Jumat, 29 Maret 2019 - 05:23:39 WIB
Tujuh Usulan Raperda Bupati Bangka Disetujui DPRDKategori: Kepulauan Babel - Dibaca: 79 kali

Baca Juga:Sejumlah WP Merasa Dipersulit Mengurus STNK di Samsat RancaekekPembentukan Desa Bagan Limau Bertentangan Dengan UUMayat Ngambang di Kali Ditemukan Warga Kampung Baru Koang JayaDituduh Memalsukan Surat, Redjo Fredy dan Soenarjono Terancam 6 Tahun Penjara

Bangka, Jaya Pos

Sebanyak 7 usulan Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) yang disampaikan Bupati Bangka Mulkan disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka.

Hal tersebut terungkap pada kegiatan sidang paripurna DPRD Kabupaten Bangka penyampaian Raperda, Senin (18/3/2019) di Gedung Mahligai Demokrasi.

Adapun ke tujuh raperda yang diajukan oleh Pemkab pada rapat paripurna diantaranya Raperda tentang Perlindungan Anak, Raperda tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan, Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, Raperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka, Raperda tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Nomor 4 Tahun 2011 tentang Retrubusi, Jasa Umum, Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha, dan Raperda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Bangka pada Perseroan Terbatas Penjaminan Kredit Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka memaparkan terkait gambaran umum tujuh raperda yang diusulkan. Misalnlya Raperda tentang Perlindungan Anak, merupakan bentuk upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak oleh pemerintah di Kabupaten Bangka.

Sementara Raperda tentang Pemberdayaan Dan Perlindungan Perempuan, disusun dalam rangka mengaktualisasikan potensi perempuan secara optimal untuk berperan dalam pembangunan sesuai dengan kapasitasnya.

Sementara Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, dimaksudkan untuk memberikan landasan hukum dan pedoman kepada pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan mayarakat yang berperspektif gender.

Selain itu, Raperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka, disusun mengakomodir penyelenggaraan urusan pemerintah daerah dan menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang telah dilakukan evaluasi terhadap beberapa Peraturan daerah Kabupaten Bangka yang masih berlaku namun sudah bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Menyoal Raperda tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Nomor 4 Tahun 2011 tentang Retrubusi, Jasa Umum, di dalam raperda perubahan ini, ada pengaturan dari retribusi jasa umum yang mengalami, salah satunya perubahan peraturan terkait bukti lulus uji kendaraan bermotor dari yang sebelumnya berupa buku uji berubah menjadi kartu uji.

Raperda tentang tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Nomor 5 Tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha. Adanya raperda ini dikarenakan adanya penambahan jenis pemeriksaan sampel makanan dan minuman di laboratorium kesehatan daerah Kabupaten Bangka.

Sedangkan Raperda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Bangka pada Perseroan Terbatas Penjaminan Kredit Daerah Kepulauan Bangka Belitung, disusun untuk penambahan penyertaan modal daerah kepada PT Jamkrida Babel.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian yang bertindak sebagai pimpinan siding dalam sidang paripurna tersebut mengatakan bahwa sesuai mekanisme dari tata tertib (tatib) yang ada, jumlah anggota dewan yang hadir telah memenuhi qourum untuk sidang digelar, dan terbuka untuk umum.

“Anggota dewan yang telah hadir pada sidang ini berjumlah 29 orang, sedangkan yang tidak hadir sebanyak 6 orang. Dengan demikian sesuai dengan tatib yang telah ditentukan, jumlah anggota dewan yang hadir sudah memenuhi qourum,” kata Ketua DPRD Bangka.

Pandangan umum yang disampaikan Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi Hanura, Fraksi PPP, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Persatuan Amanat Sejahtera (PAS) dalam sidang paripurna tersebut menyetujui tujuh usulan raperda yang disampaikan Bupati Bangka.

Tampak hadir pada kegiatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Akhmad Mukhsin, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Teddy Sudarsono, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Marwan Zahfri, Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Zulkarnain Idrus, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Politik dan Pemerintahan Restunemi, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Perekonomian Dawami, unsur Forkominda, dan yang lainnya.(Oby)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59472)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51339)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (38578)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14816)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14118)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13930)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13682)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13117)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10467)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9111)
Bedah JayaposDana Pokir Desa Bojonegara Diduga Dijadikan Ajang BancakanSubang, Jaya Pos Para pelaku tindak pidana korupsi bukan orang-orang susah yang butuh uang buat bayar sewa ...


Korupsi Dana Desa, Dua Oknum Kades Asal Sukabumi DihukumMasyarakat Minta Bupati Turun Tangan Selesaikan Kasus Penutupan Jalan Pengadaan Alat Timbang DAK Ketapang, Kadisperindag Diduga Lakukan Pembohongan PublikProyek Siluman: Galian C dan Klaser di Desa Treman Diduga Tidak Memiliki Izin Proyek Lapangan Sepak Bola Konvensional Pagesangan Diduga Menyimpang, Dispora Surabaya Lakukan PembMantan Plt Camat Kapuas Murung Divonis 4 Tahun Penjara, Denda 200 JutaPelebaran Jalan Lingkar Samosir Kurang Profesional
Laporan KhususBupati Sergai Gelar Halal Bihalal Bersama Ratusan Masyarakat Perbaungan dan Pantai CerminSergei, Jaya Pos Bupati Sergai, H Soekirman gelar halal bihalal bersama Camat Perbaungan dan Camat Pantai ...


Meriahkan HUT Ke-235 Kota Pekanbaru, SMPN 35 Pekanbaru Gelar Lomba Permainan TradisionalSilaturahmi Masyarakat di Hamparan Perak Berjalan BaikWaasops Panglima TNI Cek Kesiapan Akhir Satgas Yonif 406/Ck Pamtas RI-PNGBupati Banyumas Nominator Penerima Satyalencana PembangunanUhum Dalam Kehidupan Masyarakat BatakFachrori Umar Sebut Danau Sipin Siap Untuk Gelaran Kejurnas DayungKorem 071/Wk Halal Bihalal Pererat Silaturahmi dan Kebersamaan