Senin, 26 November 2018 - 05:59:57 WIB
Pemkab Trenggalek Gandeng ICSB Gelar Gebyar UKMKategori: Jawa Timur - Dibaca: 162 kali

Baca Juga:Terkait Putusan MA Dua Lembaga Keuangan Akan DieksekusiDPC Partai Demokrat OKUS Daftar di KPUPengurusan SIM di Satlantas Dumai Diharapkan TransparanProyek Rumah Transmigrasi Ketapang Senilai Rp9,4 M Diduga Gunakan Material Kayu Ilegal

Trenggalek, Bekerjasama dengan International Council for Small Business (ICSB), Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar Gebyar UKM. Mewakili Zona Mataraman, Trenggalek terpilih sebagai tuan rumah dan akan memberi kesempatan kepada berbagai pelaku UKM untuk memperoleh pembekalan dari para ahli terkait.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak mengatakan dalam Gebyar UKM ini para pakar dari pengusaha kelas kecil, menengah serta sejumlah perusahaan yang menjadi mitra memberikan pembekalan berbagai ilmu bisnis, mulai dari strategi produksi, pengemasan hingga pemasaran yang efektif.

Dengan kaitan ini, para pakar juga melakukan studi kasus terhadap beberapa produk terpilih, sehingga diharapkan nantinya bisa lebih melakukan pengembangan pasar dan meningkatkan kualitas produksi.

Sebelum pelaksanaan Gebyar UKM, kegiatan diawali dengan gala dinner di ruang Paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek. Dan dalam kesempatan tersebut Bupati Emil mengajak ICSB untuk lebih aktif menjawab berbagai tantangan dari UKM.

“Harapan kami ICSB nantinya akan mendorong konsep aliansi UKM sehingga mampu menambah daya saing dan mengelola potensi dari masing-masing dengan baik,” harap Emil Elestianto Dardak, Kamis (22/11).

Senada, Academic Director ICSB serta perwakilan ICSB Jatim mengapresiasi ide Bupati Trenggalek dan menyatakan kesiapan untuk lebih aktif mewadahi 11 juta UKM di Jawa Timur. Dukungan juga didapat dari Asuransi Jiwasraya dan Bank Jatim yang selalu siap mendorong melalui produk perbankan bagi usaha mikro seperti asuransi kredit dan pinjaman usaha mikro.

Sementara itu Gebyar UKM yang digelar di Pendopo Trenggalek berlangsung meriah. Ratusan peserta dari berbagai kalangan pengusaha UKM dengan antusias mengikuti berbagai pembekalan yang diberikan para pakar. Termasuk pembekalan bisnis yang diberikan oleh ahli dari sejumlah perusahaan besar di Indonesia.

Sedangkan Wakil Bupati Trenggalek Nur Arifin mengungkapkan bahwa besarnya antusiasme masyarakat ini bisa menjadi salah satu indikator dari semangat para pelaku UKM.

Menurutnya, perkembangan bisnis UKM saat ini sangat pesat, mulai dari pengelolaan produksi hingga proses pemasaran. Produk-produk yang diciptakan para pengusaha lokal juga sudah mulai mampu menarik peminat, karena memiliki ciri khas khusus yang bagus dan berkualitas.

“Kebetulan di Trenggalek ini sudah mulai mencoba mengembangkan sistem komunal branding, dimana kami membuat sebuah brand atau merk yang bisa digunakan oleh seluruh pengusaha di Trenggalek. Ini tujuannya agar Trenggalek punya brand khusus sebagai ciri khas sehingga akan mempermudah dalam pengelolaan usaha maupun pengenalan produk kepada konsumen,” ujar Wakil Bupati termuda Indonesia ini.

Dengan adanya pengembangan sistem tersebut, para pengusaha juga akan lebih mudah dan murah dalam melakukan promosi atau mengenalkan produknya, karena dilakukan secara bersama-sama dengan standart produk yang sudah ditetapkan. Selain itu belanja bahan baku maupun bahan lainnya juga bisa lebih murah karena dilakukan dalam jumlah besar.

“Semoga kiprah UKM ini bisa terus maju sehingga mampu menjadi penggerak ekonomi kerakyatan khususnya di Trenggalek dan sekitarnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Gebyar UKM di Trenggalek kali ini merupakan penyelenggaraan yang ke-32 oleh ICSB. Sebelumnya Gebyar UKM juga sudah dilaksanakan di Tangerang Selatan, Banten. (HWi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59434)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51308)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (37029)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14784)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14085)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13902)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13659)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13087)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10230)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9081)
Bedah JayaposBangunan Pompanisasi Mangkrak, Dinas Pertanian Akan Melakukan Sidak Pasuruan, Jaya Pos Setelah adanya pemberitaan oleh harian jaya pos terkait ada­nya bangunan ...


LPK-SM RAKYAT SEJAHTERA Akan Turunkan Tim Investigasi Terkait PompanisasiKejati Kalteng Telisik Dugaan Korupsi Proyek Jalan Kapuas Seberang Senilai Rp 5,8 MAPBDes Kedungwonokerto Jadi Ajang Cari Untung ?Tim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudWarga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM Bersubsidi
Laporan KhususBupati Bantaeng Pantau Proses Terminal Darah PuskesmasBantaeng, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus melakukan inovasi di sektor kesehatan. Salah ...


DPRD Sumsel Setujui LKPJ Gubernur Sumsel Tahun 2018DPRD Lahirkan Perda Inisiatif Kepemudaan dan Mengkritisi Kinerja PemkoSerahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri, Fachrori: Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Pemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutPemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan Sumut