Jumat, 14 September 2018 - 05:56:44 WIB
Tingkatkan Program Kapasitas Pemerintahan, Sergai Bersama APKASI Ikuti Executive Course and IHS di BKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 138 kali

Baca Juga:HUT HARIAN JAYA POS KE-VSDN 4 Kamalu Butuh Bantuan Bangunan PerpustakaanParipurna DPRD, Anggota Dituntut Lebih Bijak dan KritisRehabilitasi Ruang Kelas SDN Tarisi Beraroma Korupsi

Sei Rampah, JAYAPOS - Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang tercatat sebagai anggota Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) turut berpartisipasi dalam setiap event yang digelar. Dalam kepengurusan APKASI, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang merupakan Ketua Koordinator untuk Wilayah Sumut memberikan mandat kepada Kepala Bappeda Ir. Hj. Prihatina, M.Si untuk mengikuti Executive Course on Urban Management and Local Economic Development, Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) di Belanda, Kamis (30/8).

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh APKASI dengan tujuan peningkatan program kapasitas aparatur dan kelembagaan pemerintahan daerah dalam hal menyerap best practise mengenai pengelolaan pemerintah, pelayanan umum, pengembangan perekonomian daerah dan pembentukan forum bisnis di daerah.

Demikian keterangan dari Kepala Bappeda Sergai Ir. Hj. Prihatina, M.Si yang disampaikan kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) H. Ikhsan, AP melalui WhatsApp disela-sela pelaksanaan pendidikan PIM II di Bandung, Rabu (5/8).

Lebih lanjut disampaikan Ikhsan, AP bahwa terdapat beberapa Kepala Daerah dan Kepala Bappeda yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya Bupati Sergai yang diwakili oleh Kepala Bappeda Ir. Hj. Prihatina, M.Si, Bupati OKU Selatan, Bupati Bogor, Bupati Musi Rawas, Kepala Bappeda Jember, Nias dan lainnya dengan total group sebanyak 42 orang.

Studi tiru Internasio­nal tersebut berlangsung dari tanggal 30 Agustus hingga 5 September 2018 dilakukan di 4 (empat) negara yaitu Belanda, Belgia, Jerman dan Prancis. Sedangkan agenda yang merupakan program APKASI bagi para Bupati terbagi atas 8 (delapan) kegiatan yaitu pertama kunjungan Dubes RI Belanda di Amsterdam, kedua kunjungan Dubes RI di Belgia, ketiga materi perkuliahan di kelas dari para pengajar di Universitas Eramus Huis, keempat kunjungan ke organisasi Vereniging van Nederlandse Gemeenten (VNG).

Selanjutnya yang kelima kunjungan dan berdiskusi dengan organisasi Rikolto yang merupakan organisasi pemasaran hasil pertanian, keenam kunjungan ketempat pengolahan sampah di Koln, ketujuh kunjungan ke kota pelabuhan Kop Van Zuid yang di design baru karena hancur di bom Jerman dan kedelapan kunjungan untuk melihat pembangunan kota baru di Marne La Valle.

Selama mengikuti studi tiru beberapa materi yang diperoleh diantaranya mendapatkan materi dan diskusi tentang permasalahan kapasitas untuk manajemen pembangunan perkotaan di Indonesia dan bagaimana untuk meningkatkan efektivitasnya yang disampaikan oleh Dr. Carley Pennink, mengatur/mengelola sumber daya lokal untuk mendorong ekonomi lokal disampaikan oleh Dr. Jan Fransen, Urban and Regional Planning disampaikan oleh Dr. Alex Jachnow, Culture Heritage, Urban Regeneration and Local Economic oleh Mr. Joep Boute dan kelima studi ekskursi dengan melihat kawasan Kop Van Zuid, eksisting kota pelabuhan yang sempat rata dibangun kembali secara bertahap dengan manajemen yang melibatkan ber­bagai stakeholder.

Kunjungan ke Instansi VNG

Kegiatan dilanjutkan dengan Program executive course mengunjungi instansi VNG yang merupakan asosiasinya Pemerintah Kota di Belanda dan memiliki 380 anggota. Para Delegasi yang berada di VNG mendapat penjelasan mengenai peran dan fungsi VNG yang secara prinsip sama dengan APKASI yaitu bagaimana memfasilitasi pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas lembaga.

Pada saat pertemuan tersebut, Pemkab Sergai melalui Kepala Bappeda Ir. Hj. Prihatina, M.Si mnyampaikan potensi investasi dan pariwisata di Tanah Bertuah negeri Beradat. Kemudian melakukan peninjauan ke tempat pengelolaan sampah dan areal pertanian di Kota Koln yang merupakan daerah perbatasan antara Jerman dan Belanda.

Usai dari Kota Koln, para delegasi melanjutkan kunjungannya di Kedutaan Besar untuk Negara Belgia, di negara ini telah menghasilkan 11 nobel tingkat dunia serta memiliki dimensi perdagangan yang utama sebagai pintu masuk ke Uni Eropa. Dalam kesempatan ini, Kepala Bappeda Sergai tak menyia-nyiakan waktu untuk menyampaikan potensi sumber daya alam yang dimiliki Sergai seperti handycraft dan pariwisata termasuk potensi perkebunan coklat dan kelapa yang speciality serta bisa masuk pasar Eropa.

Dalam pertemuan tersebut juga hadir beberapa investor, peneliti, NGO dan juga media promosi untuk menjelaskan beberapa potensi yang bisa ditangkap para Kepala Daerah untuk melanjutkan kerjasama perdagangan, demikian keterangan Kepala Bappeda yang disampaikan melalui Kadis Kominfo Ikhsan. (Hombing)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59567)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51426)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (44031)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14911)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14186)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14014)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13754)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13213)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11114)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9192)
Bedah JayaposPengelolaan Dana Pokir Desa Bojongkeding Diduga Sarat KKNSubang, Jaya Pos Kultur perilaku korup birokrasi di negeri ini kian hari semakin kompleks dan parah. Korupsi ...


Kantor Terbengkalai Rapat Malah Digelar di Rumah KadesAnggaran Pembelian Kendaraan Roda 4 Diduga Mark Up, Kades Ciawi Berdalih Sisa Lebihnnya DisilpakanGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaKetua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan Amburadul
Laporan KhususZAF International Semakin Diminati MasyarakatDepok, Jaya Pos ZAF International merupakan lembaga pendidikan yang berkomitmen dengan pengembangan Sumber ...


Pembangunan Tanggul Banjir Blok Pulo Direspon Positif MasyarakatApri Terima Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Wapres JKBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019