Senin, 08 Oktober 2018 - 05:54:58 WIB
Pemkab Bersama Masyarakat Rayakan HUT Indramayu Ke 491Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 81 kali

Baca Juga:Seni Jadi Kepribadian BangsaKadisdik Kabupaten Pandeglang Segera Berikan Sanksi, Oknum Guru SDN Karya Utama 1 Nyambi Calo PNSSDN Leuwigajah Mandiri 1 Cimahi Program Pendidikan Mutu PKK Provinsi Jambi Selenggarakan Sosialisasi PKBN

Indramayu, Bulan Oktober merupakan bulan yang sangat istimewa bagi Kabupaten Indramayu. Di hari jadi yang ke-491, masyarakat Indramayu dimanjakan dengan berbagai macam kegiatan dan hiburan menarik mulai dari pagelaran kesenian berakar tradisional, pameran pendidikan mengakat kreasi pelajar, karnaval budaya, pameran pembangunan hingga bakti sosial (baksos).

Banyaknya pertunjukan budaya yang bersifat informatif, edukatif dan menghibur masyarakat di bulan Oktober ini memang sengaja dikemas untuk menyemarakan dan memeriahkan peringatan hari jadi Indramayu yang jatuh setiap tanggal 7 di bulan Oktober. Dengan demikian di tahun 2018 perjalanan penuh misteri ini menginjak angkat ke 491.

Kalau kita flash back ke belakang, 491 tahun lalu Indramayu merupakan bagian dari hutan belantara, namun sekarang telah menjadi wilayah yang padat penduduk dan ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun manca negara. Karena destinasi wisata Kabupaten Indramayu sangat menjanjikan untuk dinikmati, seperti hamparan pasir lembut Tirtamaya, belum lagi Pulau Biawak yang sunyi, sangat menarik untuk dikunjungi.

Sedangkan potensi laut Indramayu berlimpah ruah, dibuktikan dengan setiap tahun bertambah meningkatnya tangkapan ikan nelayan. Adapun produksi padi juga mengalami kenaikan dan dijadikan lumbung padi nasional, karena mampu berproduksi mencapai 1,8 juta ton per tahun.
Jumlah penduduk pada tahun 2017 sebanyak 1,7 juta jiwa, dengan pertumbuhan penduduk 0,56%. Luas wilayah Indramayu mencapai 209.942 ha dengan panjang garis pantai 147 km.

Indramayu yang dikenal sebagai kota mangga memiliki areal persawahan mencapai 117.406,62 ha, tambak 26.980,26 ha, perkebunan 8.949,88 ha serta hutan seluas 30 854,33 ha.

Indramayu mempunyai industri berat berskala nasional yakni Pertamina RU VI Balongan dan LPG Mundu. Disamping itu telah berdiri pula Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dapat memasok listrik se- Jawa dan Bali, belum lagi fasilitas terminal liquid Petrolum Gas kini di Sumur Adem menambah kapasitasnya dengan membangun tahap kedua.

Dari rentang waktu sampai sekarang 1527 M, tercatat Indramayu sudah dipimpin 33 bupati. Dan saat ini, Indramayu dipimpin oleh Bupati Hj Anna Sophanah yang merupakan bupati perempuan pertama di daerah ini sejak Raden Arya Wilalodra membangun Pedukuhan Cimanuak di Indramayu 491 tahun lalu.

Di bawah kepemimpinan Hj Anna Sophanah, Indramayu terus mengalami peningkatan infrastruktur, derap pembangunan terjadi secara merata di segala bidang. Jalan dan jembatan yang dibangun adalah bentuk perhatian khusus kepada masyarakatnya dengan tujuan memudahkan mobilitas dalam beraktivitas sehari-hari.

Di tahun ini saja, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah membangun dua jembatan, 4 bangunan pemerintahan 1 pasar Kecamatan Jatibarang serta Rumah Sakit Umum Daerah H Mursyid Ibnu Syaffiudin. Tentu, ini hal yang paling menarik dan ramai dikunjungi masyarakat Indramayu maupun dari luar darah.(Janner M/Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (55720)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50749)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14039)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13525)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13187)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12466)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8512)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7318)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6433)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6228)
Bedah JayaposKontrak Kerja Sudah Habis Pengerjaan Puskesmas Palembayan Masih LanjutAgam, Jaya Pos Proyek pembangunan Puskesmas Palembayan di Kab. Agam Sumbar, sudah menjadi gonjang ganjing ...


Diduga Terlibat Proyek, LSM Penjara Desak KKP Periksa Sejumlah Anggota DPRD Kota ManadoCV Linang Jaya Diduga Kirim Material Tak Sesuai RAB Ke 30 Penerima Program RTLH Di Desa LabuanDinas PUPR Kab Sidoarjo Bidang Pengairan Diduga Lakukan Mark UpPembangunan USB SDN Babat 2 Kecamatan Legok Beraroma KorupsiDiduga Proyek Pembangunan Pasar Cibaliung, Gunakan Besi BekasProyek NUSP-2 ADB Loan Rp 5,9 M di Kapuas Berbau KKNKades Tanjung Diduga Selewengkan Keuangan Desa Ratusan Juta Rupiah
Laporan KhususDesa Kendalrejo Gunakan Dana Desa Untuk Tingkatkan PembangunanTrenggalek, Jaya Pos Program pemerintah melalui Dana Desa serta Alokasi Dana Desa yang langsung diterima ...


APBD Tanah Datar 2019 DisepakatiHari Jadi Bantaeng Ke-764 Gubernur Sulsel Bantu Bantaeng 26 MBakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan BangsaLurah Bahu : Sidak Bagi Pendatang Berdomisili di WilayahnyaPengawasan APK Bersama Stakeholder Untuk Pemilu 2019Bupati Canangkan Gerakan Banyumas MembacaBanjir di Buaran DPU Tangsel Sigap Tangani Laporan Warga