Minggu, 14 April 2019 - 07:52:18 WIB
Pemkab Gumas Gelar Kick Off Meeting KLHS RPJMDKategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 156 kali

Baca Juga: Jon Enardi Kembalikan Formulir PendaftaranSecurity Mogok Kerja, Conoco Philips Bebas PengamananJR Kepri Pembina Upacara Hari Jadi Provinsi Kepri di SMPN 20 BatamSoal Tender Proyek Kadis PUTR Pangkep Bungkam

Kuala Kurun, Jaya Pos

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Lingkungan Hidup mengadakan rapat pertama (Kick Off Meeting) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gunung Mas, di aula rapat lantai I kantor bupati setempat, Rabu (10/4).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Rony Karlos, serta dihadiri Ketua DPRD Kab Gumas H Gumer, Wakil Bupati terpilih Eprensia LP Umbing, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gumas.

Wabup Gumas Rony Karlos mengatakan, penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab Gumas yang dilaksanakan melalui kegiatan Kick Off Meting, merupakan internalisasi kepentingan lingkungan hidup dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan RPJMD Kabupaten Gunung Mas. Dan merupakan tahapan yang penting bagi Bupati dan Wakil Bupati Gumas terpilih 2019-2024.

“Artinya Kabupaten Gumas diuntungkan. Karena dengan adanya perubahan PP 2018 pada Agustus tahun lalu, daerah yang sudah melakukan pelantikan kepala daerahnya, mereka kelabakan menyusunnya,” ucapnya.

Karena menurut Rony Karlos, pembangunan di daerah termasuk Kabupaten Gumas, selain meningkatkan ekonomi juga mengakibatkan kemorosotan kualitas lingkungan hidup dan persoalan-persoalan sosial di masyarakat.

Oleh karena itu, upaya kepentingan lingkungan hidup dan prisip-prinsip pembangunan berkelanjutan 3 pilar: sosial, ekonomi dan lingkungan sangat penting dilakukan dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Dengan hadirnya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) ini, yaitu mengakomodir tiga hal aktif memberikan informasi data yang diperlukan, komitmen untuk aktif dalam kegiatan pokja, konsisten dalam pendampingan tim pokja dalam menyelesaikan proses KLHS RPJMD, minimal drafnya kita terima satu bulan kedepan ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gumas Kalvin A Sahay mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tahap awal dari seluruh kegiatan penyusunan KLHS. Dimana seluruh kegiatan KLHS dibiayai dari dana yang bersumber dari DPA SOPD Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gumas.

“Pada kegiatan KLHS ini, kita mencoba menginpentarisir seluruh kegiatan dan peran aktif seluruh kepala perangkat daerah, karena dari sinilah berangkatnya nanti peran aktif kepala SOPD dalam memberikan data, sehingga data yang diberikan akan diintegrasikan di dalam penyusunan KLHS dan RPJMD. Tanpa data yang akurat dan kongkrit mungkin akan terlewatkan kegiatan masing-masing SOPD, “ terangnya.

Selain itu, Kalvin A Sahay mengatakan, kegiatan tersebut juga didampingi oleh para ahli, seperti Dr Asep Sofyan MT (ITB Bandung), Lukas SPi MSi (UPR), Dr Ir Yusurum Jagau MSi (UPR), Ir Wawan N MT Dinas PUPR Prov Kalimantan Tengah, Fatkhurohman (Koordinator Lanskap Katingan Kahayan USID Lestari), Hendrik Segah Ph (GGGI), M Taswin Munier (GGGI), dan pimpinan Borneo Natuira Foundation (BNF). (Mandau/Kominfosp)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59645)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51491)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49331)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14977)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14074)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13804)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13301)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11848)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9274)
Bedah JayaposPunya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorSumber, Jaya Pos Seakan tak pernah jera, sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon diduga ...


Pengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka Baru
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres