Senin, 10 September 2018 - 07:22:39 WIB
Dinkes Minut Canangkan Program Imunisasi Vaksin MRKategori: Sulawesi Utara - Dibaca: 99 kali

Baca Juga:Rehabilitasi Ruang Kelas SDN Tarisi Beraroma KorupsiMasyarakat Galang Resah, PDAM Baru Diperbaiki Malah Mati TotalTidak Terima Dilempar Kotoran Ayam, Qomaruddin Hulu Melapor ke PolisiPekerjaan PNPM-MP Desa Bindu Diduga Menyimpang

Minut, JAYAPOS - Dinas Kesehatan Minahasa Utara mencanangkan program dengan pemberian vaksin M.R (Meses Rubella) kepada bayi yang berumur 9 bulan-15 tahun.

Menurut Kadis Kesehatan Minahasa Utara, yang biasa disapa dengan Dr.Widayati mengatakan bahwa sejak tanggal 1 Agustus 2018 yang dilaksanakan pertama yaitu pada anak-anak sekolah mulai dari PAUD sampai pada anak-anak SMA yang berusia 15 tahun. Dan pada saat ini 1 September 2018 dilaksanakan vaksin M.R pada bayi-balita yang dilaksanakan di Posyandu-Posyandu.

Menurut wanita yang ramah ini, target sasaran sekitar 48.607 baik itu bayi maupun anak dan sampai usia 15 tahun. Hingga sampai dengan yang kemarin 5 September 2018 imunisasi yang diberikan sudah mencapai 32.826 pada bayi dan anak. Atau berkisar 67,6%.

Saat ditanya Jaya Pos, apa yang menjadi kendala dalam menjalankan program imunisasi campak ini, Dr. Rina memaparkan bahwa kendala yang ada yaitu ada orang tua murid dan sekolah yang menolak untuk pemberian vaksin ini. Karena menurut mereka pemberian vaksin M.R tidak halal. dimana diduga bahwa vaksin ini mengandung babi. Tapi hal ini sudah dikeluarkan surat rekomendasi dari MUI serta semua majelis Islam Indonesia.

Makelis Ulama Indonesia mengatakan, vaksin itu bisa diberikan, dan dari UNICEF sudah turun bersama-sama dengan pihak kesehatan untuk memberikan sosialisasi bagi sekolah-sekolah yang menolak. Bahkan ada juga dari Kementrian, spesialis anak dan sebagainya. Akhirnya sekolah-sekolah yang menolak bisa menerima pemberian vaksin ini.

Jadi dalam hal ini pemberian vaksin M.R ini akhirnya dihalalkan. Vaksin yang diberikan kepada bayi dan anak dengan dosis 0,5 cc melalui intra muskuler atau disuntik secara subcutan.Tujuan vaksin ini diberikan untuk kekebalan tubuh, mencegah penyakit campak meses dan rubella.
Himbauan dari Kadis Kesehatan Minahasa Utara yaitu kepada orang tua yang mempunyai anak yang berusia 9 bulan dan 15 tahun, agar datang ke pusat-pusat pelayanan kesehatan, baik rumah sakit, dan Puskesmas untuk mendapatkan imunisasi vaksin meses dan rubella ini.

Agar supaya anak-anak mendapatkan kekebalan. Agar jangan sampai efek dari penyakit M.R ini bisa terkena kebutaan, tuli dan lain-lain yang pada akhirnya menjadi gangguan tubuh seumur hidup. Dan ternyata penyakit ini bisa menular melalui udara karena adanya virus meses dan rubella. (Jansen Rarung)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (50805)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50680)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13959)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13442)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13097)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12363)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8447)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7024)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6134)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6026)
Bedah JayaposPungli Marak di Pengujian Gedebage, Kir "Bungkus" Menjadi-JadiBandung, Praktik pungutan liar (pungli) di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Gedebage, Kota ...


Diduga Jadi Ajang Cari Untung, Sanimas Cigondang Pantas Laporkan KejatiPekerjaan Drainase di Kejayan Dinilai Kurang Baik, Warga Minta Adanya PerbaikanLSM FPR: Kades Perdana Harus Segera Ditindak TegasPembangunan Stasiun Uji Bus Kementerian Pertanian Memakai Material Tidak SNIProgram PAMSIMAS Desa Langensari Menuai MasalahAbaikan Syarat Dokumen Kontrak, PJU Jagir Wonokromo Asal PasangDiduga Korupsi DD Kades Cimanis Sobang Akan Dipolisikan
Laporan KhususIni Dia Pesan Walikota Depok di Hari Pahlawan !Depok, Walikota Depok Mohammad Idris menegaskan, tema Hari Pahlawan kali ini adalah ...


Tim Wasev Mabes TNI Apresiasi Hasil TMMD Reguler ke 103 Kodim 0376/Batang di Desa DurenomboPasilog Bersama Anggota Satgas TMMD Membuat Jamban SehatTNI Batang Membangun Desa Dengan HatiWakil Ketua TP-PKK Sumsel Lakukan Kunjungan Kerja dan Silaturahmi ke TP-PKK Kabupaten PALIPrajurit Satgas TMMD Juga Pandai MemasakBeginilah Penampakan Rumah Tuyeri yang Sudah Dibangun Satgas TMMDKUA PPAS APBD Kota Padang Panjang Resmi Ditandatangani