Jumat, 15 Maret 2019 - 05:40:03 WIB
10 KIM Bangka Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Tingkat ProvinsiKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 105 kali

Baca Juga:Hampir 1 Tahun Kecamatan Subi Gelap GulitaForak Desak Kejati Jambi Tuntaskan Beberapa Kasus KoruspiRencana Walikota Nur Mahmudi Ismail Ditentang Ketua DPRDRapor Merah Bagi Kinerja Diskominfo Kab Anambas

Bangka Belitung, Jaya Pos

Sebanyak 10 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bangka mengikuti kegiatan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat dalam meningkatkan wawasan masyarakat melalui penguasaan teknologi dan informasi yang digelar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (6/3/2019) di Auditurium Sun Hotel Pangkalpinang.

“Sepuluh KIM tersebut, kita utus untuk hadir memenuhi undangan dari Diskominfo Provinsi Kepuluan Bangka Belitung. Di dalam undangan yang ada, meng­undang sepuluh KIM untuk hadir pada kegiatan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat dalam meningkatkan wawasan masyarakat melalui penguasaan teknologi dan informasi. Sedangkan KIM yang ada di Pemkab Bangka ini tersebar di enam kecamatan, selain Kecamatan Belinyu dan Mendobarat, artinya kalau melihat jumlah sebenarnya dari 22 KIM yang ada, hal ini tidak bisa mewakili semua dari KIM, namun karena hal ini telah dibatasi pihak Diskominfo Provinsi Babel, kita mengikuti aja,” ungkap Edwin Susanto Kasi Kemitraan dan Sumber Daya Komunikasi Bagian Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka, ketika ditemui di sela kegiatan tersebut.

Terkait KIM yang ada di Pemkab Bangka, dirinya mengatakan dari pihak pemerintah daerah terus melakukan pembinaan terhadap KIM yang ada di enam kecamatan.

“Adapun KIM yang hadir dan kita dampingi pada kegiatan pemberdayaan KIM tingkat Provinsi Babel adalah KIM Desa Deniang Kecamatan Riausilip, Desa Kimak Kecamatan Merawang, Desa Jurung Kecamatan Me­rawang, Desa Jada Bahrin Kecamatan Merawang, Desa Sinarjaya Jelutung Kecamatan Sungailiat, Desa Saing Kecamatan Puding Besar, Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam, Desa Kotawaringin Kecamatan Puding Besar, dan 2 KIM lainnya,” jelasnya

Sementara itu, perwakilan pengurus KIM Desa Deniang Kecamatan Riausilip, Puji Karyono (43) yang akrab dipanggil Syeh Puji ini ketika ditemui disela kegiatan mengatakan, akan membawa segala pengetahuan dan materi yang didapatkannya dari kegiatan tersebut untuk dibagikan kepada pengurus KIM lain di desanya.

“Hasil dari kegiatan ini, akan saya bawa ke forum KIM kami di Desa Deniang. Dengan kegiatan hari ini, kami dapat meningkatkan apa yang sudah kami kerjakan selama ini,” ujar Puji.

Ditambahkannya, terkait KIM di desanya, telah terbentuk sejak tahun 2017 lalu. Dari kurun waktu tersebut KIM mereka aktif turun ke masyarakat. Dimana ketika turun ke tengah masyarakat, mereka memberikan sosiali­sasi bagaimana bermediasosial yang baik, dan hal-hal lainnya terkait tugas mereka.

“Kami turun ke masya­rakat, memberikan pemahaman terkait tentang bagaimana bersosialmedia yang baik, karena saat ini yang namanya ‘hoax’ sangat meresahkan masyarakat, hal itu akan kami tekan, menghilangkan ‘hoax’ ini,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, dalam kegiatan sosialisasi, mereka menyampaikan agar masyarakat jangan mudah men-share berita-berita atau gambar-gambar yang belum jelas kebenarannya.

Di kesempatan tersebut, mereka memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana ciri-ciri berita atau gambar-gambar yang baik untuk dishare.

“ Kita juga memancing masyarakat, terutama dari kalangan muda untuk menggali informasi di tingkat masyarakat. Informasi yang ada bisa kita naikkan di KIM setelah sebelumnya kami cross-check kebenarannya baru kami masukkan ke dalam mediasosial (medsos) seperti facebook, instagram, twitter maupun melalui medsos lainnya,” tukasnya.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman, dengan peserta KIM dari 5 kabupaten/kota di Pulau Bangka. Narasumber berasal dari Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Babel dan LKBN Antara, dengan materi seputar pembuatan berita yang baik, fotografi berita dan lain-lain.(Oby)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59567)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51426)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (44038)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14911)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14186)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14014)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13754)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13213)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11115)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9192)
Bedah JayaposPengelolaan Dana Pokir Desa Bojongkeding Diduga Sarat KKNSubang, Jaya Pos Kultur perilaku korup birokrasi di negeri ini kian hari semakin kompleks dan parah. Korupsi ...


Kantor Terbengkalai Rapat Malah Digelar di Rumah KadesAnggaran Pembelian Kendaraan Roda 4 Diduga Mark Up, Kades Ciawi Berdalih Sisa Lebihnnya DisilpakanGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaKetua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan Amburadul
Laporan KhususZAF International Semakin Diminati MasyarakatDepok, Jaya Pos ZAF International merupakan lembaga pendidikan yang berkomitmen dengan pengembangan Sumber ...


Pembangunan Tanggul Banjir Blok Pulo Direspon Positif MasyarakatApri Terima Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Wapres JKBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019