Jumat, 14 Desember 2018 - 06:15:20 WIB
Kapolres Subang AKBP M.Joni Pimpin Langsung Pengamanan Pesta Demokrasi di 165 DesaKategori: Jawa Barat - Dibaca: 155 kali

Baca Juga:Dugaan Korupsi Rp 4 M, Patron Minta Kejati Ambil Alih Kasus Disdik Kab TangerangKepala Inspektorat Diduga Tilep Biaya SPJ 30%Tunjangan Guru Diduga DikorupsiMesin Partai Mandul Foke-Nara Kalah

Subang, Jaya Pos

Usai sudah penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Rabu pekan lalu (5/12) yang digelar di 165 desa dan tersebar di 28 kecamatan. Hingga informasi terakhir yang dihimpun Jaya Pos, Pilkades serentak berjalan cukup lancar, aman, tertib dan kondusif.

Untuk mengantisipasi pelaksanaan Pilkades ini, sedikitnya 3.730 orang personil gabungan Polres Subang dibantu BKO dari Brimob dan Dalmas Polda Jabar serta Polres Karawang, Purwakarta dan Indramayu turut mengawal jalannya Pilkades serentak di Subang.

Kapolres Subang AKBP Mohammad Joni menyatakan, langsung memimpin pengamanan pesta demokrasi di 165 desa se-Kab.Subang. Beberapa desa yang dianggap rawan terutama di jalur Pantura menjadi prioritas, terutama dari prediksi ketidak puasan dan kejadian lainnya yang mempengaruhi proses berlangsungnya Pilkades, termasuk adanya unsur perjudian.

“Pilkades serentak ini harus benar-benar dikawal pelaksanaan demokrasinya, dengan dinamika sosial dan politik yang terjadi, maka pentahapan dalam Pilkades tersebut tentunya bisa berpotensi menimbulkan berbagai kerawanan,” ujarnya.

Dari pantauan Jaya Pos, pelaksanaan Pilkades di hampir semua desa cukup antusias dan membeludak dari warga yang ingin menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin di desanya. Suasana pun cenderung kondusif tanpa kendala yang mulanya diprediksi riskan dan berpotensi adanya gangguan kemanan dan ketertiban, terutama di wilayah Pantura.

“Masyarakat kini cenderung semakin cerdas, dalam menentukan pilihannya. Namun umumnya mereka memilih yang fresh, di desa tertentu yang incumben menjadi kontestan ditinggalkan,” ujar R.A.Abdul Hakim,S.IP.MM Kasi Pem Kecamatan Binong.

Menurut Hakim, seperti di wilayah Kec.Binong dari delapan desa yang menggelar Pilkades, tujuh diantaranya incumben kalah, yaitu incumben di Desa Cicadas, Kediri, Mulyasari, Citrajaya, Binong, Karangsari dan Karangwangi.

Muspida Mengawal Pilkades

Sebelumnya pelaksanaan Pilkades serentak ini turut dikawal secara intens oleh jajaran Muspida Subang. Plt Bupati Subang Ating Rusnatim bersama Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni dan Dadim 0605 Kodim Subang Letkol Arm Edi, dan jajaran petinggi pemerintahan di Subang terjun langsung meninjau ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Pantura Subang salah satu yang dikunjungi TPS Kecamatan Patokbeusi Kabupa­ten Subang.

Menurut Ating yang didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Subang Drs. Memet Hikmat dana untuk Pilkades serentak sudah digelontorkan sebesar Rp.15 miliar, diharapkan dana sebesar itu bukan hanya kegiatan pelaksanaan teknis Pilkades, melainkan juga untuk menunjang keamanan jalannya Pilkades. Rp.10 miliar untuk pelaksanaan teknis, sedangkan untuk keseluruhan pengamanan sebesar 5 milyar dan uang tersebut sudah cair dari BPKD Subang, dan sudah diberikan ke Satpol PP sebesar 5 milyar.

“Terkait pembagian uang pengamanan sudah diserahkan sebelum Pilkades digelar. Dari Satpol PP, anggaran 5 miliar itu dipecah kepada tiga instansi yakni TNI, Polri, serta Satpol PP sendiri,” timpalnya. (@BH)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59434)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51308)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (37029)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14784)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14085)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13902)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13659)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13087)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10230)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9081)
Bedah JayaposBangunan Pompanisasi Mangkrak, Dinas Pertanian Akan Melakukan Sidak Pasuruan, Jaya Pos Setelah adanya pemberitaan oleh harian jaya pos terkait ada­nya bangunan ...


LPK-SM RAKYAT SEJAHTERA Akan Turunkan Tim Investigasi Terkait PompanisasiKejati Kalteng Telisik Dugaan Korupsi Proyek Jalan Kapuas Seberang Senilai Rp 5,8 MAPBDes Kedungwonokerto Jadi Ajang Cari Untung ?Tim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudWarga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM Bersubsidi
Laporan KhususBupati Bantaeng Pantau Proses Terminal Darah PuskesmasBantaeng, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus melakukan inovasi di sektor kesehatan. Salah ...


DPRD Sumsel Setujui LKPJ Gubernur Sumsel Tahun 2018DPRD Lahirkan Perda Inisiatif Kepemudaan dan Mengkritisi Kinerja PemkoSerahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri, Fachrori: Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Pemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutPemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan Sumut