Minggu, 17 Maret 2019 - 04:33:13 WIB
Dialog Kerukunan Internal Umat KristianiKategori: Riau - Dibaca: 91 kali

Baca Juga:Diduga Dianiaya, Puluhan Siswa SMKN 1 Kelautan dan Perikanan Melarikan DiriHampir 1 Tahun Kecamatan Subi Gelap GulitaForak Desak Kejati Jambi Tuntaskan Beberapa Kasus KoruspiRencana Walikota Nur Mahmudi Ismail Ditentang Ketua DPRD

Pekanbaru, Jaya Pos

Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau mengadakan Dialog Kerukunan di kalangan internal umat Kristen selama 3 hari bertempat di Hotel The Zuri – Pekanbaru, 11 s.d 13 Maret 2019.

Acara dimulai dengan ibadah bersama dan dihadiri 40 orang mewakili denominasi gereja-gereja di kabupaten/kota Provinsi Riau. Pembimas Kristen Sahat Lambok Sihombing SPAK MPd. mengatakan acara dialog ini merupakan agenda kerja dari pembimas Kristen untuk terciptanya kerukunan di tengah masyarakat yang dimulai dari iternal Kristen sendiri.

Beberapa pakar akademis turut diundang untuk memberi materi tentang kerukunan, diantaranya Dr Emrus Pakar Komunikasi Ilmu Politik Nasional dan T Rusli Ahmad Ketua PWNU Provinsi Riau.

Dr Emrus menyampaikan, komunikasi menjadi penentu kerukunan antar umat beragama, salah berkomunikasi dan salah menanggapi komunikasi bisa memecah persatuan dan kesatuan berbangsa, beredar­- n­ya hoak yang berpotensi merusak kesatuan dan persatuan bangsa.

T Rusli Ahmad mengatakan, kondisi politik sekarang ini sangat memprihatinkan, dengan mudahnya saling mengejek, memfitnah, hingga bangkitnya radikalisme yang merusak tatanan demokrasi. “Kita bekerja keras untuk menghentikan radikalisme di Bumi Lancang Kuning ini. Umat Kristen dan Nahdlatul Ulama bersama-sama menjaga kerukunan sehingga tercipta sinergi yang kuat. NU sudah membuktikan kesetiaannya kepada NKRI dan bersama pemerintah melawan radikalisme yang tidak sesuai Pancasila,” kata Rusli.

Pembimas Kristen juga mengatakan, dengan keterbatasan anggaran yang ada tidak bisa mengundang banyak peserta dialog. “Memohon maaf tidak bisa mengakomodir semua karena keterbatasan ini. Ke depan akan lebih baik lagi, pembimas akan terus menjalin komunikasi dengan umat Kristen di Prov Riau,” ujarnya.

Ketua Badan Kesatuan Gereja-Gereja Riau (BKGR) Pdt Dr Muklis Manao kepada Jaya Pos mengatakan, dengan keterbatasan anggaran seharusnya bisa mewakili aras-aras gereja dan penyelengara Kristen lainnya, komunikasi antar pemimpin yang sangat penting.

Penyelenggara kerukunan umat Kristen terdiri dari BKGR, Aras-Aras Gereja, FKUB. “Semua ini bisa kita akomodir dengan mengirim perwakilan-perwakilan,” tandasnya.(AH)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59297)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51159)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (26988)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14483)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13909)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13610)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13525)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12917)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9291)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8932)
Bedah JayaposDiduga Korupsi, Siswa Tuntut Kepsek SMAN 3 Tapung Segera DipecatPekanbaru, Jaya Pos Dalam aksi mogok belajar, siswa SMA N 3 Tapung meminta agar Aldela dipecat dari ...


Peserta Pemilu dan Tim Quick Count Kecewa, Pintu Sekretariat PPK Labuan DigembokDugaan Korupsi Anggaran Publikasi Humas Pemkab Bangka BaratDiduga Kurir Sabu Bergentayangan Di Daerah Sungai SembilanKorban Tsunami Alami Kerugian, Petinggi Balai TN Ujungkulon Terkesan Lakukan PembiaranKinerja BLP2A Kota Surabaya Layak Di Sorot Terkait Aset Kendaraan dan Kepemilikan BPKBGubernur Sulut Patut Tinjau Kinerja Kadis Kominfo Jety PuluDiduga DD Ganggaeng Tahun 2018 Tak Direalisasi, Kecamatan Picung Ambil Jurus
Laporan KhususPemkab Samosir Raih WTP Kali KeduaSamosir, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ...


Kalteng Qualiti Expo 2019: Pemkab Gumas Akan Promosi Tahura Lapak JaruBupati OKU Melaunching Angkutan Perkotaan Bus Rapid Transit Makna Nama Raja Uti Bagi Orang BatakPemkab Bina Ukhuwah Islamiyah Semangat Persatuan Menuju PALI Serasi NiaLurah Baru Menjadi Semangat Baru Bagi Kelurahan Pondok Cabe IlirSekda: Jabatan Pegawai Sesuai Kompetensi Lahirkan Pemerintahan Yang BaikPemkab Tangerang Peduli Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok Pesantren