Minggu, 24 Maret 2019 - 06:21:37 WIB
Binaan CSR Pertamina EP Jambi Tampilkan Mahakarya Batik Sipin Jajaran di Palembang Fashion WeekKategori: Sumatera Selatan - Dibaca: 45 kali

Baca Juga:Tidak ada bangku, Murid di Karo Belajar di LantaiDari 43 Hektar Kini Tinggal 23 Hektar, Situ Kelapa Dua Disulap Jadi PerumahanPetani Yang Mulia Memperingati Hari TaniDinas Peternakan Tolitoli Lakukan Pemerataan Kelompok Ternak Sapi

Palembang, Jaya Pos

Palembang Fashion Week merupakan gelaran fashion terbesar di Sumatera Selatan yang diikuti oleh desai­ner lokal Palembang maupun desainer nasional yang telah berkiprah di tingkat nasional hingga internasional.

Pada gelaran kali ini, terdapat sedikitnya 20 orang desainer yang menampilkan karya-karya indah hasil paduan antara kebudayaan khas Sumatera dengan gaya urban yang sedang menjadi trend saat ini.

Pertamina EP Asset 1 Jambi Field mendapatkan kesempatan langka untuk mengikuti ajang bergengsi ini. Salah satu desainer kondang Palembang, Al Divo dengan bangga menampilkan Mahakaryanya bersama binaan CSR Pertamina EP Jambi Field, Kelompok Batik Sipin Jajaran.

Batik Sipin Jajaran dikenal dengan keunggulan proses produksinya yang ramah lingkungan dengan memanfaatkanya bahan baku dari tanaman sebagai pewarna alami. Selain itu anggota kelompok juga berkreasi membuat pewarna alami dari limbah jengkol dan limbah sabut kelapa. Beberapa motif unggulan yang menjadi ciri khas Batik Sipin Jajaran, antara lain; Ikan Seluang Mudik, Ikan Bajubang, dan Buah Nam-Nam.

Pada pagelaran ini, Al Divo berhasil menyulap Batik Sipin Jajaran menjadi pakaian modis dengan trend urban (perkotaan modern). Pada umumnya, batik identik dengan motif penuh yang hanya dikenakan pada acara formal. Al Divo menyampaikan bahwa ia ingin mengubah mindset masyarakat tentang batik. Ia prihatin dengan minat anak-anak muda saat ini terhadap batik cukup rendah.

Hal ini dikarenakan arus modernisasi yang perlahan menggerus kebudayaan asli Indonesia ini. Oleh karena itu, dengan semangat untuk melestarikan Batik, Al Divo merancang khusus Batik Sipin Jajaran menjadi fashion kekinian. Karya ini berhasil menuai decak kagum diiringi tepuk tangan oleh seluruh ha­dirin Palembang Fashion Week 2019.

Jambi Legal & Relation Assistant Manager, Ari Rachmadi yang turut hadir dalam puncak acara yang dimaksud, mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah bentuk gebrakan baru dunia fashion Indonesia.

Kelompok Batik Sipin Jajaran selama ini hanya memproduksi kain batik saja, belum sampai pada tahap menjahit. Ke depannya hasil karya Al Divo akan dijadikan Role Model pengemba­ngan Batik Sipin Jajaran. “Ini merupakan wujud kontribusi Pertamina EP Asset 1 Jambi Field terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus pelestarian budaya lokal. Kami berharap Kelompok Batik Sipin Jajaran dapat terus berkembang, hingga menjadi UKM Batik Jambi yang mandiri,” tutup Ari Rachmadi.

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas utama mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung pencapaian target produksi yang telah ditetapkan. Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP juga melaksanakan kegiatan yang memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, salah satunya dengan pelestarian kesenian tradisional Batik Sipin.

Pemberdayaan kelompok kerajinan batik sipin dibina oleh PT Pertamina EP Asset 1 Jambi Field. Pada tahun 2019, kelompok binaan tersebut berhasil menjadi salah satu peserta Palembang Fashion Week. Palembang Fashion Week merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.

Pagelaran ini berlangsung Kamis-Ming­gu (7-10/03) bertempat di Atrium Mall Palembang Icon. Tema yang diangkat dalam Palembang Fashion Week 2019 kali ini adalah “Urbanation”. (Rizal/Revi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59297)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51159)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (26986)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14483)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13909)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13610)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13525)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12917)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9291)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8932)
Bedah JayaposDiduga Korupsi, Siswa Tuntut Kepsek SMAN 3 Tapung Segera DipecatPekanbaru, Jaya Pos Dalam aksi mogok belajar, siswa SMA N 3 Tapung meminta agar Aldela dipecat dari ...


Peserta Pemilu dan Tim Quick Count Kecewa, Pintu Sekretariat PPK Labuan DigembokDugaan Korupsi Anggaran Publikasi Humas Pemkab Bangka BaratDiduga Kurir Sabu Bergentayangan Di Daerah Sungai SembilanKorban Tsunami Alami Kerugian, Petinggi Balai TN Ujungkulon Terkesan Lakukan PembiaranKinerja BLP2A Kota Surabaya Layak Di Sorot Terkait Aset Kendaraan dan Kepemilikan BPKBGubernur Sulut Patut Tinjau Kinerja Kadis Kominfo Jety PuluDiduga DD Ganggaeng Tahun 2018 Tak Direalisasi, Kecamatan Picung Ambil Jurus
Laporan KhususPemkab Samosir Raih WTP Kali KeduaSamosir, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ...


Kalteng Qualiti Expo 2019: Pemkab Gumas Akan Promosi Tahura Lapak JaruBupati OKU Melaunching Angkutan Perkotaan Bus Rapid Transit Makna Nama Raja Uti Bagi Orang BatakPemkab Bina Ukhuwah Islamiyah Semangat Persatuan Menuju PALI Serasi NiaLurah Baru Menjadi Semangat Baru Bagi Kelurahan Pondok Cabe IlirSekda: Jabatan Pegawai Sesuai Kompetensi Lahirkan Pemerintahan Yang BaikPemkab Tangerang Peduli Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok Pesantren