Rabu, 26 September 2012 - 06:51:16 WIB
Jalur Pariwisata Tanjungbalai Port Klang Kian DiminatiKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 307 kali

Baca Juga:Kasus Judi Terkatung, Diduga Kajari Simalungun Terima SuapOknum Penyidik Polres Trenggalek Diduga Rekayasa BAPKapolda Riau Diminta Usut Pencuri Barang BuktiPT Pertamina Akan Gelar Diklat Bagi Guru Natuna

Tanjungbalai, Jaya Pos

Jalur pariwisata transportasi laut dari Pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai menuju Port Klang Malaysia dalam beberapa bulan terakhir kelihatannya kian diminati. Jalur tersebut tidak hanya dijadikan sebatas keluar masuknya tenaga kerja, tetapi para wisatawan, pelaku bisnis maupun seni budaya dan lainnya.

Meningkatnya minat me­lalui jalur Tanjungalai-Port Klang dan sebaliknya akibat mu­rahnya biaya perjalanan serta dekatnya jarak tempuh seperti ke Danau Toba maupun ke beberapa daerah hin­ter­land lainnya dibanding melalui Medan-Kuala Lumpur.

Pantauan Jaya Pos di terminal penumpang Teluk Nibung, rombongan sebanyak 17 orang tim ke­­senian Batang Ayuni Pa­dang Sidimpuan yang dipimpin H Baginda Tambangan memanfaatkan jalur pelabuhan Teluk Nibung bertolak ke Port Klang Malaysia dalam rangka kunjungan silaturrahim halal bi halal dengan Persatuan Halak Mandailing di Malaysia.

Keberangkatan rom­bongan yang sebelumnya dari Sidimpuan dilepas salah seorang asisten, seterusnya diantarkan langsung Wakil Walikota Tanjungbalai Rolel Harahap menaiki kapal feri MV Atlantic Jet star menuju negeri jiran, Malaysia.

Baginda Tambangan mengakui, kunjungan mereka ke Malaysia dalam rangka silaturrahim halal bi halal dengan Persatuan Halak Mandailing yang diperkirakan jumlahnya cukup banyak. “Keberangkatan melalui pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai diperkirakan lebih mudah serta dengan jarak yang cukup dekat,” katanya.

Rolel mengatakan, pihaknya menerima infomrasi beberapa bulan terakhir ini jalur pariwisata Tanjungbalai-Port Klang tampaknya semakin diminti. “Kenapa demikian, karena biaya atau ongkos kapal hanya berkisar sebesar Rp 3.000 ribu, disamping jarak tempuh ke berbagai daerah hinterland baik Sidimpuan, Danau Toba dan lainnya lebih dekat dibanding dengan menaiki pesat udara dari Medan - Kuala Lumpur dan sebaliknya,” sebutnya.

Pemko Tanjungbalai tentunya terus berupaya mendongkrak pertumbuhan sektor pariwisata dengan memanfaatkan jalur pelabuhan Teluk Nibung-Port Klang sebagai satu-satunya jalur alternatif dengan biaya terjangkau dan memiliki jarak tempuh cukup dekat dengan sejumlah daerah tujuan.

Terkait masalah kenyamanan dan keamaman, Pemko Tanjungbalai sebenarnya sudah membentuk tim dengan melibatkan sejumlah instansi yang bertugas disamping memberikan pelayanan keamanan juga menertibkan serta menata kondisi di sekitar pelabuhan Teluk Nibung agar terlihat nyaman dan asri. “Bahkan, untuk mengundang minat wisatan lebih banyak berkunjung ke Tanjungbalai, pada tahun 2013 mendatang akan dilakukan berbagai event festival senibudaya maupun turnamen olah raga serumpun selain even pesta kerang yang sudah menjadi agenda pariwisata di Sumatera Utara,” jelas Rolel.SBH


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59090)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50947)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14252)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (13816)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13719)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13399)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13353)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12701)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8738)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8257)
Bedah JayaposKetua NCW Lahat Dapat Surat Balasan Terkait Dugaan Korupsi di PUPR Senilai Rp24 MNCW desak KPK agar secepatnya memproses kasus dugaan korupsi senilai Rp 24 miliar yang dilaporkan melalui ...


RSI Siti Hajar Tidak Profesional Dalam Menangani PasienPolemik Pengiriman 2.493 Ton Zirkon Oleh PT Putraprima Mineral MandiriDiduga Gelapkan Dana Nasabah, PT PNM Unit Amurang Dilaporkan Ke Polda SulutMencuri Kabel Milik PT OKI Pulp and Papers Mills, Sarmadin Ditangkap PolisiMantan Camat Merapi Timur Diduga Terlibat Pembuatan Surat Tanah FiktifDrainase Desa Rimba Beringin Rusak Diduga Pembangunan Asal JadiRealisasi APBD Membengkak, Biaya Perjalanan Dinas 2017 Terindikasi Korupsi ?
Laporan KhususPenilaian Dasawisma Aster II "Optimis Raih Juara"Padang Panjang, Jaya Pos Dasawisma Aster II berhasil menjadi nominator Kelompok Dasawisma Berprestasi ...


Fachrori: Kita Berupaya Maksimal Wujudkan Program Pembangunan 30 Ribu Massa Akan Ramaikan Gelaran Generasi Muda Cinta Lalu Lintas di Provinsi JambiFachrori Rapat Bersama Mentan Bicarakan Penguatan Harga Karet dan PanganHasil Evaluasi SAKIP Pemkab Gunung Mas Raih Predikat BPerbub Baru: Gaji PTT di Gumas Diatas UMKBupati Gumas Lantik 59 Kades Terpilih Periode 2018-2024Jiwa Rela Berkorban R Joko Kaiman Perlu Diteladani