Minggu, 02 Desember 2018 - 06:02:04 WIB
Pemkab Gumas Adakan Pemiliha Duta Sanitasi 2018Kategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 152 kali

Baca Juga:Bupati Karawang Tinjau Pembangunan InfrastrukturOknum di SMPN 1 Kuala Tungkal Diduga Mark Up dana APBNKetua Komisi 4 DPRD Batam Ricky Syolihin Diduga Back-up Perusahaan NakalPengurusan Dokumen Clearence Rambu Kapal Banyak Pungutan Liar

Kuala Kurun, Jaya Pos

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat, mengadakan Pemilihan Duta Sanitasi 2018 melalui lomba poster dan karya tulis bidang sanitasi. Lomba tersebut digelar selama dua hari yakni, pada 22 dan 23 Nopember, di Aula DPU, serta diikuti oleh pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selain dihadiri Bupati Gumas yang diwakili Asisten I Setda Gumas Ambo Jabar, Kepala DPU Champili, Kepala Dinkes Maria Efianti, Kepala BPPRD Hansli Gonak, lomba tersebut juga dihadiri Sekretaris Disdikbud Brikson.

“Melalui lomba ini, akan terpilih peserta didik yang menjadi duta sanitasi. Mereka nantinya berperan mengkampanyekan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, serta mampu menjadi duta sanitasi baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, sehingga muncul kesadaran tentang pentingnya sanitasi,” ucap Asisten I Setda Gumas Ambo Jabar dalam arahannya.

Menurut Ambo, ada tiga pokok penting yang harus diperhatikan terkait dengan sanitasi, yakni drainase metode 3M (menampung, meresapkan, dan mengalirkan), MCK yang sehat, dan persampahan. Tiga hal pokok tersebut akan terwujud apabila didukung semua pihak, baik pelajar, masyarakat dan pemerintah.

Bahkan menurutnya, akan lebih baik jika semua orang bisa menjadi duta sanitasi. “Setiap anak pun bisa memberi contoh yang baik di lingkungan dan menjadi generasi yang sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih, aman, nyaman dan sejuk. Selain itu, mereka juga bisa mengeluarkan ide-ide kreativitas, tentang lingkungan yang sehat dan bersih dimasa akan datang,” ujarnya.

Selain itu, dia juga berpesan kepada peserta yang mengikuti lomba agar menjunjung tinggi sportifitas, dan hasil karya yang dibuat baik karya tulis maupun poster, merupakan ide individu dan bukan hasil menjiplak. Dengan harapan lomba tersebut dapat membuka wawasan dan memicu kreativitas peserta.

“Kami berharap kegiatan ini mampu mengedukasi para generasi kita sejak dini mengenai bagaimana pentingnya sanitasi, karena sangat berpengaruh bagi kecerdasan para generasi kita dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPU Kabupaten Gumas Champili mengatakan, pemilihan duta sanitasi yang mengambil tema ”Sanitasiku Aman, Belajarku Nyaman” tersebut merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan, sejak 2015. “Ini pun menjadi salah satu dukungan untuk mencapai target RPJMN Kecipta Karyaan 100-0-100 di 2019, yakni 100 persen sanitasi layak, 0 persen kumuh, dan 100 persen air minum layak, melalui edukasi sanitasi kepada peserta didik,” terangnya.

Menurutnya hasil lomba yang diikuti oleh 105 orang peserta, terdiri dari kategori karya tulis sebanyak 51 peserta, dan kategori karya poster 54 peserta, berasal dari pelajar SMPN 1 Kurun, SMPN 2 Kurun, SMPN 4 Kurun, SMPN 5 Kurun, SMPN 6 Kurun, dan SMP Pionir Kuala Kurun tersebut, akan dinilai oleh tim juri masing-masing berasal dari dinas/instansi terkait seperti DPU, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), dan wartawan media cetak dan elektronik. (Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59211)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51048)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (19645)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14386)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13825)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13521)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13442)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12821)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8902)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8840)
Bedah JayaposDiduga Libatkan Sejumlah oknum Dewan dan Kades, Dana Pokir Diduga Jadi Ajang BancakanSubang, Jaya Pos Aparat penegak hukum diminta segera mengusut hingga tuntas terkait dugaan bancakan dana ...


Bermasalah, Proyek Kemenhub di KKU Rp 29 M Gagal DilaksanakanPapam Kanas Kecewa Dengan Proses Hukum Di Polsek Bilah HuluWaspada! Bank BNI Cabang Lahat Ada Indikasi Kecurangan di Transaksi Mesin ATM Nasabah ?Pemdes Patimban Diduga Lakukan Pungli SKD/SKA Hingga Ratusan Juta RupiahOtong Khusni : Bukan Hanya 5 Meter, 80 % Pekerjaan Drainase Harus DibongkarRusun Warugunung Memiliki Hutang, DPBT Kota Surabaya Harus Bertanggung JawabGerombolan Pencuri TBS Dan Berondolan Kelapa Sawit PTPN III Aek Nabara Semakin Beringas
Laporan KhususSanggar Tuah Pusaka Juara I Festival Tari Kabupaten Bintan 2019Bintan, Jaya Pos Sanggar Tuah Pusaka kembali menjuarai Festival Tari Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2019. ...


Gelar Forum OPD, DBPR OptimalkanPembangunan Kantor Pelayanan, Gedung Sekolah dan Civic CenterMisteri Liang Sakti Batu GordangBupati Subang Terima Piagam Penghargaan Presiden RI Sebagai Pelaksana Revitalisasi Pasar Rakyat TerbKebebasan Pers Dan Penyimpangan Profesi JurnalisLantik Pengurus Forum Honorer, Bupati Sangat Serius Untuk Dukung Forum HonorerSekilas Sejarah Keturunan Op Guru Tatea BulanDialog Dengan Penerima Bansos PKH dan BPNT Di Bangka Belitung, Ini Pesan Presiden Joko Widodo