Minggu, 04 November 2018 - 06:57:03 WIB
Warga Lengkong Nyadom Tuntut PT CMKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 307 kali

Baca Juga:FPSS Demo, Bupati Wabup Simalungun Merasa Diasingkan BupatiSertifikasi Tantangan Bagi Para GuruBupati Kunker ke SepingganSerang Petugas Dengan Sangkur, Residivis Didor

Melawi, Masyarakat Desa Lengkong Nyadom, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi (Kal-Bar) ancungi jempol kepada pemerintah, terutama Bupati Panji,S.Sos, yang mendukung aspirasi masyarakat terkait dugaan pencaplokan lahan trans umum di areal Desa Lengkong Nyadom.

Hal itu disampaikan lewat demo damai di depan kantor Bupati Melawi, Selasa (30/10/2018). Mereka menuntut hak sebagai masyarakat trans umum lahan yang dialokasikan seluas 1 Ha menjadi lahan sengketa dengan PT Citra Mahkota (CM). Perusahaan tersebut berinvestasi di bidang perkebunan kelapa sawit.

Kepala Desa Lengkong Nyadom mengatakan lewat wawancara dengan Jaya Pos, “Lahan masyarakat dicaplok pihak perusahaan CM ditanami Kelapa Sawit tanpa se izin masyarakat. Kami warga sudah berulang ulang minta penjelasan kepada pihak perusahaan tapi hanya janji janji akan penyelesaiaan.

Permasalahan ini sudah berjalan delapan tahun tidak kunjung penyelesaian. Alasan Pihak PT CM areal dimaksud sudah diserahkan,yang menjadi pertanya siapa yang menyerahkan ?, kami tidak pernah menyerahkan lahan kepada pihak mana apalagi ke perusahaan. Semenjak perusahaan mengelola lahan tersebut kami warga sudah sering larang tapi pihak perusahaan tidak perduli,siang kami cegah pihak CM menjalankan operasinya malam hari. Kami minta pihak pemerintah harus tegas masalah ini, kami sudah disengsarakan selama delapan tahun,” keluhnya.

Pada hari itu juga pihak pemerintah yang langsung dipimpin Bupati Melawi, menghampiri pendemo. Panji mengajak para warga supaya berjuang mendapatkan haknya, “Saya mendukung, apa menjadi tuntutan masyarakat akan saya perjuangkan semasih hal itu dalam kebenaran. Dan hari ini juga, pihak dinas terkait harus difasilitasi masyarakat supaya mendapatkan haknya. Kalau memang pihak PT CM mencaplok lahan dimaksud harus dikembalikan kepada masyarakat sebagaimana mestinya,” tegas.Panji.

Bupati meminta kepada masyarakat pendemo yang berjumlah puluhan orang tersebut menginap di Mess Pandopo Rumah Dinas Bupati Melawi, mengingat untuk pulang ke Desa Lengkong Nyadom tidak memungkinkan lagi karena jarak tempuh dari Nanga Pinoh lumayan jauh. Saat itu juga pihak PT CM, Bupati, Dinas terkait duduk bersama dengan perwakilan masyarakat, mencari solusi terhadap tuntutan masyarakat.

Perwakilan masyaraakat, Sariman mengatakan, rasa kagumnya kepada Bupati Melawi saat bertemu Jaya Pos, keesokan harinya di Pandopo. “Kami warga ancungi jempol terhadap Bupati Melawi, beliau sangat mendukung kami masyarakat kecil. Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Melawi,” timpalnya.(Pangaribuan)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59629)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51482)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48824)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14065)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13291)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11774)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9257)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019