Selasa, 02 Oktober 2012 - 07:28:16 WIB
Tragis, Pohon Tumbang Timpa Gedung SDN 22 Tanjung Baru Baturaja Kategori: Pendidikan - Dibaca: 401 kali

Baca Juga:Masyarakat Minta Jalan Punggur Segera DilebarkanKantor Kepala Desa Langkan Selalu TutupPengerjaan Jalan Susukan - Sukarame DipertanyakanPencuri Motor Babak Belur Dihajar Massa

Baturaja, Jaya Pos

Suatu peristiwa tragis, gedung SDN 22 Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), tertimpa oleh pohon yang tumbang, minggu lalu.

Penyebabnya terjadi karena human error (kesalahan manusia), dimana saat melakukan penebangan terjadi kesalahan teknik (cara) dan tidak tepat sasaran sehingga mengenai gedung sekolah yang baru direnovasi.

Tragedi ini menghancurkan gedung sehingga kegiatan belajar mengajar bagi anak murid menjadi terganggu. Namun oleh pihak sekolah kegiatan belajar dialihkan sementara jamnya menjadi siang hari, padahal biasanya pagi hari.

Kepala Dinas Pendidikan Kadisdik Kab OKU, Drs H Achmad Tarmizi SE MT diwakili Sekretarisnya Suwaji SPd MM saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, mengemukakan, masalah musibah gedung sekolah SD 22 yang tertimpa adalah karena kelalaian manusia pada saat melakukan penebangan pohon di lokasi makam yang berdekatan dengan lokasi sekolah, beberapa minggu lalu.

Terkait hal ini, Suwaji mengakui, sampai saat ini pihaknya belum melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan instansi terkait, bagaimana tindak lanjut dan solusi terbaik untuk melakukan perbaikan. “Namun sudah dilaukan survei ke lokasi melalui Kasinya,” katanya.

Kalau masalah musibah yang dilakukan oleh masyarakat, lanjut dia, seharusnya ada yang bertanggung jawab, atau dengan menggalang dana bantuan swadaya masyarakat untuk bergotong royong meperbaikinya agar kegiatan belajar mengajar tidak sampai terhambat. “Sekiranya masyarakat berkeberatan, kami akan mengusulkan kepada Pemkab OKU untuk dianggarkan perbaikan melalui ABT kalau dana memungkinkan dan APBD tahun 2013,” kata Suwaji.

Kades Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Mutli Tanjung yang dikonfirmasi Jaya Pos di ruang kerjanya mengenai tudingan masyarakat bahwa dirinyalah yang memerintahkan untuk melakukan penebangan pohon, tidak dibantahnya. “Memang benar atas perintah saya, tetapi atas surat perintah Kepala SDN 22 beberapa tahun lalu, namun baru dilaksanakan sekarang pada saat kepala sekolah baru Adi Warni,” akunya.

Ditambhkan kades, terkait hal ini ada warga masyarakat sebagai donatur untuk membiayai penebangan pohon itu. Diungkapkan, mereka (donator) mencari orang yang berpengalaman/orang yang ahli, dengan biaya penebangan Rp 2 juta.

“Kalau masalah musibah saat penebangan pohon hingga tumbang mengakibatkan hancurnya gedung sekolah itu diluar rencana yang diharapkan. Kalau musibah ini dibebankan kepada masyarakat, itu sangat berat, sebab makan sehari-hari juga susah,” kata Tanjung membela warganya.

Diperoleh informasi, gedung sekolah yang tertimpa itu sudah ditinjau langsung oleh Ketua Komsi I DPRD Kab OKU, Yopi Sahrudin SSos bersama rombongan. Hasilnya, wakil rakyat itu berjanji akan memperjuangkan untuk memperbaiki yang rusak yang rencananya akan diusulkan/dimasukan dalam Anggaran Biaya Tambahan (ABT) kalau dana ada. “Tetapi kalau dana tidak ada akan dimasukkan pada APBD tahun 2013,” katanya.Parmin


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59556)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51413)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43427)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14903)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14179)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14004)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13741)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13201)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11022)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9180)
Bedah JayaposGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaRiau, Jaiya Pos Terkait tuduhan dan fitnah yang tersebar di berbagai media yang menyebutkan bahwa Mindo ...


Ketua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan Rawamang
Laporan KhususBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Kayuagung, Jaya Pos Posisi stategis Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, yang ...


Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di Manado