setiap rapat DPRD, sehingga setiap anggota DPRD dituntut untuk lebih bijak dan kritis dalam melihat perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat, khusus di bidang politik, sosial, ekonomi dan hukum.

Secara khusus dalam masa persidangan III, kata Taufik, akan dilaksanakan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) TA 2013 sehingga dibutuhkan tenaga ekstra dan kehati-hatian mengingat anggaran yang dimaksud akan menentukan berjalan-tidaknya roda pemerintahan dan pembangunan di Parimo tahun 2013 mendatang.

“Sangat diharapkan kepada eksekutif untuk mempersiapkan dan merespon secara awal materi-materi yang akan dibahas sesuai jadwal yang telah diagendakan untuk dapat diwujudkan secara tepat waktu, mengingat padatnya kegiatan DPRD untuk masa persidangan kali ini,” jelas Ketua Dewan di Paripurna.

Taufik menambahkan, di masa persidangan III tahun sidang 2012 ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada seluruh anggota dewan, seperti bagaimana memantapkan posisi sebagai wakil rakyat, memahami fungsi dan produktivitas DPRD terutama dalam hal menindaklanjuti aspirasi masyarakat menjadi keputusan politik yang menjadi acuan program pembangunan.

“Tidak ketinggalan juga, bagaimana mengefektifkan interaksi dengan eksekutif dalam rangka perumusan kebijakan dan fungsi kontrol,” kata Taufik.

Sehingga, lanjut dia, perlu adanya evaluasi terhadap kebijakan yang telah disepakati bersama. Bahkan dengan melembagakan komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat harus dilakukan demi pengembangan wawasan para anggota DPRD dalam menghadapi permasalahan yang semakin kompleks.

Sementara Bupati H Samsurizal Tombolotutu di hadapan rapat Paripurna menyampaikan hasil pengajuan sejumlah raperda yang telah diajukan oleh eksekutif seperti raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2011, raperda tentang pembentukan dana cadangan untuk pembiayaan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) tahun 2013 serta KUA dan PPAS tahun 2013 termasuk KUA dan PPAS perubahan tahun 2012.

“Dngan pembahasan dan pengesahan beberapa raperda, pemda menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD yang terhormat, sebagai harapan kiranya pembahasan kali ini dapat menghasilkan produk hukum yang dapat bermanfaat, terlebih lagi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Parimo,” kata Rizal. Risman/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49435)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14978)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13806)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11865)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres