Senin, 24 September 2012 - 07:30:30 WIB
PT Pertamina Akan Gelar Diklat Bagi Guru NatunaKategori: Pendidikan - Dibaca: 331 kali

Baca Juga:PT AMT Kebal Hukum, Diminta Obyektif dan Selektif Penuhi Janji dan KewajibanDireskrimsus Polda Riau Usut Terus Damkar Tempuling Pasar Tradisional Siantan, Belum Diresmikan, 70% Kios RusakKakan Distrik Navigasi Makassar Dipolisikan

Ranai, Jaya Pos

PT Pertamina Persero berencana akan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi guru se Kabupaten Natuna. Langkah ini sebagai upaya untuk mewujudkan program Pertamina dan meningkatkan mutu kualitas guru di daerah.

Seperti yang disampaikan Koordinator SMENSR PT Pertamina Persero, Wahyu Susmito di kantor Bupati Natuna, bahwa pihaknya sejak dulu memiliki program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan dukungan dana dari laba corporasi. Kemudian, Pertamina sejak lama sudah memiliki program pemberdayaan yang didanai dengan laba perusahaan, dan program tersebut diperioritaskan bagi daerah tertinggal.

PT Pertamina, katanya, memilih program pemberdayaan masyarakat pada sektor-sektor dasar, sebab masih banyak penduduk negeri di pelosok Indonesia yang masih belum mendapatkan hak dasarnya, seperti pendidikan, kesehatan dan gerakan-gerakan ekonomi kerakyatan. Hal tersebut sangat tergantung pada kebutuhan masyarakat di daerah.

Adapun sasaran dari program ini, kata Wahyu, adalah daerah yang dikenal sebagai daerah tertinggal baik tertinggal dari dalam maupun luar. “Sementara daerah yang jadi sasaran program kami ini adalah daerah yang dikenal dengan 3T, yakni daerah tertinggal, terdalam dan terluar,” kata Wahyu di kantor bupati.

Untuk Kabupaten Natuna, Kata Wahyu, Pertamina memilih pemberdayaan di bidang pendidikan. Karena itu, ia menggandeng Universitas Negeri Malang dalam menjalankan program pemberdayaan pendidikan tersebut. “Kalau untuk Kabupaten Natuna kami memilih program pendidikan. Ini bukan kami sendiri yang melakukannya namun dibantu oleh pihak Universitas Negeri Malang,” katanya.

Pelatihan bagi para guru sekolah se Kabupaten Natuna secara simbolik akan dilaksanakan selama delapan hari.
Bupati Natuna, Drs H Ilyas Sabli menyambut baik rencana program yang akan dijalankan oleh PT Pertamina Persero tesebut.

Sebab, kualitas guru di Kabupaten Natuna diakuinya masih sangat rendah. “Saya sangat senang sekali mendengar apa yang menjadi rencana pihak PT Pertamina itu, apalagi kualitas guru memang menjadi kebutuhan mendasar bagi kami di sini,” papar Ilyas di sela acara.
Ilyas mengaku, dari segi biaya Kabupaten Natuna mampu membiayai pendidikan. Meski demikian, sangat ironis karena masih menimpa sektor pendidikan di Kabupaten Natuna ini.

“Sebetulnya dengan APBD yang kami miliki, bisa menggratiskan seluruh biaya pendidikan, mulai dari uang sekolah, transportasi berikut seragam sekolah dan alat tulis, tapi saya heran kenapa Natuna yang menjadi peringkat terkahir pada UN tahun ini,” sesalnya.

Ilyas melanjutkan, itu mungkin karena tenaga pelajar yang masih kurang berkualitas, sebab mereka terabaikan, tidak mendapatkan akses yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas ilmunya sebagai seorang guru. Karena itu, Ilyas sangat berharap Pertamina bisa membantu upaya ini melalui kegiatan Diklat.Otoy


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59949)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54331)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51795)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15291)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14563)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14372)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14080)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13641)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13591)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9586)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik