Selasa, 02 Oktober 2012 - 07:28:16 WIB
Tragis, Pohon Tumbang Timpa Gedung SDN 22 Tanjung Baru Baturaja Kategori: Pendidikan - Dibaca: 448 kali

Baca Juga:Masyarakat Minta Jalan Punggur Segera DilebarkanKantor Kepala Desa Langkan Selalu TutupPengerjaan Jalan Susukan - Sukarame DipertanyakanPencuri Motor Babak Belur Dihajar Massa

Baturaja, Jaya Pos

Suatu peristiwa tragis, gedung SDN 22 Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), tertimpa oleh pohon yang tumbang, minggu lalu.

Penyebabnya terjadi karena human error (kesalahan manusia), dimana saat melakukan penebangan terjadi kesalahan teknik (cara) dan tidak tepat sasaran sehingga mengenai gedung sekolah yang baru direnovasi.

Tragedi ini menghancurkan gedung sehingga kegiatan belajar mengajar bagi anak murid menjadi terganggu. Namun oleh pihak sekolah kegiatan belajar dialihkan sementara jamnya menjadi siang hari, padahal biasanya pagi hari.

Kepala Dinas Pendidikan Kadisdik Kab OKU, Drs H Achmad Tarmizi SE MT diwakili Sekretarisnya Suwaji SPd MM saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengemukakan, masalah musibah gedung sekolah SD 22 yang tertimpa adalah karena kelalaian manusia pada saat melakukan penebangan pohon di lokasi makam yang berdekatan dengan lokasi sekolah, beberapa minggu lalu.

Terkait hal ini, Suwaji mengakui, sampai saat ini pihaknya belum melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan instansi terkait, bagaimana tindak lanjut dan solusi terbaik untuk melakukan perbaikan. “Namun sudah dilaukan survei ke lokasi melalui Kasinya,” katanya.

Kalau masalah musibah yang dilakukan oleh masyarakat, lanjut dia, seharusnya ada yang bertanggung jawab, atau dengan menggalang dana bantuan swadaya masyarakat untuk bergotong royong meperbaikinya agar kegiatan belajar mengajar tidak sampai terhambat. “Sekiranya masyarakat berkeberatan, kami akan mengusulkan kepada Pemkab OKU untuk dianggarkan perbaikan melalui ABT kalau dana memungkinkan dan APBD tahun 2013,” kata Suwaji.

Kades Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Mutli Tanjung yang dikonfirmasi Jaya Pos di ruang kerjanya mengenai tudingan masyarakat bahwa dirinyalah yang memerintahkan untuk melakukan penebangan pohon, tidak dibantahnya. “Memang benar atas perintah saya, tetapi atas surat perintah Kepala SDN 22 beberapa tahun lalu, namun baru dilaksanakan sekarang pada saat kepala sekolah baru Adi Warni,” akunya.

Ditambhkan kades, terkait hal ini ada warga masyarakat sebagai donatur untuk membiayai penebangan pohon itu. Diungkapkan, mereka (donator) mencari orang yang berpengalaman/orang yang ahli, dengan biaya penebangan Rp 2 juta.

“Kalau masalah musibah saat penebangan pohon hingga tumbang mengakibatkan hancurnya gedung sekolah itu diluar rencana yang diharapkan. Kalau musibah ini dibebankan kepada masyarakat, itu sangat berat, sebab makan sehari-hari juga susah,” kata Tanjung membela warganya.

Diperoleh informasi, gedung sekolah yang tertimpa itu sudah ditinjau langsung oleh Ketua Komsi I DPRD Kab OKU, Yopi Sahrudin SSos bersama rombongan. Hasilnya, wakil rakyat itu berjanji akan memperjuangkan untuk memperbaiki yang rusak yang rencananya akan diusulkan/dimasukan dalam Anggaran Biaya Tambahan (ABT) kalau dana ada. “Tetapi kalau dana tidak ada akan dimasukkan pada APBD tahun 2013,” katanya.Parmin


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59700)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52464)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51552)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14310)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14133)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13851)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13359)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12415)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9331)
Bedah JayaposEksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Bukittinggi, Jaya Pos Karena merasa dirugikan, Hendra Sutoto (39) melaporkan peristiwa yang dialaminya 3 ...


Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di Tapung
Laporan KhususPemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKampar, Jaya Pos Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukaramai menjalin kerjasama dengan pegiat/praktisi pelatihan ...


Ketua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 Dilantik