Rabu, 12 September 2018 - 10:57:39 WIB
Sekjen IDI Apresiasi Pengelolaan IGD dan PSC RSUD Dr Iskak TulungagungKategori: Jawa Timur - Dibaca: 134 kali

Baca Juga:Paripurna DPRD, Anggota Dituntut Lebih Bijak dan KritisRehabilitasi Ruang Kelas SDN Tarisi Beraroma KorupsiMasyarakat Galang Resah, PDAM Baru Diperbaiki Malah Mati TotalTidak Terima Dilempar Kotoran Ayam, Qomaruddin Hulu Melapor ke Polisi

Tulungagung, JAYAPOS - Sekretaris Jendral Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat, dr M Adib Kumaidi SpOT merasa bangga atas pengelolaan Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah dr Iskak Tulungagung. Bahkan disebutkan, jika seluruh rumah sakit bisa menirunya maka seluruh warga Indonesia dipastikan akan merasa aman.

Hal itu disampaikan dalam kunjungannya sekaligus melihat langsung proses pelayanan di IGD dan ruang pengendali Public Safety Centre (PSC). “Ini konsep yang sudah lama kami cita-cita kan,” ungkapnya, (6/8/2018).

Adib Kumaidi mengatakan, organisasi IDI sejak lama mengharapkan direalisasikannya program PSC di seluruh Indonesia. Konsep ini bahkan dideklarasikan di Muktamar IDI VIII di Makasar untuk membentuk Safety Comunity yang mengintegrasikan IGD dan PSC. Sebab konsep Safety Comunity hanya bisa diterapkan jika layanan kegawatdaruratan dan sistem PSC yang mengintegrasikan semua unit rumah sakit, Kepolisian, BPBD dan Pemadam Kebakaran.

Satu hal lagi yang membuat Sekjend IDI ini bangga adalah konsepsi layanan kesehatan tersebut justru lahir di daerah pinggiran. Keberadaan Kabupaten Tulungagung yang jauh dari ibukota ternyata bukan menjadi penghalang untuk membangun layanan kesehatan bertaraf Internasional.
Karena itu, Adib Kumaidi menyatakan program ini patut dan wajib menjadi percontohan seluruh rumah sakit di Indonesia.

“Kami secara pribadi dan organisasi sangat bersyukur bisa menyaksikan secara langsung layanan IGD dan PSC di Tulungagung, tentu berita ini akan kami sampaikan ke seluruh dokter di Indonesia agar ditiru,” katanya.

Kunjungan Sekjend IDI pusat telah membawa dampak positif bagi seluruh jajaran rumah sakit. Apresiasi yang diberikan IDI kepada kinerja rumah sakit tentu akan meningkatkan semangat kerja untuk terus berinovasi.

Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung dr Supriyanto SpB menyatakan, layanan Intalasi Gawat Darurat dan Public Safety Centre di Tulungagung terus berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat. Bahkan saat ini RSUD dr Iskak telah meluncurkan Sindrome Koroner Akut Terintegrasi (LASKAR) dan program ini sudah masuk Top 99 Inovasi terbaik Nasional. LASKAR adalah pengembangan sistem PSC yang ditargetkan untuk menurunkan angka kematian akibat sera­ngan jantung.(lgeng)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59090)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50947)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14252)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (13817)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13719)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13399)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13353)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12701)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8738)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8258)
Bedah JayaposKetua NCW Lahat Dapat Surat Balasan Terkait Dugaan Korupsi di PUPR Senilai Rp24 MNCW desak KPK agar secepatnya memproses kasus dugaan korupsi senilai Rp 24 miliar yang dilaporkan melalui ...


RSI Siti Hajar Tidak Profesional Dalam Menangani PasienPolemik Pengiriman 2.493 Ton Zirkon Oleh PT Putraprima Mineral MandiriDiduga Gelapkan Dana Nasabah, PT PNM Unit Amurang Dilaporkan Ke Polda SulutMencuri Kabel Milik PT OKI Pulp and Papers Mills, Sarmadin Ditangkap PolisiMantan Camat Merapi Timur Diduga Terlibat Pembuatan Surat Tanah FiktifDrainase Desa Rimba Beringin Rusak Diduga Pembangunan Asal JadiRealisasi APBD Membengkak, Biaya Perjalanan Dinas 2017 Terindikasi Korupsi ?
Laporan KhususPenilaian Dasawisma Aster II "Optimis Raih Juara"Padang Panjang, Jaya Pos Dasawisma Aster II berhasil menjadi nominator Kelompok Dasawisma Berprestasi ...


Fachrori: Kita Berupaya Maksimal Wujudkan Program Pembangunan 30 Ribu Massa Akan Ramaikan Gelaran Generasi Muda Cinta Lalu Lintas di Provinsi JambiFachrori Rapat Bersama Mentan Bicarakan Penguatan Harga Karet dan PanganHasil Evaluasi SAKIP Pemkab Gunung Mas Raih Predikat BPerbub Baru: Gaji PTT di Gumas Diatas UMKBupati Gumas Lantik 59 Kades Terpilih Periode 2018-2024Jiwa Rela Berkorban R Joko Kaiman Perlu Diteladani