Jumat, 09 November 2018 - 05:30:48 WIB
PN Bale Bandung Bantah Ada Pungli Pengesahan Penetapan PerkawinanKategori: Jawa Barat - Dibaca: 39 kali

Baca Juga:Rehabilitas Ruang Kelas di Kecamatan Pasar Kemis, Disinyalir Beraroma KorupsiKepala SMPN 11 Cimahi Jemput Bola ke WargaDua Perusahaan Tambang Bidik Pasir Besi di BuolPetani Pangkep Menuju Alsintan

Kab Bandung, Terkait dugaan adanya pungli saat mengajukan permohonan penetapan perkawinan di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, dibantah oleh Panitera PN Bale Bandung Ibnu Sutama SH MH, saat dikonfirmasi Jaya Pos di ruangannya yang didampingi Panitera Muda Perdata Neneng Warlinah SH MH dan Fuad petugas loket PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), belum lama ini.

Dalam kesempatan itu Ibnu Sutama meminta Panmud Perdata dan petugas PTSP memberikan klarifikasi kepada wartawan, atas pemberitaan Jaya Pos mengenai adanya dugaan pungli yang dilakukan kepada pemohon Pengesahan Penetapan Perkawinan di PN BB.

Panmud Perdata PN BB menyangkal semua isi pemberitaan Jaya Pos dan mengaku tidak pernah melakukan MoU dengan Posbakum untuk mendampingi setiap pemohon sebelum permohonan didaftarkan ke petugas PTSP.

Panmud Perdata juga mengatakan, kalaupun Posbakum terlibat dalam Pengesahan Penetapan Perkawinan hanya untuk tempat konsultasi saja bagi masyarakat yang tidak paham cara membuat permohonan. Dalam hal ini sama sekali tidak dipungut biaya apapun, terutama bagi pemohon tidak mampu atau yang memakai SKTM.

Panmud Perdata menambahkan, kalau ternyata mengerti dan mampu mengajukan sendiri permohonannya, maka pemohon tidak perlu lagi konsultasi ke Posbakum.

Sementara Panitera PN BB Ibnu Sutama menegaskan dirinya berani menjamin kalau anak buahnya di bidang Perdata tidak akan berani melanggar aturan, sebab saat ini semua pengesahan penetapan sudah lewat PTSP.

Ibnu Sutama bahkan mengatakan, mungkin saja sumber Jaya Pos kurang paham mengenai fungsi posbakum, sehingga ketika petugas PTSP mengarahkan MS terlebih dahulu konsultasi ke Posbakum. MS sudah panik duluan dan merasa kalau konsultasi ke posbakum maka akan membutuhkan biaya tambahan lagi,” kata Ibnu berpandangan,

Dirinya juga mengatakan kalau klarifikasi pemberitaan Jaya Pos bukanlah pembelaan diri dari Panitera maupun anak buahnya, tetapi Ibnu mengaku hanya memberikan penjelasan yang bisa diterima semua pihak agar jangan sampai ada yang dirugikan.

Ibnu menambahkan, pihak PN Bale Bandung sangat terbuka kepada media dan juga siap dikontrol oleh rekan-rekan wartawan. “Karena dengan adanya kritik dan kontrol dari wartawan, semua jajaran atau bidang di PN Bale Bandung akan menjadi lebih berhati-hati melakukan pekerjaannya,” tutup Ibnu Sutama.(Hendri H)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (51686)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50692)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13966)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13454)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13106)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12377)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8457)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7093)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6201)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6046)
Bedah JayaposTedja Widjaja Pemilik Lentra Kasih Dan Mantan UPPRD Dilaporkan Ke KPKSetelah dilaporkan telah melakukan tindak pidana pemalsuan kini pemilik sekolah Lentera Kasih, Tedja Widjaja ...


Pungli Marak di Pengujian Gedebage, Kir "Bungkus" Menjadi-JadiDiduga Jadi Ajang Cari Untung, Sanimas Cigondang Pantas Laporkan KejatiPekerjaan Drainase di Kejayan Dinilai Kurang Baik, Warga Minta Adanya PerbaikanLSM FPR: Kades Perdana Harus Segera Ditindak TegasPembangunan Stasiun Uji Bus Kementerian Pertanian Memakai Material Tidak SNIProgram PAMSIMAS Desa Langensari Menuai MasalahAbaikan Syarat Dokumen Kontrak, PJU Jagir Wonokromo Asal Pasang
Laporan KhususPemko Padang Panjang Terima Penghargaan BPJS KetenagakerjaanPadang Panjang, Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat menerima penghargaan ...


Ini Dia Pesan Walikota Depok di Hari Pahlawan !Tim Wasev Mabes TNI Apresiasi Hasil TMMD Reguler ke 103 Kodim 0376/Batang di Desa DurenomboPasilog Bersama Anggota Satgas TMMD Membuat Jamban SehatTNI Batang Membangun Desa Dengan HatiWakil Ketua TP-PKK Sumsel Lakukan Kunjungan Kerja dan Silaturahmi ke TP-PKK Kabupaten PALIPrajurit Satgas TMMD Juga Pandai MemasakBeginilah Penampakan Rumah Tuyeri yang Sudah Dibangun Satgas TMMD