Rabu, 07 November 2018 - 09:48:32 WIB
Bupati Aceh TImur Lapor HGU Perusahaan Perkebunan Ke OmbusdmanKategori: Aceh - Dibaca: 172 kali

Baca Juga:Petani Pangkep Menuju AlsintanDiduga Oknum PT Pos Tilep Dana Pensiun TNIJalan dan Jembatan Rusak Warga Perbaiki Secara SwadayaRuang Anggrek RS Anuntaloko Parigi Bau

Aceh Timur, Jaya Pos - Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib atau Rocky, melaporkan persoalan izin Hak Guna Usaha (HGU) sejumlah perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayahnya ke Ombusdman RI di Jakarta. Sebab, izin HGU yang dikantongi telah menghapuskan Pemerintah Gampong.

“Efeknya, alokasi dana desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat ke desa-desa tidak dapat dimanfaatkan untuk membangun jalan, parit dan bangunan fisik lainnya, sebab desa sudah dalam area izin HGU yang diawali pengukuran tanpa melibatkan kami di daerah,” kata Bupati Rocky, Jumat (2/11/2018).

Sejumlah kecamatan yang memiliki HGU perusahaan perkebunan dan telah mencaplok desa definitif, antara lain Kecamatan Birem Bayeun dengan PTPN-I meliputi Desa Afdeling II Buket, Alue Buloh, Payah Tampah, Paya Rambong, Alue Gadeng I dan Alue Gadeng II. Selanjutnya, Kecamatan Ranto Selamat dengan PT Damar Siput meliputi Desa Damar Siput.

Kemudian, Kecamatan Sungai Raya dengan PT Patria Kamou yakni Desa Gajah Mentah yang keseluruhan area desa kini masuk dalam HGU perusahaan perkebunan tersebut. Kecamatan Peureulak Timur dengan PT PPP yakni Desa Seuneubok Lapang dan Kecamatan Peureulak Barat, yakni Desa Kebun Teumpheun. 

Untuk Kecamatan Ranto Peureulak dengan PTPN-I meliputi Desa Alue Geuteng dan Seumanah Jaya. Kecamatan Indra Makmu dengan PTPN-I meliputi Desa Julok Rayeuk Utara dan Julok Rayeuk Selatan. Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Banda Alam dengan HGU PT Bumi Flora.

Kebijakan Bupati Rocky melaporkan HGU sejumlah perusahaan perkebunan Ombusdman RI itu menyusul terganggunya pelayanan masyarakat di desa.

“Sengketa lahan desa dengan perusahaan sudah lama terjadi dan kita berkeinginan Ombusdman dapat membantu masyarakat, sehingga pelayanan di desa tetap berjalan lancar,” tutur mantan gerilyawan GAM itu.

Laporan secara lisan disampaikan Bupati Aceh Timur ke pihak Ombusdman RI ketika sejumlah Perwakilan Ombusdman RI berkunjung ke Aceh Timur, Kamis (1/11/2018) di Pendopo Idi.

“Bahkan kita langsung menyerahkan surat resmi berkaitan Izin HGU perusahaan perkebunan yang telah menganggu pelayanan pemerintah di desa,” kata Rocky.(Torkis/Panjaitan)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59432)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51306)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (36790)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14781)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14082)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13899)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13656)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13083)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10195)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9078)
Bedah JayaposKejati Kalteng Telisik Dugaan Korupsi Proyek Jalan Kapuas Seberang Senilai Rp 5,8 MPalangka Raya, Jaya Pos Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Tengah (Kalteng), saat ini tengah menelisik ...


APBDes Kedungwonokerto Jadi Ajang Cari Untung ?Tim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudWarga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?
Laporan KhususDPRD Lahirkan Perda Inisiatif Kepemudaan dan Mengkritisi Kinerja PemkoBukittinggi, Jaya Pos Sidang Paripurna DPRD Kota Bukittinggi yang berlangsung selama tiga hari sejak Rabu ...


Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri, Fachrori: Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Pemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutPemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya Bersilaturrahim