Rabu, 17 Oktober 2018 - 05:48:11 WIB
Banyuwangi Dan Jombang Belajar Tata Kelola Rsud Iskak TulungagungKategori: Jawa Timur - Dibaca: 66 kali

Baca Juga: Wawako batam Tinjau Lokasi Penertiban PKLKedapatan Berpesta Sabu Digelandang ke Polrse Tanjungbalai Bupati Simalungun DR JR Saragih “Suap” Uspida Terkait Pemberian 1 Unit Sepeda MotorKasus Sabu 2000 Gram Divonis 10 Tahun, Keluarga Terdakwa Mengamuk

Tulungagung, Rombongan RSUD Blambangan, Kabupaten Banyuwangi bertandang ke Tulungagung, Kamis, 4 Oktober 2018. Kedatangan mereka untuk mempelajari dan meniru pengelolaan RSUD Iskak Tulungagung. Yunus selaku Kepala Ruangan Instalasi Gawat Darurat RSUD Blambangan Banyuwangi mengatakan ingin belajar dari RSUD Iskak Tulungagung yang pengelolaannya sudah ideal. “Kami ingin mempelajari sistem penanggulangan gawat darurat terpadu yang sudah berjalan di rumah sakit ini,” katanya.

Menurut Yunus, ada banyak kemajuan dibidang layanan kesehatan yang tidak dimiliki Kabupaten Banyuwangi. Salah satunya adalah soal penanganan situasi gawat darurat terpadu yang melibatkan banyak unsur. Ada tiga penyokong sistem yang dipelajari delegasi RSUD Blambangan di Tulungagung.
Pertama adalah sistem komunikasi yang didukung kecanggihan perangkat keras (hard ware) maupun perangkat lunak (soft ware).

Kedua, unit kendaraan ambulans yang memenuhi standard pelayanan tindak darurat, baik jumlah maupun infrastuktur. Di Banyuwangi, ketersediaan ambulans masih sangat terbatas dengan sarana seadanya.

Ketiga adalah sumberdaya manusia yang meliputi manajemen kerja, skill dan jumlah personil. Ketiga penyokong ini wajib dimiliki untuk membangun sitem penanggulangan gawat darurat yang ideal. Delegasi RSUD Blambangan yang dipimpin Kepala Bidang Penunjang Faiz Fadholi SKep Ns ini juga berkesempatan melihat secara langsung aktivitas di IGD dan Ruang Kendali Public Safety Centre (PSC). Mereka tak bisa menyembunyikan kekagumannya atas kecepatan dan ketepatan sistem PSC Tulung­agung.

Selain unggul dalam pelayanan medis, rumah sakit yang dipimpin Dr Supriyanto Sp.B FINACS ini juga sukses mengelola keuangan hingga meraup pendapatan diatas Rp 400 milyar. Sementara RSUD Blambangan, Kabupaten Banyuwangi yang sudah maju dalam pariwisata saja, belum mampu memberikan keuntungan menjadi Rp 100 milyar.

Tidak hanya Banyuwangi, RSUD Jombang juga turut belajar di RSUD Iskak Tulungagung. Mereka ingin mempelajari tata kelola penyelenggaraan diklat agar bisa mendapatkan Akreditas Nasiona. Sementara RSUD Iskak Tulungagung sudah diakui Kementerian Kesehatan.(Lgeng)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (51684)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50692)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13966)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13454)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13106)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12377)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8457)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7093)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6201)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6046)
Bedah JayaposTedja Widjaja Pemilik Lentra Kasih Dan Mantan UPPRD Dilaporkan Ke KPKSetelah dilaporkan telah melakukan tindak pidana pemalsuan kini pemilik sekolah Lentera Kasih, Tedja Widjaja ...


Pungli Marak di Pengujian Gedebage, Kir "Bungkus" Menjadi-JadiDiduga Jadi Ajang Cari Untung, Sanimas Cigondang Pantas Laporkan KejatiPekerjaan Drainase di Kejayan Dinilai Kurang Baik, Warga Minta Adanya PerbaikanLSM FPR: Kades Perdana Harus Segera Ditindak TegasPembangunan Stasiun Uji Bus Kementerian Pertanian Memakai Material Tidak SNIProgram PAMSIMAS Desa Langensari Menuai MasalahAbaikan Syarat Dokumen Kontrak, PJU Jagir Wonokromo Asal Pasang
Laporan KhususPemko Padang Panjang Terima Penghargaan BPJS KetenagakerjaanPadang Panjang, Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat menerima penghargaan ...


Ini Dia Pesan Walikota Depok di Hari Pahlawan !Tim Wasev Mabes TNI Apresiasi Hasil TMMD Reguler ke 103 Kodim 0376/Batang di Desa DurenomboPasilog Bersama Anggota Satgas TMMD Membuat Jamban SehatTNI Batang Membangun Desa Dengan HatiWakil Ketua TP-PKK Sumsel Lakukan Kunjungan Kerja dan Silaturahmi ke TP-PKK Kabupaten PALIPrajurit Satgas TMMD Juga Pandai MemasakBeginilah Penampakan Rumah Tuyeri yang Sudah Dibangun Satgas TMMD