Jumat, 09 November 2018 - 05:30:48 WIB
PN Bale Bandung Bantah Ada Pungli Pengesahan Penetapan PerkawinanKategori: Jawa Barat - Dibaca: 184 kali

Baca Juga:Rehabilitas Ruang Kelas di Kecamatan Pasar Kemis, Disinyalir Beraroma KorupsiKepala SMPN 11 Cimahi Jemput Bola ke WargaDua Perusahaan Tambang Bidik Pasir Besi di BuolPetani Pangkep Menuju Alsintan

Kab Bandung, Terkait dugaan adanya pungli saat mengajukan permohonan penetapan perkawinan di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, dibantah oleh Panitera PN Bale Bandung Ibnu Sutama SH MH, saat dikonfirmasi Jaya Pos di ruangannya yang didampingi Panitera Muda Perdata Neneng Warlinah SH MH dan Fuad petugas loket PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), belum lama ini.

Dalam kesempatan itu Ibnu Sutama meminta Panmud Perdata dan petugas PTSP memberikan klarifikasi kepada wartawan, atas pemberitaan Jaya Pos mengenai adanya dugaan pungli yang dilakukan kepada pemohon Pengesahan Penetapan Perkawinan di PN BB.

Panmud Perdata PN BB menyangkal semua isi pemberitaan Jaya Pos dan mengaku tidak pernah melakukan MoU dengan Posbakum untuk mendampingi setiap pemohon sebelum permohonan didaftarkan ke petugas PTSP.

Panmud Perdata juga mengatakan, kalaupun Posbakum terlibat dalam Pengesahan Penetapan Perkawinan hanya untuk tempat konsultasi saja bagi masyarakat yang tidak paham cara membuat permohonan. Dalam hal ini sama sekali tidak dipungut biaya apapun, terutama bagi pemohon tidak mampu atau yang memakai SKTM.

Panmud Perdata menambahkan, kalau ternyata mengerti dan mampu mengajukan sendiri permohonannya, maka pemohon tidak perlu lagi konsultasi ke Posbakum.

Sementara Panitera PN BB Ibnu Sutama menegaskan dirinya berani menjamin kalau anak buahnya di bidang Perdata tidak akan berani melanggar aturan, sebab saat ini semua pengesahan penetapan sudah lewat PTSP.

Ibnu Sutama bahkan mengatakan, mungkin saja sumber Jaya Pos kurang paham mengenai fungsi posbakum, sehingga ketika petugas PTSP mengarahkan MS terlebih dahulu konsultasi ke Posbakum. MS sudah panik duluan dan merasa kalau konsultasi ke posbakum maka akan membutuhkan biaya tambahan lagi,” kata Ibnu berpandangan,

Dirinya juga mengatakan kalau klarifikasi pemberitaan Jaya Pos bukanlah pembelaan diri dari Panitera maupun anak buahnya, tetapi Ibnu mengaku hanya memberikan penjelasan yang bisa diterima semua pihak agar jangan sampai ada yang dirugikan.

Ibnu menambahkan, pihak PN Bale Bandung sangat terbuka kepada media dan juga siap dikontrol oleh rekan-rekan wartawan. “Karena dengan adanya kritik dan kontrol dari wartawan, semua jajaran atau bidang di PN Bale Bandung akan menjadi lebih berhati-hati melakukan pekerjaannya,” tutup Ibnu Sutama.(Hendri H)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59629)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51482)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48826)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14065)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13291)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11775)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9257)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019