Selasa, 02 April 2019 - 05:56:49 WIB
Remaja Harus Menjadi Generasi BerencanaKategori: Jawa Tengah - Dibaca: 214 kali

Baca Juga:Pengerjaan Jalan Susukan - Sukarame DipertanyakanPencuri Motor Babak Belur Dihajar MassaProyek Betonisasi Membahayakan Pengguna JalanSejumlah WP Merasa Dipersulit Mengurus STNK di Samsat Rancaekek

Banyumas, Jaya Pos

Remaja adalah harapan semua bangsa, negara-negara yang memiliki remaja yang kuat serta memiliki kecerdasan sprititual, intelektual serta emosional yang kuat menjadikan bangsa tersebut kelak akan kuat pula.

Perkembangan dunia yang kian mengglobal, menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya.

Hal tersebut disampaikan Muhammad Hanafi Anggota DPR RI Komisi IX saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2019, Rabu (27/3) di Aula SMA Negeri Sokaraja yang digelar oleh BKKBN Perwakilan Jawa Tengah. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 250 remaja dan beberapa pembina Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

“Tiga puluh tahun yang lalu, bangsa sekitar kita pada sekolah di Indonesia, tenaga ahli Indonesia dibutuhkan di beberapa negara seperti Malaysia, Thailand dan sebagai­nya, bahkan remaja mereka banyak yang sekolah di Indonesia. Saat ini kita berbanding terbalik,” kata Hanafi.

Untuk itu ia mengajak remaja Indonesia harus sadar dan bangkit, bahwa negara lain terus mengejar ketertinggalan, sementara kita hanya berjalan di tempat, bahkan banyak generasi muda yang salah dalam pergaulan.

“Untuk itu saya mengajak kalian menjadi generasi berencana, harus belajar memahami dan mempraktikkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi emas,” lanjut Hanafi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas Taefur Arofat mengatakan, remaja adalah calon pemimpin masa depan apabila dipersiapkan. Namun apabila tidak, mereka akan menjadi penonton di negaranya sendiri.

Remaja Indonesia mulai saat ini harus menjadi generasi berencana. Mulai dari pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga.

Untuk itu Taefur meminta semua lulusan SMA Negeri Sokaraja harus melanjutkan kuliah karena di Purwokerto gudangnya sekolah tinggi. Salah satu cara adalah menunda usia perkawinan minimal 21 tahun untuk perempuan dan minimal 25 tahun untuk laki-laki. Ini bertujuan agar mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana.

“Untuk menjadi generasi berencana harus mempunyai 6 keterampilan yaitu keterampilan fisik, mental, spritual, emosional, kejuruan dan keterampilan menghadapi tantangan,” kata Taefur.

Taefur menambahkan, masalah remaja yang timbul biasanya berkaitan dengan masalah seksualitas (hamil di luar nikah, aborsi), AIDS, penyalahgunaan napza dan sebagainya. Remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri.

“Menjalani kehidupan remaja yang jauh dari perilaku seks bebas, pernikahan dini dan ketergantungan pada obat-obatan terlarang serta menjauhkan diri dari bahaya AIDS tentu membutuhkan perhatian kita semua. Untuk itu saya meminta kepada kepala sekolah, para guru, orang tua dan masyarakat lingkungan untuk bersama melakukan pendampingan,” jelasnya.

Kepala SMAN Sokaraja Edi Prasetyo menyambut baik adanya sosialisasi dan pembentukan PIK R di sekolahnya. Menurutnya, di era sekarang perlu dan penting ada PIK R, karena permasalahan mereka semakin komplek baik permasalahan pribadi, keluarga maupun yang akan melakukan konseling diantara para remaja dan dicari jalan keluar.

Terkait dengan sosialisasi pembangunan keluarga, sudah sewajarnya remaja bisa merencanakan hidupnya dimasa depan, dengan perencanaan itu mereka akan dapat membentuk keluarga yang bahagia dan sejahtera.(Jhon/Nas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59701)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52466)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51553)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15043)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14310)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14134)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13852)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13359)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12433)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9334)
Bedah JayaposPembangunan Infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya Disinyalir Ada KongkalikongDharmasraya, Jaya Pos Pembangunan yang sudah selesai maupun yang tengah berjalan di Kabupaten Dharmasraya ...


Eksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RAB
Laporan KhususBupati H Ade Sugianto Melantik Direktur Operasional Pd BPR Artha Galunggung Kabupaten TasikmalayaTasikmalaya, Jaya Pos Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S. IP melantik Direktur Operasional PD Bank ...


Pemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKetua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik