Selasa, 19 Maret 2019 - 06:59:24 WIB
SMANTIC CUP 2019 Ajang Pencarian Bibit-Bibit Atlet BerprestasiKategori: Pendidikan - Dibaca: 45 kali

Baca Juga:Pejabat di Dinas PU Ketapang Korupsi Proyek MCKBanyak Berkas Palsu Beredar di Imigrasi BlitarDiduga Dianiaya, Puluhan Siswa SMKN 1 Kelautan dan Perikanan Melarikan DiriHampir 1 Tahun Kecamatan Subi Gelap Gulita

Kegiatan ini digelar selama 5 hari di kampus SMAN 3 Ciamis dengan me­libatkan peserta dari putra-putri jenjang SMP/MTs sederajat.

Ciamis, Jaya Pos

Semangat olahraga tidak pernah padam di tataran bumi Galuh Kabupaten Ciamis. Berbagai cabang olahraga ta­hunan terselenggara seba­gaimana mestinya, salahsatunya pada kejuaraan Cabor Bola Basket, Bola Volly dan Tenis Meja dan Parade Seni yang digelar SMAN 3 Ciamis dengan nama SMANTIC CUP 2019.

Kegiatan yang digelar selama 5 hari mulai Senin-Sabtu (5-9/3) digelar di kampus SMAN 3 Ciamis dengan me­libatkan peserta dari putra-putri jenjang SMP/MTs sederajat dari kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Tasikmalaya. Ajang SMANTIC CUP 2019 ini diwarnai dengan penurunan peserta yang berlaga, karena adanya jadwal kegiatan yang berbarengan di masing-masing kabupaten/kota seperti halnya kegiatan O2SN. Di 2018 yang lalu, ajang serupa sampai melibatkan 5 kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Kepala SMAN 3 Ciamis H Dede Hidayat SPd MMPd melalui Wakepsek Kesiswaan Dhani Andrian SPd kepada Jaya Pos mengungkapkan bahwa tujuan digelarnya kegiatan SMANTIC CUP 2019 dalam rangka meningkatkan prestasi dan kreatifitas siswa-siswi khususnya dalam bidang olahraga dan seni, meningkatkan sportifitas antar pelajar SMP/MTs dan sederajat di 5 kabupaten/kota se-Priangan Timur.

Menjaring siswa yang berprestasi dalam bidang olah raga dan seni, menjalin hubungan persahabatan antar pelajar SMP/MTs dan sederajat serta menunjukkan keberadaan SMAN 3 Ciamis sebagai sekolah yang memiliki segudang prestasi.

Kegiatan ini, tandas Dhani, sebagai agenda tahunan dalam menjaring siswa-siswi berprestasi di jenjang SMP/MTs sederajat untuk menimba ilmu di SMAN 3 Ciamis ketika lulus sekolah, sebagaimana diketahui sekolah ini ditunjuk oleh pemerintah menjadi sekolah olahraga.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis Drs Didi Koesnadi MSi melalui Kabid Pemuda dan Olahraga Jono berkesempatan membuka secara langsung event SMANTIC CUP 2019 dengan tema “Gali Potensi Diri Untuk Berprestasi dengan Semangat Jiwa Sportifitas”.

Pada sambutannya mengungkapkan bahwa dengan diadakannya beragam kejuaraan olahraga di Kabupaten Ciamis salah satunya yang digelar SMAN 3 Ciamis ini diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet muda berprestasi. ”Sudah tentu jika masyarakatnya gemar berolahraga dengan baik, jiwanya akan sehat sehingga akan bersatu bahu membahu membangun daerah lewat prestasi olahraga yang bisa mengharumkan bukan hanya Kabupaten Ciamis saja namun hingga tingkat provinsi bahkan nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah H Dede Hidayat SPd MMPd menjelaskan SMAN 3 Ciamis yang beralamat di Jl Bojonghuni No 87 Ciamis 46214, selain sebagai pilot project sekolah olah raga juga menyediakan lembaga pendidikan formal yang dipadukan dengan pendidikan kepesantrenan, bertujuan untuk mencetak siswa berkeahlian, berbudi luhur, akhlaqulkarimah dan mampu mencetak atlet-atlet handal yang bisa membanggakan dengan dukungan fasilitas pendidikan, ruang belajar lengkap, laboratorium komputer dengan jaringan, ruang perpustakaan, sarana ibadah/masjid, jaringan internet, sarana olahraga serta asrama pemondokan berdiri di atas lahan hampir 3,5 hektare.

