Jumat, 14 September 2012 - 07:16:53 WIB
Swasembada Daging Jadi TargetKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 363 kali

Baca Juga:Istri Oknum Polisi Simpan Narkoba dan GranatDireskrimsus Polda Sedang Lidik, Mobil Damkar Tempuling Diduga Kuat BodongPartai Nasdem Cimahi Maksimalkan Pembesaran PartaiSTKIP PGRI Pontianak Terus Tingkatkan Kualitas dan Kualitas


Padangpanjang, Jaya Pos

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Kota Padangpanjang dalam rangka mendukung swasembada daging  pada tahun 2014 mendatang, dengan menyalurkan bantuan 75 sapi betina produktif lokal kepada peternak setempat untuk dikembangbiakkan.

Dari 75 ekor sapi tersebut akan disalurkan kepada 25 peternak dengan masing-masing menperoleh bantuan 1 sampai 3 ekor sapi perorang, penerima bantuan merupakan masyarakat memiliki kemampuan dalam mengelola ternak, memiliki lahan pengembangan ternak, dan juga berpengalaman beternak.

"Kita berharap masyarakat yang menerima bantuan sapi ini bisa mengembangbiakkan dengan baik sehingga memperoleh hasil yang memuaskan," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padangpanjang Chandra ketika ditemui kemarin.

Candra menyebutkan, penerima bantuan diwajibkan mengembalikan dua ekor anak sapi kepada pemerintah dalam tenggang waktu pemeliharaan selama lima tahun pengembangan.

"Biasanya dalam lima tahun pengembangbiakan sudah bisa menghasilkan tiga ekor anak sapi. Dari tiga ekor tadi, peternak harus mengembalikan ke pemerintah sebanyak dua ekor yang akan diberikan kepada peternak lainnya yang belum memperoleh bantuan. Sementara satu ekor lagi merupakan keuntungan bagi peternak bersangkutan," jelasnya.

Salah satu masalah dalam peternakan adalah terbatasnya pemanfaatan lahan potensial sebagai basis budidaya sapi. Selain itu, kegiatan pembibitan sapi pun belum berkembang karena keterbatasan permodalan di kalangan peternak, kata candra.

"Dengan adanya bantuan ini, kita berharap muncul pemikiran dari peternak untuk lebih meningkatkan usahanya sehingga muncul peternak sapi profesional di Padangpanjang," katanya.

Ia juga meminta kepada peternak sapi di Kota Padangpanjang agar selalu memperhatikan kesehatan hewan dari berbagai jenis penyakit yang bisa berakibat fatal terhadap ternak dan manusia, terutama dari indikasi "brucellosis".

Populasi sapi masyarakat di Padangpanjang saat ini sebanyak 500-an sapi, terdiri atas sapi perah 300 ekor dan sapi pedaging 250 ekor.Domas


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60489)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (57958)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52277)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15794)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15079)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14874)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (14791)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14559)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14173)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10094)
Bedah JayaposSDN Cilayang 1 -Cikeusal Diduga Pungli SiswaSerang, Jaya Pos Sekolah Dasar Nege­ri (SDN) Cilayang 1 Desa Cilayang Kecamatan Cikeusal Kabupaten ...


Pemilik Tanah 200 Hektar Melaporkan Khairuddin Pulungan ke Polda RiauKasektor Kecamatan Cakung Lindungi Bangunan Melanggar AturanTernyata Pembangunan RPS SMKN 3 Kuala Kapuas Sudah Molor 1 Bulan lebihGalian C Tidak Miliki Izin Marak di PasbarOknum PT Adira Pasaman Barat Tipu KonsumenDiduga Tidak Sesuai Spek dan RAB Pekerjaan TPT AmbrolPembangunan Pamsimas Di Desa Putat Diduga Mark Up
Laporan KhususKantor Balai Desa Lamaran Tarung Direhab Indramayu, Jaya Pos Sesuai dengan hasil musyawarah dan sudah banyak perbaikan pemba­ngunan ...


PENCAPAIAN TARGET PAJAK BPHTB BAPPENDA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Solsel Terima Penghargaan WTPDisbun Jatim Genjot Produktifitas Kakao JatimFESTIVAL SITU FRONT CITY (SFC) TAHUN 2019Kembangkan Geopark, Pemkab Sukabumi MoU dengan JepangRaih WTP Lima Kali Berturut, Pemkab Tanah Datar Dianugerahi Penghargaan Tingkat NasionalWabup Shodiq Pastikan Warga Terdampak Kabut Asap Terlayani