Selasa, 16 April 2019 - 08:01:22 WIB
Pemkab Gumas Gelar Rakor P3MD 2019Kategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 118 kali

Baca Juga:Dinas Kelautan & Perikanan Ajukan Dana Pengerukan ke PusatKinerja Ketua UPK Kecamatan Panimbang Dipertanyakan Jon Enardi Kembalikan Formulir PendaftaranSecurity Mogok Kerja, Conoco Philips Bebas Pengamanan

Kuala Kurun, Jaya Pos

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar rapat koordinasi (rakor) program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) tahun 2019, di Aula Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP3D) setempat, Selasa (9/4).

Kegiatan tersebut dihadiri 70 orang peserta, terdiri dari Camat dan Tenaga Ahli P3MD, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. serta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga BP3D.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Mas Yansiterson saat membuka rapat tersebut mengatakan, rakor sangat strategis bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas), karena tujuannya adalah untuk merumus dan menyamakan persepsi serta pemahaman dalam hal pembinaan fasilitasi pada pemerintah desa.

Dikatakannya, tahun ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan prevelensi stunting yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Situasi ini jika tidak diatasi, dapat mempengaruhi kinerja pembangunan Indonesia baik yang menyangkut pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan ketimpangan.

”Melalui kegiatan rakor ini, diharapkan adanya sinergi langkah dari masing-masing pihak, untuk mengadvokasi upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Gunung Mas, melalui penguatan program, yang mana secara langsung akan menginter­vesi secara sensitif, penurunan stunting di Kabupaten Gunung Mas,” ucapnya.

Hal itu menurutnya, akhir-akhir ini jelas terlihat dengan semakin meningkatnya sikap-sikap individualisme ketidakpedulian antara sesama, serta menggerus semangat-semangat kegotongroyongan di masyarakat. Serta perlu segera diantisipasi, dengan memperkuat komitmen bersama, untuk terus menumbuh­kan semangat peduli terhadap se­sama.

”Melalui rakor ini, agar dimaksimalkan upaya untuk me­lakukan analisis dan evaluasi program, perumusan program si­nergitas antara SOPD terkait, yang mana pada akhirnya akan menghasilkan dan menyepakati hal-hal penting,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kab Gunung Mas Yulius Agau, dalam laporannya mengatakan, tujuan dari rakor P3MD tahun 2019 yakni, untuk melakukan evaluasi pendampingan desa terkait kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan program pembangunan dan pemberdayaan masyaraka, merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan kegiatan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain itu, juga menyampaikan tentang program inovasi desa dan Indeks Desa Membangun (IDM), pengendaliaan dan konsolidasi rencana kerja tindak lanjut.(Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59565)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51425)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43936)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14910)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14184)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14013)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13751)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13212)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11106)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9192)
Bedah JayaposPengelolaan Dana Pokir Desa Bojongkeding Diduga Sarat KKNSubang, Jaya Pos Kultur perilaku korup birokrasi di negeri ini kian hari semakin kompleks dan parah. Korupsi ...


Kantor Terbengkalai Rapat Malah Digelar di Rumah KadesAnggaran Pembelian Kendaraan Roda 4 Diduga Mark Up, Kades Ciawi Berdalih Sisa Lebihnnya DisilpakanGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaKetua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan Amburadul
Laporan KhususZAF International Semakin Diminati MasyarakatDepok, Jaya Pos ZAF International merupakan lembaga pendidikan yang berkomitmen dengan pengembangan Sumber ...


Pembangunan Tanggul Banjir Blok Pulo Direspon Positif MasyarakatApri Terima Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Wapres JKBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019