Sabtu, 15 September 2012 - 07:03:08 WIB
Putra Samosir Jadi Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata Pimpin 4,5 Juta UmatKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 371 kali

Baca Juga:Nazaruddin Bernyanyi, Ada Korupsi di Mahkamah KonstitusiDinas PU Pengairan Sidoarjo "Menjual" SungaiUrus KTP Rp 850 Ribu, Kasi KTP dan Lurah Tanjung Duren Utara Minta DicopotPdt Willem TP Simarmata MA Terpilih Sebagai Ephorus HKBP Priode 2012-2016

- Pdt Mori Sihombing, STh Terpili Jadi Sekjen

Jakarta, Jaya Pos

Umat gereja Huria Kristen Ba­tak Protestan (HKBP) mem­punyai pemimpin baru. Dalam Sinode Godang HKBP di Seminarium Sipoholon, Ta­panuli Utara, Sumatera Utara, Pendeta William Tumpal Pandapotan (WTP) Sima­r­mata MA terpilih sebagai Ephorus HKBP kurun waktu 2012-2016. Hasil mus­ya­wa­rah besar tahun ini juga menjadi sejarah baru HKBP, dimana putra dari Pulau Samosir pertama kali menjadi pe­mim­pin HKBP.

Pemilihan ephorus pada Ka­mis (13/9) yang dipimpin Pdt SMP Marpaung Mth, Praeses asal HKBP Distrik X Medan Aceh berlangsung cukup tegang. WTP Simarmata menyisihkan empat kandidat lainnya. Dia berhasil memperoleh suara terbanyak yakni 697 suara. Lalu disu­sul Pdt Binsar Nainggolan sebanyak 383 suara, Pdt Ramlan Hutahaean 175 suara, Pdt Nelson Siregar meraup 68 suara dan suara paling sedikit diperoleh Pdt David Sibuea dengan 25 suara. Dengan komposisi penyebaran jumlah perolehan suara itu, WTP Simarmata menang mutlak lewat satu putaran.

Sidang pemilihan ephorus itu dimulai sekitar pukul 11:30 WIB. Suasana di arena persidangan cukup tegang, sementara di luar persidangan namun masih di area di Seminarium Sipoholon polisi bersama panitia menjaga ketat keamanan. Selama proses pe­milihan, pihak keamanan dari panitia memberlakukan satu pintu masuk dan keluar untuk para peserta atau sinodestan.
 

Awak media pun tidak diizinkan masuk. Selama berlangsungnya proses pemungutan suara, panitia juga mematikan dua LCD proyektor yang digunakan sebagai monitor besar di kiri dan kanan Auditorium HKBP tersebut.

WTP Simarmata usai terpilih kepada wartawan secara singkat mengatakan, dalam masa kepemimpinannya skala prioritas yang akan dilakukan yakni perbaikan di bidang internal dan eksternal HKBP. Khusus untuk internal, dia menyontohkan akan memperbaiki kualitas pendidikan jemaat HKBP, kesehatan dan kesejahteraan umat. Sementara untuk eksternal, pendeta berkaca mata ini akan merencanakan perbaikan jaringan lintas agama dan gerakan oikumene di lintas gereja.

WTP Simarmata juga akan memprioritaskan pembenahan jaringan terhadap gereja-gereja yang memiliki permasalahan beribadah akibat tersandung sejumlah izin, seperti Surat Kesepakatan Bersama (SKB) Tiga Menteri.

“Saya akan melihat seperti apa nanti sinodestan memilih jajaran struktur di lingkungan kerja saya. Kalau soal kerukunan umat beragama, saya kira sudah ada dalam diri masing-masing umat beragama. Serta negara juga harus memahami bahwa kerukunan itu tidak perlu diatur negara.Karena kita semua umat beragama,” katanya.

WTP Simarmata lahir di Samosir pada 4 Juli 1954  silam. Ia ditahbiskan sebagai pendeta di Padangsidempuan pada 23 Oktober 1983. Ia pernah menjadi Sekjen HKBP selama dua periode yakni pada periode 1998-2004 dan 2004-2008. Tempat pelayanan terakhir sebelum terpilih menjadi ephorus di Sekolah Tinggi Theologia HKBP, Siantar.

Sementara itu, posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKBP akan dipangku oleh Pdt Mori Sihombing MTh. Dalam pemilihan posisi Sekjen, Mori Sihombing unggul dari calon incumbent Pdt Ramlan Hutahaean MTh. Pemilihan Sekjen HKBP cukup alot dan menengangkan yang terjadi hingga tiga kali putaran. Perhitungan suara untuk Sekjen selesai dini hari Jumat (14/9) pukul 04.50 WIB. Pada putaran terakhir, Sekjen terpilih Mori Sihombing dengan 546 suara, sedangkan Ramlan Hutahaean mendapatkan 346 suara. Nai


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59202)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51035)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (19223)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14366)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13808)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13508)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13431)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12806)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8825)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8790)
Bedah JayaposOtong Khusni : Bukan Hanya 5 Meter, 80 % Pekerjaan Drainase Harus DibongkarPandeglang, Jaya Pos Pembangunan drainase di Jalan Raya Simpang Labuan–Cibaliung tepatnya di ...


Rusun Warugunung Memiliki Hutang, DPBT Kota Surabaya Harus Bertanggung JawabGerombolan Pencuri TBS Dan Berondolan Kelapa Sawit PTPN III Aek Nabara Semakin BeringasTiga Proyek Senilai Rp 4,2 M Bermasalah, Inspektorat Ketapang Tunggu Perintah Bupati Selain Tidak Difungsikan, Bangunan Pasar Pollung Diduga Mengandung Tanah GambutJaka Marhaen SH : Keterpurukan Hukum di Mata Masyarakat Pencari KeadilanPersoalan Letak Tanah Poktan KCS dan Kebun Milik K Handoko, Seharusnya Urusan Dokumen di Desa BumbunPenyidik Polresta Bukittinggi Terkesan Tidak Profesional, Dua Kali Jaksa Tolak SPDP Tersangka
Laporan KhususLantik Pengurus Forum Honorer, Bupati Sangat Serius Untuk Dukung Forum HonorerPemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah lakukan berbagai cara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ...


Sekilas Sejarah Keturunan Op Guru Tatea BulanDialog Dengan Penerima Bansos PKH dan BPNT Di Bangka Belitung, Ini Pesan Presiden Joko WidodoDisdukcapil PALI Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Tingkatkan Kualitas Pelayanan AdmindukBupati PALI Resmikan Fungsi Gedung SD10 KIM Bangka Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Tingkat ProvinsiKejari Kabupaten Bandung Tingkatkan Pelayanan Dan Siap Menuju WBK Dan WBBMBupati Labusel Buka Acara Sosialisasi E-Perizinan