Sabtu, 16 Februari 2019 - 03:08:36 WIB
Akselerasi Pembangunan Sektor Infrastruktur Melaju Cukup PesatKategori: Jawa Barat - Dibaca: 57 kali

Baca Juga:Kejari Doloksanggul Diminta Usut Isu Korupsi Kakan TambenKPUD Kota Sukabumi Gelar LCC Sekolah Favorit Kurang ResponPDAM Tirta Sukapura Bantu Masyarakat Kekurangan AirOknum Adpel Samsat Bojonegoro Diduga Legalkan Pungli dan Percaloan

Ciamis, Jaya Pos

Rencana Pembangunan Jangka Mene­ngah Daerah (RPJMD) 2014-2019, akselerasi pembangunan sektor infrastruktur di Kabupaten Ciamis melaju cukup pesat. Bahkan capaian hasil pembangunan infrastruktur publik khususnya jalan dan jembatan telah melampaui target. Ruas jalan kabupaten yang dipandang strategis saat ini sudah dalam kondisi baik.

Ketersediaan sarana infrastruktur publik merupakan hal vital untuk menunjang aksebilitas dan mobilitas masyarakat. Sarana infrastruktur yang memadai akan memberikan dampak signifikan terhadap kelancaran aktifitas masyarakat di berbagai sektor kehidupan. Infrastruktur yang bagus akan menunjang terhadap akselerasi peningkatan kehidupan ekonomi, aktifitas bidang pendidikan, kesehatan dan sendi kehidupan lainnya.

Setiap tahun Pemkab Ciamis memperbaiki jalan rusak secara bertahap dan mengacu kepada skala prioritas. Jalan-jalan protokol dan jalan akses ke pedesaan saat ini mayoritas sudah dalam kondisi bagus.

Pembangunan jembatan pun dilakukan di lokasi-lokasi strategis guna memperluas dan memperlancar aksebilitas masyarakat. Tak hanya itu, pembangunan infrastruktur penunjang pertanian pun tak luput dari sasaran. Perbaikan saluran-saluran irigasi digarap pemkab untuk menyokong sektor pertanian yang menjadi sumber penghidupan mayoritas masyarakat Ciamis. Termasuk pembangunan bendungan Leuwikeris yang merupakan upaya memaksimalkan pemanfaatan debit air Sungai Citanduy untuk kepentingan sektor pertanian, sumber air baku, pariwisata dan sektor potensial lainnya.

Kabupaten Ciamis memiliki ruas jalan kabupaten sepanjang 848,296 km, jalan nasional 128,6 km, jalan provinsi 8,13 km dan jalan desa sepanjang 2703,92 km. Setiap tahun, pemkab menaruh perhatian yang cukup besar terhadap pembangunan dan perbaikan jalan tersebut.

Sampai tahun 2018, kemantapan jalan kabupaten berada di angka 70,06 persen atau sepanjang 594,33 kilometer. Kemantapan jalan adalah istilah untuk mengukur kondisi kelayakan kontruksi jalan. Jika dibandingkan kondisi kemantapan jalan pada tahun 2014 lalu, terang saja mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada tahun 2014 kemantapan jalan Kabupaten Ciamis berada di angka 57,11 persen atau sepanjang 484,6 kilometer.

“Atas kebijakan dan arahan Bupati Ciamis, setiap tahun sejak 2014 lalu, proyek pembangunan jalan dilaksanakan di berbagai wilayah. Targetnya adalah seluruh wilayah di Ciamis bisa terhubung dan bisa dilalui dengan baik,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ciamis H Kusdiana didampingi Sekretaris Dinas H Taufik Gumelar.

Dia menjelaskan, pada tahun 2019 inipun peningkatan, rehabilitasi maupun pemeliharaan jalan tetap dilaksanakan. “Sebagai sebuah kebutuhan penting bagi masyarakat, pembangunan jalan tentunya akan terus berlangsung setiap tahun. Sehingga dari ujung ke ujung wilayah Ciamis bisa dilalui dengan nyaman oleh masyarakat,” katanya.

Selain jalan, dalam lima tahun terakhir ini pemkab memberikan perhatian terhadap pembangunan jembatan. Wilayah-wilayah perbatasan yang dianggap strategis dibangun jembatan, sehingga akses warga jadi terbuka.

Sejak tahun 2014 sampai 2018, ada 55 jembatan yang tersentuh pembangunan. Jumlah itu terdiri dari 399 unit pembangunan atau penggantian jembatan dan16 unit jembatan yang direhabilitasi.

Satu yang bisa dianggap fenomenal adalah pembangunan jembatan Ciparay di Kecamatan Cidolog. Apresiasi masyarakat sangat luar biasa, karena pembangunan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Pamarican dan Kecamatan Cidolog itu sudah didambakan warga sejak puluhan tahun silam. Tak heran jika pada saat peresmian, warga yang disokong pemerintah desa setempat menggelar kenduri. Mereka menggelar pertunjukan wayang golek, rong­geng dan kegiatan hiburan lainnya selama dua hari dua malam.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59202)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51035)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (19223)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14366)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13808)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13508)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13431)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12806)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8825)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8790)
Bedah JayaposOtong Khusni : Bukan Hanya 5 Meter, 80 % Pekerjaan Drainase Harus DibongkarPandeglang, Jaya Pos Pembangunan drainase di Jalan Raya Simpang Labuan–Cibaliung tepatnya di ...


Rusun Warugunung Memiliki Hutang, DPBT Kota Surabaya Harus Bertanggung JawabGerombolan Pencuri TBS Dan Berondolan Kelapa Sawit PTPN III Aek Nabara Semakin BeringasTiga Proyek Senilai Rp 4,2 M Bermasalah, Inspektorat Ketapang Tunggu Perintah Bupati Selain Tidak Difungsikan, Bangunan Pasar Pollung Diduga Mengandung Tanah GambutJaka Marhaen SH : Keterpurukan Hukum di Mata Masyarakat Pencari KeadilanPersoalan Letak Tanah Poktan KCS dan Kebun Milik K Handoko, Seharusnya Urusan Dokumen di Desa BumbunPenyidik Polresta Bukittinggi Terkesan Tidak Profesional, Dua Kali Jaksa Tolak SPDP Tersangka
Laporan KhususLantik Pengurus Forum Honorer, Bupati Sangat Serius Untuk Dukung Forum HonorerPemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah lakukan berbagai cara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ...


Sekilas Sejarah Keturunan Op Guru Tatea BulanDialog Dengan Penerima Bansos PKH dan BPNT Di Bangka Belitung, Ini Pesan Presiden Joko WidodoDisdukcapil PALI Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Tingkatkan Kualitas Pelayanan AdmindukBupati PALI Resmikan Fungsi Gedung SD10 KIM Bangka Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Tingkat ProvinsiKejari Kabupaten Bandung Tingkatkan Pelayanan Dan Siap Menuju WBK Dan WBBMBupati Labusel Buka Acara Sosialisasi E-Perizinan