Minggu, 16 Desember 2018 - 08:28:14 WIB
Sinergitas Pemkab Mukomuko Beserta Unsur Kemaritiman Dalam Operasi Mencegah Illegal FishingKategori: Bengkulu - Dibaca: 194 kali

Baca Juga:Kejari Bandung Tahan 3 Tersangka Korupsi Perpusda, NSK Mengaku Sebagai Saudara Jamwas Marwan EffendPupuk UPS Tak Laku DijualDugaan Korupsi Rp 4 M, Patron Minta Kejati Ambil Alih Kasus Disdik Kab TangerangKepala Inspektorat Diduga Tilep Biaya SPJ 30%

Muko-Muko, Jaya Pos

Komitmen pemerintah untuk me­ngelola perikanan laut secara berkelanjutan dan penanganan pencurian ikan, ternyata juga diikuti oleh pemerintah daerah, termasuk di Pemkab Mukomuko Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Edy Aprianto SP membentuk Tim Operasi Illegal Fishing (IF) dengan melibatkan Satuan Posal Mukomuko, Satuan Pol Airud Polres Mukomuko, Satuan Reskrim Polres Mukomuko.

Kadis DKP Kabupaten Mukomuko mengatakan pihaknya tidak main-main dalam penanganan kasus illegal fishing. Dalam masa tugasnya, me­nyatakan komitmen dan konsistennya dalam penegakan kasus illegal fishing. Selanjutnya, Sinergitas Pemerintah Kabupaten beserta unsur kemaritiman dalam operasi mencegah illegal ­fishing, pihaknya sudah menunjukkan keseriusan dan tidak main-main dalam penanganan serta penegakan kasus illegal fishing.

Eddy mengapresiasi kepada Danlanal Bengkulu melalui Posal Mukomuko, Kepolisian Polres Mukomuko serta jajarannya atas upaya yang telah dilakukan untuk memenimalisir penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan atau trawl.

Operasi Ilegal Fishing ini merupakan salah satu pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat nelayan agar bisa mengambil kekayaan perairan laut Mukomuko tanpa harus merusak ekosistem dan biota laut perairan di daerah itu.

Terpisah, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M Andri Wahyu Sudrajat melalui telepon mengatakan, pihaknya mendukung penuh Tim Gabungan Operasi Illegal Fishing, karena selain untuk mencegah Illegal Fishing juga untuk mencegah masuknya barang-barang ilegal serta narkoba dari perairan yang dibawa dari negara tetangga.

“Dan Lanal Bengkulu berkomitmen menindak kegiatan Illegal Fishing, melalui satuan-satuan TNI AL setingkat Posal. Jadi dengan adanya operasi gabungan dapat meminimalisir kegiatan yang dilarang oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang (UU) Perikanan dan Peraturan Menteri Perikanan. Lanal bersinergi dengan seluruh stakeholder kemaritiman serta pemerintah daerah dalam menegakkan hukum serta menjaga keamanan perairan dari pengambilan ikan secara ilegal baik yang dilaksanakan oleh nelayan lokal maupun nelayan dari negara asing,” ujarnya.

Kegiatan Operasi Illegal Fishing di wilayah Kab Mukomuko Prov Bengkulu, dimulai pada Rabu, (12 /12/2018) dengan titik kumpul Tim Gabungan Illegal Fishing di lokasi Mako Posal Mukomuko Kel Bandar Ratu Kec Kota Mukomuko. Tim Ilegal Fishing (IF) terdiri dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Mukomuko, TNI AL, Sat Reskrim Polres, dan Sat Pol Airud Polres. Kegiatan Operasi dimotori oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Mukomuko. 

Saat ditemui, Eddy mengatakan bahwa kegiatan Operasi Illegal Fising direncanakan sebanyak 6 kali dalam wilayah Kab Mukomuko. Tujuan dari operasi ini untuk memberikan kesadaran kepada nelayan yang masih menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan untuk menghentikan aktivitasnya menggunakan trawl’.

Di TKP pada hari pertama Operasi Illegal Fishing, Rabu (12/12) di lokasi perairan laut ditemukan 5 buah kapal nelayan bantal yang masih menggunakan trawl. Tim Ilegal Fisihing lalu memberikan pembinaan kepada 5 orang nakhoda dan ABK serta diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi lagi penggunaan trawl untuk di kemudian hari.

Untuk operasi pada hari kedua, Kamis, (13/12) Tim Operasi IF di darat di wilayah Kec Teramang Jaya Kab Mukomuko Prov Bengkulu. Pembinaan juga dilakukan mengingat situasi menjelang Pemilu Serentak 2019, untuk menjaga situasi dan kondisi tetap aman dan kondusif. “Disamping itu kita perkuat keamanan perarian laut Mukomuko,” Eddy menandaskan.(Ayong)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59211)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51048)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (19645)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14386)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13825)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13521)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13442)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12821)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8902)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8840)
Bedah JayaposDiduga Libatkan Sejumlah oknum Dewan dan Kades, Dana Pokir Diduga Jadi Ajang BancakanSubang, Jaya Pos Aparat penegak hukum diminta segera mengusut hingga tuntas terkait dugaan bancakan dana ...


Bermasalah, Proyek Kemenhub di KKU Rp 29 M Gagal DilaksanakanPapam Kanas Kecewa Dengan Proses Hukum Di Polsek Bilah HuluWaspada! Bank BNI Cabang Lahat Ada Indikasi Kecurangan di Transaksi Mesin ATM Nasabah ?Pemdes Patimban Diduga Lakukan Pungli SKD/SKA Hingga Ratusan Juta RupiahOtong Khusni : Bukan Hanya 5 Meter, 80 % Pekerjaan Drainase Harus DibongkarRusun Warugunung Memiliki Hutang, DPBT Kota Surabaya Harus Bertanggung JawabGerombolan Pencuri TBS Dan Berondolan Kelapa Sawit PTPN III Aek Nabara Semakin Beringas
Laporan KhususSanggar Tuah Pusaka Juara I Festival Tari Kabupaten Bintan 2019Bintan, Jaya Pos Sanggar Tuah Pusaka kembali menjuarai Festival Tari Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2019. ...


Gelar Forum OPD, DBPR OptimalkanPembangunan Kantor Pelayanan, Gedung Sekolah dan Civic CenterMisteri Liang Sakti Batu GordangBupati Subang Terima Piagam Penghargaan Presiden RI Sebagai Pelaksana Revitalisasi Pasar Rakyat TerbKebebasan Pers Dan Penyimpangan Profesi JurnalisLantik Pengurus Forum Honorer, Bupati Sangat Serius Untuk Dukung Forum HonorerSekilas Sejarah Keturunan Op Guru Tatea BulanDialog Dengan Penerima Bansos PKH dan BPNT Di Bangka Belitung, Ini Pesan Presiden Joko Widodo