Senin, 15 April 2019 - 06:18:16 WIB
Tanah Datar Raih Terbaik I PPD Tiga Tahun Berturut-TurutKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 75 kali

Baca Juga:Kinerja Ketua UPK Kecamatan Panimbang Dipertanyakan Jon Enardi Kembalikan Formulir PendaftaranSecurity Mogok Kerja, Conoco Philips Bebas PengamananJR Kepri Pembina Upacara Hari Jadi Provinsi Kepri di SMPN 20 Batam

Tanah Datar, Jaya Pos

Penghargaan prestisius bidang perencanaan pembangunan diserahkan langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, saat pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (9/4) lalu.

Penyerahan ini juga disaksikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Anggota DPR RI Komisi XI Refrizal, Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas Pungky Sunadi dan Dirjen Bina Bangda Kemendagri Muhammad Hudori.

Bupati Irdinansyah dalam kesempatan itu menyampaikan ungkapan syukur atas prestasi yang kembali diraih untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. “Bersyukur kita kepada Allah SWT, Tanah Datar terpilih kembali menjadi yang terbaik kategori kabupaten dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Sumbar,” ungkap Irdinansyah.

“Ini hal yang membanggakan bagi masyarakat Tanah Datar, kita juga berhak mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Alhamdulillah Tanah Datar juga sudah dinilai secara langsung oleh tim pusat beberapa waktu lalu, dilakukan verifikasi ke lapangan karena Tanah Datar masuk 10 besar nasional dan capaian ini lebih baik dibanding tahun lalu masuk 15 besar tingkat nasional. Do’akan Tanah Datar bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional, salah satu bonusnya dana insentif daerah juga akan bertambah,” ungkap Irdinansyah yang didampingi Sekretaris Baperlitbang Darfizal, Kabid Litbangren Masni Yuletri dan staf lainnya.

Dijelaskan, penghargaan ini merupakan kerja keras Baperlitbang dengan seluruh jajarannya yang didukung seluruh OPD sehingga bisa selesai tepat waktu.

Bupati Irdinansyah juga mengatakan bahwa Tanah Datar tidak hanya mementingkan perencanaan tetapi juga pelaksa­naannya. “Alhamdulillah, Ta­nah Datar tidak hanya terbaik dalam perencanaan tetapi saat ini juga terbaik dalam pelaksanaan di tingkat Sumatera Barat. Hal ini bisa dibuktikan terbaik di Sumatera Barat untuk Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yang dituangkan dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016 mendapat prediket Sangat Tinggi (ST) dari Kementerian Dalam Negeri,” terang bupati.

“Perencanaan pembangunan yang kita lakukan diikuti dengan realisasi pembangunan yang baik, indikator makro membaik di antaranya terjadi penurunan angka kemiskinan, mengurangi ketimpangan ekonomi, pertumbuhan ekonomi serta adanya perbaikan layanan pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan dan pembinaan kehidupan beragama,” sebut Irdinansyah.

Di kesempatan itu, Irdinansyah sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh OPD, Camat dan Walinagari yang telah mendukung proses perencanaan pembangunan yang dimulai dari bawah dan realisasi pembangunan atas perencanaan yang telah dibuat dan dukungan serta kerjasama yang baik dengan DPRD Tanah Datar dan Forkompinda.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Tanah Datar, Darfizal mengungkapkan penghargaan PPD tahun 2019 yang diterima ini atas penilaian penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan capaian hasil pembangunan tahun sebelumnya dimana proses penyusunan RKPD tersebut meliputi bottom up, top down, partisipatif, teknokratik dan politis. Kemudian juga menggunakan prinsip tematik, holistik, integratik dan spasial.

Dijelaskan Darfizal lebih lanjut, proporsi penilaian terdiri atas penilaian dokumen perencanaan 40% dan presentasi di depan tim penguji 60%. Adapun dokumen yang dinilai adalah capaian dan evaluasi 30% kemudian kedalaman, keterkaitan, keterukuran dan inovasi daerah. Sedangkan presentasi meliputi penguasaan, kemampuan menyajikan, pembuktian dan power pointnya.

“Kita kembali membawa nama Sumatera Barat di tingkat nasional, dan sudah berhasil masuk 10 besar, pemuncaknya direncanakan akan diumumkan pada Musrenbang Nasional pada 6 Mei 2019 mendatang,” jelas Darfizal.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Pra­yitno menyampaikan selamat kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah berhasil menjadi terbaik dalam bidang perencanaan.

“Pemberian penghargaan ini untuk memotivasi para perencana di daerah-daerah berbuat yang terbaik sehingga perencanaan pembangunan menjadi terarah,” ungkap Irwan lagi.

Ditegaskan Gubernur Irwan, perencanaan merupakan hal dasar dan utama dalam meraih kesuksesan. “Perencanaan itu dasar dan utama untuk mencapai kesuksesan, tidak ada kesuksesan tanpa ada perencanaan yang baik,” tutur­nya.

Untuk pesan Gubernur lagi, para perencana tidak boleh bosan dalam bekerja, walaupun yang ditemui senantiasa hal-hal yang sama, tetapi tetap perlu kreatifitas, inovasi, koordinasi dan komunikasi yang baik.

Sementara itu kabupaten/kota lain yang menerima penghargaan PPD tingkat Sumbar tahun 2019, kategori kabupaten, untuk harapan III diraih Kabupaten Solok Selatan, harapan II diraih Kabupaten Dharmasraya, harapan I Kabupaten Pesisir Selatan, terbaik III Kabupaten Padang Pariaman dan terbaik II diraih Kabupaten Agam.

Selanjutnya kelompok kota yaitu Terbaik III Kota Padang, terbaik II Kota Solok dan terbaik I Kota Payakumbuh.(Dms)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59438)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51314)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (37286)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14789)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14089)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13906)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13662)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13095)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10264)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9088)
Bedah JayaposMantan Plt Camat Kapuas Murung Divonis 4 Tahun Penjara, Denda 200 JutaPalangka Raya, Jaya Pos Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Ti­pikor) Palangka Raya ...


Pelebaran Jalan Lingkar Samosir Kurang ProfesionalBangunan Pompanisasi Mangkrak, Dinas Pertanian Akan Melakukan Sidak LPK-SM RAKYAT SEJAHTERA Akan Turunkan Tim Investigasi Terkait PompanisasiKejati Kalteng Telisik Dugaan Korupsi Proyek Jalan Kapuas Seberang Senilai Rp 5,8 MAPBDes Kedungwonokerto Jadi Ajang Cari Untung ?Tim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudWarga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan Listrik
Laporan KhususKorem 071/Wk Halal Bihalal Pererat Silaturahmi dan KebersamaanBanyumas, Jaya Pos Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana SSos MM MHan didampingi Ketua Persit Kartika ...


Sonny Budaya Putra Jabat Sekda Padang PanjangBupati Bantaeng Pantau Proses Terminal Darah PuskesmasDPRD Sumsel Setujui LKPJ Gubernur Sumsel Tahun 2018DPRD Lahirkan Perda Inisiatif Kepemudaan dan Mengkritisi Kinerja PemkoSerahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri, Fachrori: Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Pemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutPemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang Dihotmix