Sabtu, 27 April 2019 - 07:18:03 WIB
RSUD Ciamis Siapkan Penanganan Caleg DepresiKategori: Jawa Barat - Dibaca: 115 kali

Baca Juga:Hati-Hati Penipuan Mengaku SaudaraTahun Prestasi Bagi Dinas PU Binamarga dan Pengairan Kab Bandung BaratToke Karet Dirampok Rp 300 Juta RaibMenghadapi Penambang Liar, Dinas Pertambangan dan Dishub Trenggalek Diam Tak Berdaya

Ciamis, Jaya Pos

Mengantisipasi adanya Calon Angota Legislatif (Caleg) yang depresi atau stress akibat kalah dalam pertarungan 17 April, RSUD Ciamis mengaku siap memberikan pelayanan kejiwaan setipa hari. Selain rawat jalan, ruang observasi hingga rujukan untuk pasien depresi disediakan pihak rumah sakit.

Fasilitas BPJS juga berlaku untuk pasien yang mengalami gangguan kejiwaan, tidak terkecuali calon anggota legislatif yang gagal dalam pemilu. Jika kondisinya parah, maka pihak rumah sa­kit siap membantu untuk mendapatkan pe­rawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung terlebih jauhnya ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua Bandung.

Kabag Tata Usaha RSUD Ciamis, Ajis mengatakan, pihaknya memiliki pelayanan kejiwaan dengan satu dokter jiwa. Poli kejiwaan ini siap melayani masyarakat yang ingin memeriksakan kejiwaan setiap hari tidak terkecuali dari caleg yang deprsei akibat tidak lolos melenggang ke parlemen pada pemilu. “Berbicara kesiapan, kita siap. Kita punya dokter jiwa disini dan membuka pelayanan setiap hari bagi masyarakat.

Tidak menutup kemungkinan termasuk para caleg yang nantinya depresi atau stress akibat gagal dalam pencoblosan legislatif, “jelas H. Ajis saat ditemui di ruang­annya, Selasa (16/4).

Disinggung soal ketersediaan obat bagi pengidap gangguan kejiawaan, H. Ajis menegaskan kesiapan pelayanan yang diutarakan tentu termasuk dengan fasilitas obat. Obat tersebut meliputi jenis diazepam dan palium dengan dosis 0,5 mg – 1 mg dengan pengawasan ketat dari dokter yang menangani, tentunya dengan resep dokter yang dikeluarkan. Meski belum pernah terjadi di Kabupaten Ciamis, namun kemungkinan calon anggota legislatif mengalami depresi cukup besar.

“Untuk pengobatan pasien kejiwaan. Kita siap. Bukan hanya konsultasi saja, obat pun kita siapkan termasuk untuk masyarakat pemegang BPJS Kesehatan dengan dukungan satu dokter saraf, dokter penyakit dalam, dan dokter ahli jiwa, “tegasnya.

Berbagai faktor menjadi penyebab seorang calon anggota legislatif gagal bisa terkena gangguan kejiwaan. “Tidak hanya faktor genetik, kesenjangan harapan dengan kenyataan, perubahan ekonomi yang menurun drastis hingga faktor malu gagal jadi anggota DPRD bisa menjadi penyebabnya. Gangguan jiwa itu spektrumnya luas. Mulai gangguan emosi cemas depresi, hingga yang paling berat aikotik. Itu terjadi akibat kesenjangan harapan dengan kenyataan yang terjadi pada seseorang tidak bisa beradaptasi dengan kenyataan, “jelas H. Ajis.

Oleh karenanya, dibutuhkan juga peran keluarga untuk bisa memperkuat mental calon anggota legislatif. Bila siap menang, maka caleg harus siap pula untuk kalah. Hal itu harus ditanamkan dalam pemikiran caleg agar jika gagal, caleg bisa terhindarkan dari depresi. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59698)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52464)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51552)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14309)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14133)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13849)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13356)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12403)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9328)
Bedah JayaposEksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Bukittinggi, Jaya Pos Karena merasa dirugikan, Hendra Sutoto (39) melaporkan peristiwa yang dialaminya 3 ...


Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di Tapung
Laporan KhususPemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKampar, Jaya Pos Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukaramai menjalin kerjasama dengan pegiat/praktisi pelatihan ...


Ketua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 Dilantik