Kamis, 20 September 2018 - 06:11:38 WIB
Ribuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Taaruf Sambut Tahun BaruKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 75 kali

Baca Juga:Partai Nasdem Cimahi Maksimalkan Pembesaran PartaiSTKIP PGRI Pontianak Terus Tingkatkan Kualitas dan KualitasRW Kelurahan Pasir Biru Bebaskan Lahan Tanah Untuk PemakamanPT Pos Jalin Kemitraan Dengan Merpati, Bappebti dan Pemprov Jabar

Purwokerto, JAYAPOS - Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas menggelar Pawai Ta’aruf menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, Senin (10/9) dengan Start di alun-alun sebelah selatan.

Dalam pawai ta’aruf ini, para peserta mengusung berbagai atribut, seperti replika ka’bah, replika al qur’an, replika masjid, gajah, umbul-umbul, dan lainnya. Kostum yang dikenakan pun beragam dan semarak dengan warna. Ikut memeriahkan pawai ta’aruf ini kesenian rebana, kentongan sampai parade drumblek meramaikan suasana pawai.

Sebelum berlangsung pawai, juga melaksanakan berbagai kegiatan lain, diantaranya, kegiatan sholawatan, doa akhir tahun, tabuh bedug tanda awal tahun baru 1440 H dan shalat Maghrib berjamaah dilanjutkan doa awal tahun di pendopo Setda Banyumas. Doa awal dan akhir tahun dipimpin Ketua MUI Kabupaten Banyumas KH Dr Khariri Sofa.

Pj Bupati Banyumas Budi Suroso, dalam acara tersebut mengajak segenap muslimin dan muslimat Kabupaten Banyumas, menjadikan momentum menyambut tahun baru 1440 hijriyah ini dimanfaatkan untuk introspeksi diri, sekaligus memantapkan tekad untuk berhijrah dari keburukan menuju kebaikan; dari hidup seenaknya menuju hidup yang teratur dan terarah, serta segala perubahan ke arah yang lebih baik dan bermanfaat.

Sementara Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas Fatikul Ikhsan mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan ini digelar sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT, dan sebagai sarana silaturahim sesama umat islam di Banyumas. Menurutnya ada 93 kafilah dari berbagai lembaga yang mengikuti pawai taaruf, mereka berasal dari TPQ, MI, MTS/SMP, MA/SMA dan ormas islam lainnya. “Setiap lembaga mengirimkan sedikitnya 30 sampai 90 santri,” katanya.

Pawai dilakukan dengan mengelilingi Kota Purwokerto, peserta pertama dilepas oleh Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo di alun-alun sebelah selatan. Mereka harus menempuh jarak kurang lebih 2 km mulai alun-alun ke timur Jl Jenderal Sudirman-Jl Merdeka-Tugu Pembangunan-Kebarat Jl Gatot Subroto-kemudian Jl Masjid.

Begitu banyaknya kafilah, masih ada yang belum diberangkatkan tetapi kafilah pertama sudah memasuki alun-alun kembali. Usai pawai peserta disuguhi hiburan musik hardroh Elsas dari Gununglurah Kecamatan Cilongok.(Jhon/Nas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (55716)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50749)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14039)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13525)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13187)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12466)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8512)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7318)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6433)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6227)
Bedah JayaposKontrak Kerja Sudah Habis Pengerjaan Puskesmas Palembayan Masih LanjutAgam, Jaya Pos Proyek pembangunan Puskesmas Palembayan di Kab. Agam Sumbar, sudah menjadi gonjang ganjing ...


Diduga Terlibat Proyek, LSM Penjara Desak KKP Periksa Sejumlah Anggota DPRD Kota ManadoCV Linang Jaya Diduga Kirim Material Tak Sesuai RAB Ke 30 Penerima Program RTLH Di Desa LabuanDinas PUPR Kab Sidoarjo Bidang Pengairan Diduga Lakukan Mark UpPembangunan USB SDN Babat 2 Kecamatan Legok Beraroma KorupsiDiduga Proyek Pembangunan Pasar Cibaliung, Gunakan Besi BekasProyek NUSP-2 ADB Loan Rp 5,9 M di Kapuas Berbau KKNKades Tanjung Diduga Selewengkan Keuangan Desa Ratusan Juta Rupiah
Laporan KhususDesa Kendalrejo Gunakan Dana Desa Untuk Tingkatkan PembangunanTrenggalek, Jaya Pos Program pemerintah melalui Dana Desa serta Alokasi Dana Desa yang langsung diterima ...


APBD Tanah Datar 2019 DisepakatiHari Jadi Bantaeng Ke-764 Gubernur Sulsel Bantu Bantaeng 26 MBakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan BangsaLurah Bahu : Sidak Bagi Pendatang Berdomisili di WilayahnyaPengawasan APK Bersama Stakeholder Untuk Pemilu 2019Bupati Canangkan Gerakan Banyumas MembacaBanjir di Buaran DPU Tangsel Sigap Tangani Laporan Warga