Ditambahkan, SMAN 3 Ciamis satu-satunya sekolah negeri di wilayah itu yang menyelenggarakan pendidikan Boarding School System dengan pola inovatif yang didasarkan pada prinsip keterpaduan sistematik antara pengetahuan, keahlian/keterampilan dan ilmu agama. “Keterpaduan pendidikan yang berorientasi pada kecakapan, keterampilan, keahlian dan pembiasaan yang berbasis pada kekuatan akhlaqulkarimah dengan disediakan asrama pemondokan,” jelas H Dede.

Keunggulan-keunggulan bersekolah di SMAN 3 Ciamis, papar H Dede, disediakan macam-macam beasiswa diantaranya, beasiswa berprestasi dari sekolah asal (SMP/MTs), beasiswa berprestasi berkelanjutan tiap semester dan beasiswa tidak mampu dengan keterangan SKTM.

“Sejak tahun ajaran 2017/2018, sekolah ini selain menjadi tujuan program ADEM dari Papua juga menyelenggarakan pendidikan Boarding School yang saat ini baru membina 30 siswa-siswi yang ditempatkan di Asrama Pemondokan, hal ini dilatarbelakangi banyaknya siswa-siswi dari luar daerah ditambah kurangnya sarana transportasi umum menuju SMAN 3 Ciamis sehingga kedepan hasil dari pendidikan Boarding School tidak ada atlet-atlet yang ketika berprestasi menjadi jumawa begitu pula ketika gagal tidak stress,” tandasnya.(Mamay)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59297)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51159)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (26988)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14483)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13909)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13610)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13525)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12917)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9291)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8932)
Bedah JayaposDiduga Korupsi, Siswa Tuntut Kepsek SMAN 3 Tapung Segera DipecatPekanbaru, Jaya Pos Dalam aksi mogok belajar, siswa SMA N 3 Tapung meminta agar Aldela dipecat dari ...


Peserta Pemilu dan Tim Quick Count Kecewa, Pintu Sekretariat PPK Labuan DigembokDugaan Korupsi Anggaran Publikasi Humas Pemkab Bangka BaratDiduga Kurir Sabu Bergentayangan Di Daerah Sungai SembilanKorban Tsunami Alami Kerugian, Petinggi Balai TN Ujungkulon Terkesan Lakukan PembiaranKinerja BLP2A Kota Surabaya Layak Di Sorot Terkait Aset Kendaraan dan Kepemilikan BPKBGubernur Sulut Patut Tinjau Kinerja Kadis Kominfo Jety PuluDiduga DD Ganggaeng Tahun 2018 Tak Direalisasi, Kecamatan Picung Ambil Jurus
Laporan KhususPemkab Samosir Raih WTP Kali KeduaSamosir, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ...


Kalteng Qualiti Expo 2019: Pemkab Gumas Akan Promosi Tahura Lapak JaruBupati OKU Melaunching Angkutan Perkotaan Bus Rapid Transit Makna Nama Raja Uti Bagi Orang BatakPemkab Bina Ukhuwah Islamiyah Semangat Persatuan Menuju PALI Serasi NiaLurah Baru Menjadi Semangat Baru Bagi Kelurahan Pondok Cabe IlirSekda: Jabatan Pegawai Sesuai Kompetensi Lahirkan Pemerintahan Yang BaikPemkab Tangerang Peduli Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok Pesantren