Kamis, 18 April 2019 - 08:16:45 WIB
Bangun Mapolres, Pemkab OKI Sediakan Lahan 2,9 HaKategori: Sumatera Selatan - Dibaca: 79 kali

Baca Juga:Bantaeng Juara 1 Lomba Kelompok Peternak Tingkat ProvinsiDinas Kelautan & Perikanan Ajukan Dana Pengerukan ke PusatKinerja Ketua UPK Kecamatan Panimbang Dipertanyakan Jon Enardi Kembalikan Formulir Pendaftaran

Pembangunan Mapolres OKI ini sudah mendesak mengingat gedung lama yang saat ini ditempati dinilai sudah tidak layak dan over kapasitas.

Kayuagung, Jaya Pos

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan lahan 2,9 hektare (ha), yang direncanakan untuk pembangunan gedung baru Mapolres OKI.

Lahan tersebut terletak di Jl Raya Lintas Sumatera Kelurahan Jua-Jua Kayuagung, tidak jauh dari Komp­lek Perkantoran Segitiga Emas Kayuagung.
Pembangunan Mapolres OKI ini dipandang mendesak mengingat gedung lama yang saat ini ditempati Polres OKI dinilai sudah tidak layak dan over kapasitas sehingga menyulitkan dalam pelayanan personil dan masyarakat.

Asisten I Setda OKI H Antonius Leonardo MSi yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Penyiapan Lahan untuk kebutuhan pembangunan Mapolres OKI mengatakan, dengan lokasi yang berada di jalan lintas, akan lebih memaksimalkan bentuk pengamanan dan penjagaan serta pelayanan masyarakat oleh kepolisian.

“Alhamdulilah, proses negosiasi dengan pemilik lahan sudah kita lakukan, pemilik lahan juga bersedia dengan harga yang ditaksir oleh KJPP,” kata Anton pada rapat negosiasi pembebasan lahan Mapolres OKI di kantor Bupati OKI, Rabu, (10/4).

Anton mengungkapkan, peran pemda dalam pembebasan lahan ini sebagai mediator. Dalam pembebasan lahan menurutnya pihaknya patuh pada perundangan serta sudah melibatkan berbagai pihak seperti TP4D, KJPP, dan Badan Pertanahan Nasional.

“Karena ini untuk kepentingan masyarakat banyak tentu kita harus cermat dengan tidak mengurangi hak-hak masyarakat selaku pemilik sah lahan,” tukasnya.

Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten OKI Pratama Suryadi mengungkapkan, pemilihan lokasi di Jalan Lintas Timur (Jalintim) sudah sesuai tata ruang dan juga disetujui Polres OKI sebagai mitra Pemda.

“Lokasi tersebut secara tata ruang sudah tepat karena berada di lokasi perkantoran dan pihak Polres juga setuju. Alhamdulilah pemilik juga sepakat dengan harga yang diajukan KJPP, artinya tidak ada lagi masalah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Kabupaten OKI H Rifin menanggapi positif upaya intensif Pemda OKI dalam mendukung kinerja dan tugas FKPD serta organisasi vertikal di wilayah ini.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Bapak Bupati terhadap tugas mitra pembangunan daerah seperti halnya hibah lahan untuk kantor Badan Pertanahan yang baru saja diresmikan, demikian dengan kantor-kantor lain. Ini semua untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” sebutnya.

Rifin juga mengapresiasi langkah kehati-hatian Pemkab OKI dalam setiap pembebasan lahan di wilayah ini. Menurut Rifin, berdasarkan perundangan untuk pengadaan lahan skala kecil (kurang dari 5 Ha) sebetulnya bisa langsung dilakukan oleh Pemda.

“Kami apresiasi pemda yang melibatkan lembaga independen seperti KJPP. Ini wujud transparansi dan kehatian-hatian kami siap mendukung,” katanya.

Kuasa Hukum Pemilik Lahan H Herman SH MH mengungkapkan, ­kliennya H Ishak Mekki sangat mendukung pembangunan Mapolres OKI apalagi mantan Bupati OKI dua periode itu menurut dia mengetahui bahwa pembebasan lahan tersebut dalam rangka kebutuhan masyarakat banyak . (Toyo)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59541)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51404)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (42929)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13994)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13732)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13185)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10949)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9167)
Bedah JayaposPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPangkep, Jaya Pos Pekerjaan Jalan Singkai terkesan amburadul alias asal-asalan. Pekerjaan yang menggunakan ...


Pungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan RawamangDiduga Zonasi Kearipan Lokal Garut Labrak Permendikbud No 14 Tahun 2018Proses NUPTK Diwarnai PungliEmbung Pembawa MautProyek Jalan Siduk Ketapang Rp 42 Miliar Diduga Menyimpang
Laporan KhususPemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Karawang, Jaya Pos Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menyalurkan Dana Alokasi Khusus ...


Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di ManadoWabup Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019Sekda : SOPD Gumas Diharapkan Capai Target APBD 2019Ratusan Peserta ICGE dari Berbagai Negara Hadir di Kota Padang PanjangWakil Ketua I DPRD Imbau OPD Terkait Ikuti Pembahasan KUA dan PPAS TA 2020