Sabtu, 13 April 2019 - 07:12:57 WIB
Danlanal Babel Turut Salurkan Bantuan Peduli Bayi M DirgaKategori: Kepulauan Babel - Dibaca: 165 kali

Baca Juga:Security Mogok Kerja, Conoco Philips Bebas PengamananJR Kepri Pembina Upacara Hari Jadi Provinsi Kepri di SMPN 20 BatamSoal Tender Proyek Kadis PUTR Pangkep BungkamPemkab Natuna Masih Kekurangan Pegawai

Bangka Belitung, Jaya Pos

Sebagai wujud kepedulian terhadap bayi dari kalangan warga tak mampu yang terlahir dalam kondisi cacat, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) turut memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Penyerahan bantuan Danlanal Babel, Letkol Laut (P) Muhammad Taufik dilakukan secara simbolis oleh Kapten Laut (S) Yordan selaku Penerangan TNI AL Babel di Pos TNI Pangkalba­lam, Kamis (11/4).

“Danlanal Babel sedang ada kegiatan di Belitung. Beliau titip salam buat keluarga bayi dan semoga kuat menjalani cobaan. Untuk meringankan beban kami titipkan bantuan semoga dapat dipergunakan sebaiknya,” ujar Kapten Yordan.

Selain itu, bantuan dari pejabat di lingkungan Kota Pangkalpinang juga mulai mengalir untuk bayi yang diberi nama Muhammad Dirga (M Dirga) ini.

Sejumlah bantuan mulai dari pejabat di lingkungan Kejari Pangkalpinang yang dikoordinir Kasi Pidum Erwin SH MH, Kodim 0413 dari Dandim yang diserahkan langsung oleh Kasdim Mayor (Inf) Sahudi kepada Koordinator Penggalang Dana terdiri dari Roby wartawan Jaya Pos, Romli dari Forumkeadilanbabel.com, dan Doni dari Radar Babel.

“Bantuan dari para dermawan ini besok rencananya akan langsung kita salurkan ke keluarga bayi di Muntok,” ujar Romli didampingi rekan-rekannya.
Bantuan juga mengalir dari Dinas PUPR Provinsi Perkim Babel, Sekwan Babel dan Dinas Pertanian Babel.

Terpisah, Bupati Bangka Barat Markus SH saat dikonfirmasi terkait berita kelahiran bayi cacat tersebut, spontan menanggapi dan segera membuat jadwal untuk membesuk. “Besok kita kesana, kelak ku kabarin,” ujar Markus melalui pesan WA.

Seperti diberitakan, bayi mungil berjenis kelamin laki-laki lahir di Muntok meng­alami cacat permanen di bagian wajah dan kepala. Buah hati kelima, pasangan Supeni (52) – Nunung Suhartini (43) diberi nama Muhammad Dirga ini lahir di RSUD Sejiran Setason Bangka Barat, Sabtu (6/4) setelah mendapat rujukan dari Puskesmas Muntok.

Saat terlahir, kondisi fisik bayi terlihat tak normal. Kendati memiliki mata namun sepintas tak begitu jelas, sementara kepala dan jidat bayi membesar bagaikan balon yang memang tak lazim. Namun organ lain seperti bagian leher ke bawah terlihat normal. 

“Untung tak dapat diraih, malang tak dapat dihindari.” Pepatah ini seolah menggambarkan suasana hati yang masih dirundung duka dari keluarga bayi yang beralamat di Kampung Penggalang (samping masjid) Dusun Tanjung Ular Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, bayi malang ini masih mendapat perawatan intensif dalam tabung inkubator ruang anak RSUD Sejiran Setason Bangka Barat.  Ayah bayi, Supeni saat menunggu buah hatinya yang malang ini mengungkapkan, begitu diberitahu dokter kondisi bayi yang terlahir, istrinya kelihatan syok, Rabu (10/4). 

“Hanya beberapa malam di rumah sakit istri saya suruh dirawat di rumah. Kasihan kalau disuruh melihat kondisi bayinya walaupun sudah diberitahu,” ujar Supeni yang kemudian diminta menandatangani surat perjanjian oleh pihak rumah sakit.

Diceritakannya, saat usia kehamilan gejala tak normal ini sudah dirasa istrinya sampai kemudian melahirkan. “Pada saat hamil memang kondisi istri berat, tidur ke kiri sakit, ke kanan sakit. Di puskesmas waktu mau melahirkan dari pagi sampai sore tidak ada perubahan, akhir­nya langsung dibawa ke rumah sakit,” ujar buruh serabutan ini terdaftar sebagai warga tak mampu sembari menutup ke­sedihannya.

“Untuk berobat memang biaya saya tidak ada, tapi saya akan berusaha maksimal karena bagaimanapun ini anak kami,” ujarnya tertunduk.

Terkait kondisi bayi ini, dokter yang bertugas jaga yakni dr Veni saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya tidak bisa berkomentar ter­hadap kelainan yang diderita bayi karena kewenangannya hanya sekedar jaga.(Oby)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59629)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51482)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48826)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14065)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13291)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11775)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9257)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019