Minggu, 24 Maret 2019 - 06:34:35 WIB
Bermasalah, Proyek Kemenhub di KKU Rp 29 M Gagal DilaksanakanKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 178 kali

Baca Juga:Tidak ada bangku, Murid di Karo Belajar di LantaiDari 43 Hektar Kini Tinggal 23 Hektar, Situ Kelapa Dua Disulap Jadi PerumahanPetani Yang Mulia Memperingati Hari TaniDinas Peternakan Tolitoli Lakukan Pemerataan Kelompok Ternak Sapi

Kendati sudah ada pemenang tender, namun kegiatan di lapangan 0% alias nihil. Menurut informasi, proyek tersebut ada permasalahan pada proses tender ke 2, sehingga proyek pengerukan alur pelayaran dan kolam Pelabuhan Sukadana tahun 2018 gagal dilaksanakan.

Ketapang, Jaya Pos

Proyek Pengerukan Alur Pelayaran dan Kolam Pelabuhan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, senilai Rp 29 miliar Tahun Anggaran 2018 gagal dilaksanakan. Pasalnya pada proses tender terindikasi terjadi unsur KKN yang melibatkan Panitia Lelang.

Indikasi KKN tersebut semakin kuat dengan temuan Jaya Pos di lapangan, yakni menghilangnya data base dokumen lelang Nomor: OK.01/VI/FSK-KERUK.TMO/ULP-KSOP.PTK-18 tanggal 22 Juni 2018 pada sistem Aplikasi SPSE di Website Kementeriaan Perhubungan, data tersebut seharusnya tetap ada pada aplikasi SPSE di LPSE Kemenhub, namun diduga keras data tersebut sengaja dihapus oleh Pokja Lelang yang merupakan user pada lelang paket proyek pengerukan alur pelayaran dan kolam Pelabuhan Sukadana TA 2018, karena bermasalah.

Pelelangan proyek pengerukan alur pelayaran dan kolam Pelabuhan Sukadana TA 2018, terjadi 2 kali tender. Tender pertama dilakukan oleh Pokja dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Pontianak. Proses tender tersebut diikuti oleh 2 peserta yang melakukan penawaran, yakni dari PT Linggarjati Perkasa dan PT Restu Mulia Cipta Mandiri.

Pada hasil akhir lelang ini, pokja menyatakan lelang tersebut gagal dengan Berita Acara Hasil Pelelangan No: BA.06/VII/FSK-KERUK.TMO/ULP-KSOP.PTK-18 tanggal 13 Juli 2018, ke 2 perusahaan tersebut dinyatakan tidak lulus kualifikasi.

Kemudian proses tender ke 2 diambil alih langsung oleh Sekretarian Jenderal Kementerian Perhubungan dengan dokumen Lelang No: 01/Sukadana/VIII/2018Tanggal: 1 Agustus 2018, proses tender ke 2 ini tetap menggunakan SPSE pada LPSE Kementerian Perhubungan.

Hasil akhir dari tender tersebut, melalui Berita Acara Hasil Pelelangan No: 11/Sukadana/VIII/2018tanggal 27 Agustus 2018, PT Restu Mulia Cipta Mandiri dinyatakan sebagai calon pemenang dengan nilai penawaran Rp 28.301.000.000 atau dengan bobot teknis 25,86 (30%).

Kendati sudah ada pemenang tender, namun hasil Pantauan Jaya Pos, kegiatan di lapangan 0% alias nihil. Informasi yang diterima Jaya Pos, menyebutkan bahwa proyek tersebut ada permasalahan pada proses tender ke 2, sehingga proyek pengerukan alur pelayaran dan kolam Pelabuhan Sukadana tahun 2018 gagal dilaksanakan. Atas permasalahan tersebut, hingga saat ini pihak pokja di Kemenhub belum dapat dikonfirmasi.(Hardi)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59540)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51403)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (42870)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14885)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13994)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13731)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13182)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10935)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9166)
Bedah JayaposPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPangkep, Jaya Pos Pekerjaan Jalan Singkai terkesan amburadul alias asal-asalan. Pekerjaan yang menggunakan ...


Pungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan RawamangDiduga Zonasi Kearipan Lokal Garut Labrak Permendikbud No 14 Tahun 2018Proses NUPTK Diwarnai PungliEmbung Pembawa MautProyek Jalan Siduk Ketapang Rp 42 Miliar Diduga Menyimpang
Laporan KhususPemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Karawang, Jaya Pos Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menyalurkan Dana Alokasi Khusus ...


Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di ManadoWabup Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019Sekda : SOPD Gumas Diharapkan Capai Target APBD 2019Ratusan Peserta ICGE dari Berbagai Negara Hadir di Kota Padang PanjangWakil Ketua I DPRD Imbau OPD Terkait Ikuti Pembahasan KUA dan PPAS TA 2020