Kamis, 20 September 2018 - 06:11:38 WIB
Ribuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Taaruf Sambut Tahun BaruKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 50 kali

Baca Juga:Partai Nasdem Cimahi Maksimalkan Pembesaran PartaiSTKIP PGRI Pontianak Terus Tingkatkan Kualitas dan KualitasRW Kelurahan Pasir Biru Bebaskan Lahan Tanah Untuk PemakamanPT Pos Jalin Kemitraan Dengan Merpati, Bappebti dan Pemprov Jabar

Purwokerto, JAYAPOS - Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas menggelar Pawai Ta’aruf menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, Senin (10/9) dengan Start di alun-alun sebelah selatan.

Dalam pawai ta’aruf ini, para peserta mengusung berbagai atribut, seperti replika ka’bah, replika al qur’an, replika masjid, gajah, umbul-umbul, dan lainnya. Kostum yang dikenakan pun beragam dan semarak dengan warna. Ikut memeriahkan pawai ta’aruf ini kesenian rebana, kentongan sampai parade drumblek meramaikan suasana pawai.

Sebelum berlangsung pawai, juga melaksanakan berbagai kegiatan lain, diantaranya, kegiatan sholawatan, doa akhir tahun, tabuh bedug tanda awal tahun baru 1440 H dan shalat Maghrib berjamaah dilanjutkan doa awal tahun di pendopo Setda Banyumas. Doa awal dan akhir tahun dipimpin Ketua MUI Kabupaten Banyumas KH Dr Khariri Sofa.

Pj Bupati Banyumas Budi Suroso, dalam acara tersebut mengajak segenap muslimin dan muslimat Kabupaten Banyumas, menjadikan momentum menyambut tahun baru 1440 hijriyah ini dimanfaatkan untuk introspeksi diri, sekaligus memantapkan tekad untuk berhijrah dari keburukan menuju kebaikan; dari hidup seenaknya menuju hidup yang teratur dan terarah, serta segala perubahan ke arah yang lebih baik dan bermanfaat.

Sementara Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas Fatikul Ikhsan mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan ini digelar sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT, dan sebagai sarana silaturahim sesama umat islam di Banyumas. Menurutnya ada 93 kafilah dari berbagai lembaga yang mengikuti pawai taaruf, mereka berasal dari TPQ, MI, MTS/SMP, MA/SMA dan ormas islam lainnya. “Setiap lembaga mengirimkan sedikitnya 30 sampai 90 santri,” katanya.

Pawai dilakukan dengan mengelilingi Kota Purwokerto, peserta pertama dilepas oleh Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo di alun-alun sebelah selatan. Mereka harus menempuh jarak kurang lebih 2 km mulai alun-alun ke timur Jl Jenderal Sudirman-Jl Merdeka-Tugu Pembangunan-Kebarat Jl Gatot Subroto-kemudian Jl Masjid.

Begitu banyaknya kafilah, masih ada yang belum diberangkatkan tetapi kafilah pertama sudah memasuki alun-alun kembali. Usai pawai peserta disuguhi hiburan musik hardroh Elsas dari Gununglurah Kecamatan Cilongok.(Jhon/Nas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50600)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (38102)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13869)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13369)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13003)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12266)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8329)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6319)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5732)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5561)
Bedah JayaposDirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaJambi, Pertemuan antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Anggota DPR RI yang berlangsung di Kantor ...


Anggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek Masyarakat Kayuagung Tuntut PT Waskita Perbaiki Jalan RusakHibah Pemprov Jatim 2016 Terindikasi Mark Up Warga GeramOknum Dinas Sosial Agam Diduga Menjual Kapal Boat Bantuan
Laporan Khusus2019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineKuala Kurun, Di tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) menyiapkan ...


Usai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala NamuAlat Berat Dalam Pra TMMD Reguler Ke 103 di Desa Duren OmboJaya Baru dan Lueng Bata Juara II dan III Baiturrahman Juara Cerdas Cermat KIG 2018Pemkab Bersama Masyarakat Rayakan HUT Indramayu Ke 491