Kamis, 04 Oktober 2012 - 06:58:20 WIB
Proses Perekaman e-KTP Baru 50%Kategori: Jawa Barat - Dibaca: 370 kali

Baca Juga:Asril: Target Kita MenangHati-Hati Penipuan Mengaku SaudaraTahun Prestasi Bagi Dinas PU Binamarga dan Pengairan Kab Bandung BaratToke Karet Dirampok Rp 300 Juta Raib

Bandung, Jaya Pos

Hingga saat ini, proses perekaman KTP elektronik atau e-KTP di Kota Bandung baru mencapai 50% dari total wajib KTP sekitar 1,9 juta jiwa.

Padahal, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berjanji kepada Walikota Bandung DR H Dada Rosada SH MSi pada saat pencanangan bisa rampung seluruhnya pada 25 September 2012.

Keinginan Walikota cukup beralasan lantaran ingin menghadiahkan sebagai kado ulang tahun Kota Bandung ke-202. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung Drs. H. Meivy Adha Krisnan, MSi mengatakan, target itu tidak mutlak harus dilakukan.

Pihaknya hanya memberikan inisiatif memberikan kado pada Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) itu. “Sebenarnya tidak mutlak, karena target secara Nasional sendiri bulan Oktober. Di lapangan, kami banyak menemukan kendala. Memang sebelumnya kami ingin memberikan kado pada Kota Bandung saat Hari Jadi nanti,” ungkap Meivy pada wartawan.

Meivy mengatakan, tidak tercapainya target itu lantaran pihaknya mendapatkan kendala di lapangan, salah satunya keterbatasan alat perekam data. “Untuk 1,9 juta wajib KTP yang tersebar di 30 Kecamatan, Bandung hanya diberi alat sebanyak 60 unit. Jelas saja itu tidak sebanding,” ujarnya.

Dengan keterbatasan alat itu, tidak heran pencapaian perekaman e-KTP baru 50%. “Sampai sekarang ini baru 50% saja yang sudah direkam datanya, karena banyak kendala tadi,” ujarnya. Untuk mengejar keterlambatan itu, sejak sebulan lalu pihaknya mendapatkan bantuan alat perekam data.

“Kami dapat bantuan limpahan dari Kabupaten Garut. Hanya saja, dari 20 alat yang diminta, Kota Bandung hanya mendapat 18 alat saja. Tapi kami manfaatkan semaksimal mungkin,” katanya.

Meski sudah dipastikan tidak akan bisa mencapai 100% perekaman data pada saat HJKB, namun Meivy mengatakan, pihaknya memberikan kado lainnya untuk HJKB. Sejumlah e-KTP yang sudah dicetak oleh Pemerintah Pusat akan dibagikan kepada masyarakat.

“Sebenarnya Pemerintah Pusat hanya memberikan e-KTP yang sudah tercetak kepada Daerah yang sudah menyelesaikan 100% perekaman e-KTP. Akan tetapi, Kota Bandung diberi keistimewaan karena di bulan ini akan berulang tahun,” ujarnya.

e-KTP yang akan dibagikan berasal dari lima Kecamatan, di antaranya Kecamatan Astanaanyar, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Cibeunying Kidul. “Teknis pembagian e-KTP sendiri masih dibicarakan. Ada kemungkinan diserahkan langsung oleh Wali Kota kepada beberapa warga atau diberikan oleh Camat dari lima Kecamatan tersebut,” ujarnya. Cecep


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59698)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52464)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51552)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14309)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14133)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13849)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13356)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12403)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9328)
Bedah JayaposEksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Bukittinggi, Jaya Pos Karena merasa dirugikan, Hendra Sutoto (39) melaporkan peristiwa yang dialaminya 3 ...


Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di Tapung
Laporan KhususPemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKampar, Jaya Pos Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukaramai menjalin kerjasama dengan pegiat/praktisi pelatihan ...


Ketua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 Dilantik