Selasa, 02 April 2019 - 06:15:57 WIB
Bahas RKPD 2020 Pemkab Gumas Gelar Forum Gabungan Perangkat DaerahKategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 155 kali

Baca Juga:Pengerjaan Jalan Susukan - Sukarame DipertanyakanPencuri Motor Babak Belur Dihajar MassaProyek Betonisasi Membahayakan Pengguna JalanSejumlah WP Merasa Dipersulit Mengurus STNK di Samsat Rancaekek

Kuala Kurun, Jaya Pos

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) menggelar kegiatan Forum Gabungan Perangkat Daerah di Aula BP3D setempat, Rabu (27/3/19).

Acara ini dilakukan dalam rangka menampung dan menjaring aspirasi masyarakat dan dunia usaha, pemangku kepentingan baik langsung maupun tidak langsung, untuk mendapat manfaat atau dampak dari program dan kegiatan perangkat daerah.

Hal ini dimaksudkan sebagai perwujudan pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan serta untuk menyempurnaan rencangan kebijakan penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2020.

Kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD H Gumer, Sekda Yansiterson, Kepala BP3D Salampak, sejumlah kepala perangkat daerah dan camat serta undangan lainnya tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong.

Bupati Arton S Dohong mengatakan, pada bulan Februari lalu telah dilaksanakan Musrenbang RKPD di 12 kecamatan di Kabupaten Gunung Mas. Dari hasil musrenbang tersebut, terda­pat 615 kegiatan yang akan menjadi materi pembahasan Forum Gabungan Perangkat Dae­rah, untuk dibahas anggaran dananya sesuai kegiatan.

“Disamping pendanaan yang bersumber APBD, terdapat beberapa kegiatan yang kewenangannya diluar kewenangan kabupaten, sehingga proses pengusulan dan pembahasannya akan dikoordinasikan dengan pihak provinsi maupun pusat, untuk penyelarasan prioritas dengan sumber APBD Provinsi Kaliamantan Te­ngah,” katanya.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan bahwa RKPD Tahun 2020 merupakan penjabaran dari pelaksanaan arah visi dan misi kepala daerah terpilih selama 5 tahun, sesuai yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Adapun tujuan forum tersebut adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program, kegiatan dan kelompok sasaran.“Diharapkan dalam perkembangan ke depan nantinya baik desa maupun perangkat daerah agar dapat memetakan prioritas-prioritas perencanaan sesuai kewenangan masing-masing. Sehingga output (keluaran) pada saat pembahasan di forum gabungan perangkat daerah sudah merupakan prioritas perencanaan sesuai kewenangan,” terang Bupati.

Sementara itu, Kepala BP3D Salampak menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengsinkronkan prioritas kegiatan pembangunan dengan rancangan awal, rencana kerja satuan perangkat daerah (Renja-PD) berdasarkan pagu indikatif renja PD, pagu indikatif kewilayahan dan pagu dana aspirasi DPRD.

Menetapkan proritas kegiatan yang akan dimuat dalam renja perangkat daerah tahun 2020, serta mengidentifikasi keefektifan berbagai relugasi yang berkaitan dengan fungsi perangkat daerah, terutama untuk mendukung terlaksananya renja-PD tahun 2020. (Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59927)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54179)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51773)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15267)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14539)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14350)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14062)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13611)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13465)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9564)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik