Sabtu, 16 Februari 2019 - 03:21:45 WIB
Mandor Kontraktor Kebun PTPN 3 Aek Nabara Ketangkap Mencuri TBS Kelapa SawitKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 94 kali

Baca Juga:Kejari Doloksanggul Diminta Usut Isu Korupsi Kakan TambenKPUD Kota Sukabumi Gelar LCC Sekolah Favorit Kurang ResponPDAM Tirta Sukapura Bantu Masyarakat Kekurangan AirOknum Adpel Samsat Bojonegoro Diduga Legalkan Pungli dan Percaloan

Labuhanbatu,  Jaya Pos

Mandor kontraktor Kebun Aek Nabara Utara (Kanau) Erwansyah Jana (51) ketangkap Papam dan Satpam, melakukan pencurian Tandan Buah Segar (TBS)  kelapa sawit di Kebun Aek  Nabara Selatan (Kanas) pada. Kamis (7/2/2019). Papam Kebuan Aek Nabara Selatan PTPN III Rasiono menyampaikan (7/2/2019), “ Kami bersama tim sudah lama mengincar pelaku ini tetapi pada saat kami bergerak kelokasi kebun, pelaku ini selalu berhasil lolos seakan - akan sudah tahu gerak gerik kami” kata Rusiono.

Rusiono menambahkan bahwa tim pengamanan kebun membuat strategi baru  dengan memasang informan di lapangan,”Dan begitu ada informasi sekira pukul 12.00 siang kami langsung menuju ke areal,  kami menemukan Erwansyah Jana yang memakai seragam karyawan PTPN III yang berwarna biru tua sehingga kami hampir terkecoh, tetapi melihat gelagatnya yang sangat mencurigakan kami pun langsung menagkap pelaku, dan menanyakan dari mana dia dapat baju karyawan tersebut,” ujarnya. 

“Pelaku mengaku mendapakan baju karyawan dari karyawan yang telah pensiun dari PTPN III, dan selanjutnya kami menemukan tumpukan TBS Kelapa Sawit yang telah diturunkan oleh pelaku,  sehingga pelaku kami bawa ke Kantor Kanas beserta barang bukti TBS Kelapa Sawit 10 tandan,  satu unit sepeda motor jenis Honda Supra tanpa nomor polisi,  satu unit parang dan satu unit tangga,” jelasnya.

Pada saat dilakukan introgasi pelaku Erwansyah Jana mengaku telah  4 kali mencuri sawit di areal Kebun Aek Nabara Selatan dan pelaku menjual hasil curiannya ke Sutik di Dusun Bulu Cina Desa Sidorejo, Kecamatan Rantau Selatan dan pelaku mengaku bekerja sebagai mandor pemborong di afdeling  3 anggota Ponirin Kebun Aek Nabara Utara PTPN III. 

Saat ditemui wartawan pelaku Erwansyah Jana menyampaikan,”Saya bekerja sebagai mandor kontraktor di Afdeling 3 Kanas,  saya anggota Ponirin dan sudah emapat kali saya mencuri Buah Kelapa Sawit di Kebuan Kanas dan buahnya saya jual kepada Sutik di Bulu Cina” jelas Erwansyah Jana. 
Anggota RSPO Kandir, Hermanto sempat terbawa emosi akibat kejadian tersebut dan menyampaikan kepada wartawan “ Diblack list aja itu CV atau PT pemborongnya “tegas Hermanto. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku beserta barang bukti diserahkan ke Mapolsek Bilah Hulu untuk proses hukum selanjutnya. 

Saat dikonfimasi Kapolsek Bilah Hulu AKP Buntu Sihombing membenarkan adanya penyerahan pelaku pencurian sawit di areal Kebun PTPN3 Aek Nabara Selatan ke Polsek  Bilah Hulu beserta alat bukti. “Ya benar keamanan kebun PTPN3 Selatan melalui Danton Satpam Kanas ada menyerahkan pelaku pencurian sawit ke Polsek Bilah Hulu dan telah kami terima dan sedang kami proses hukum,” jelas Kapolsek Bilah Hulu.

Ketua LSM Penjara Bilah Hulu (Pemantau Kinerja Aparatur Negara) Van Hoten Sitorus menyampikan, “Seharusnya para pekerja baik karyawan Kebun PTPN3  atau pun karyawan pemborong/kontraktor di PTPN3 dapat sebagai contoh untuk menjaga aset perusahaan bukannya malah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan apalagi melakukan pencurian TBS Kelapa Sawit di kebun PTPN3 sendiri,” ujarnya.

“Itu sama saja merusak dirinya sendiri tempat dia mencari nafkah buat keluarga,apalagi pelaku tersebut tinggal di perumahan PTPN3 Aek-Nabara Utara, saya berharap agar pihak PTPN 3 dapat memberikan sanksi tegas kepada pemborong/kontraktor yang mempekerjakan orang seperti itu.tegas ,” VanHoten Sitorus. (Vanhoten)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59364)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51240)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (32887)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14714)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14005)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13841)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13597)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13009)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9891)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9017)
Bedah JayaposWarga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikTidak hanya soal air bersih saja yang menjadikan penyebab kesulitan di Huntara, lampu penerangpun bagian dari ...


Bobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR Proyek U-ditch Dukuh Menanggal III Terindikasi dicurangi Pejabat Pemeriksa, Dinas Tutup Mata?
Laporan KhususPemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixCiamis, Jaya Pos Persoalan rencana pengaspalan hotmix jalan kabupaten lintas Buniseuri-Jalatrang yang ...


Lakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018 Pemkab OKI Gelar Safari Ramadhan