Rabu, 24 April 2019 - 07:32:48 WIB
Si Putih dari Vietnam Berjaya di SukabumiKategori: Jawa Barat - Dibaca: 81 kali

Baca Juga:Tahun Prestasi Bagi Dinas PU Binamarga dan Pengairan Kab Bandung BaratToke Karet Dirampok Rp 300 Juta RaibMenghadapi Penambang Liar, Dinas Pertambangan dan Dishub Trenggalek Diam Tak BerdayaImigrasi Sambas Berikan Pelayanan Optimal

Sukabumi, Jaya Pos

Kabupaten Sukabumi, selain memiliki kekayaan alam yang luar biasa, juga memiliki potensi pertanian yang unggul seperti halnya di Desa Langensari Kecamatan Sukaraja.

Di ketinggian 1.200 Meter Di Atas Permukaan Laut (MDPL) terdapat hamparan kebun bawang putih yang melakukan pembenihan bibit bawang putih dan menghasilkan nilai ekonomis tinggi.

Usai melaksanakan sholat Jum’at, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengunjungi tempat tersebut untuk menyaksikan panen bawang putih, Jum’at (12/4/2019).

Bupati menjelaskan bahwa demplot bawang putih dengan hasil seperti ini dimungkinkan akan dikembangkan lebih lanjut di beberapa daerah di Sukabumi.

“Ini salah satu demplot bawang putih yang berhasil, satu program penguatan pertanian yang akan didorong, sehingga masyarakat bisa terberda­yakan, apalagi nanti jalan tol beres,” terangnya.

Bupati mengapresiasi upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi karena telah berhasil membina Kelompok Tani Rahayu Satu Desa Langensari Kecamatan Sukaraja.

“Ini adalah salah satu potensi agro wisata, tinggal memanfaatkan ruangnya sehingga bukan bawang putih atau sayuran dan buah-buahan saja namun ada ruang bermain/berwisata kuliner, berolahraga (teawork),” tambanya.

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Rahayu Satu Ece Royani menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Bupati Sukabumi melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi.

“Awalnya saya pesimis, terlebih kami melakukan demplot dengan mendatangkan bibit dari Taiwan, namun hari ini saya bersyukur upaya yang kami lakukan tidak sia-sia de­ngan hasil yang luar biasa,” terangnya.

Ece mengaku, dirinya tidak kesulitan mendapatkan pasar untuk menjual hasil pertaniannya. “Sampai hari ini saja sudah banyak yang pesan sehingga untuk pasar tidak kesulitan, harga untuk benih bawang putih saat ini bisa mencapai 40-60 ribu rupiah per kilogram,” akunya.

Diketahui bahwa pemerintah pusat secara global untuk target swasembada atau ekspor bawang putih akan dilaksanakan di tahun 2021. (Suyudi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59541)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51404)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (42932)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13994)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13732)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13185)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10950)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9167)
Bedah JayaposPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPangkep, Jaya Pos Pekerjaan Jalan Singkai terkesan amburadul alias asal-asalan. Pekerjaan yang menggunakan ...


Pungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan RawamangDiduga Zonasi Kearipan Lokal Garut Labrak Permendikbud No 14 Tahun 2018Proses NUPTK Diwarnai PungliEmbung Pembawa MautProyek Jalan Siduk Ketapang Rp 42 Miliar Diduga Menyimpang
Laporan KhususPemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Karawang, Jaya Pos Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menyalurkan Dana Alokasi Khusus ...


Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di ManadoWabup Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019Sekda : SOPD Gumas Diharapkan Capai Target APBD 2019Ratusan Peserta ICGE dari Berbagai Negara Hadir di Kota Padang PanjangWakil Ketua I DPRD Imbau OPD Terkait Ikuti Pembahasan KUA dan PPAS TA 2020