Senin, 29 April 2019 - 06:42:36 WIB
Hilman dan Endah Juara Duta Genre Banyumas 2019Kategori: Jawa Tengah - Dibaca: 93 kali

Baca Juga:Proses Perekaman e-KTP Baru 50%Asril: Target Kita MenangHati-Hati Penipuan Mengaku SaudaraTahun Prestasi Bagi Dinas PU Binamarga dan Pengairan Kab Bandung Barat

Banyumas, Jaya Pos

Hilman Taufik Hidayat dan dan Endah Safitri, keduanya dari Universitas Muhammadyah Purwokerto terpilih menjadi Duta Genre Banyumas 2019. Pemilihan tersebut digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdaayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas, Rabu (24/4) di pendopo Sipanji Purwokerto.

Kegiatan berlangsung sejak sejak 19 Juli 2018 tersebut diikuti sebanyak 84 orang peserta, setelah melalui babak seleksi pada babak final diikuti sebanyak 70 orang peserta untuk menempati posisi juara dengan berbagai predikat yang telah ditetapkan panitia.

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Banyumas Taefur Arofat menjelaskan Pemilihan Duta Genre merupakan program ketahanan keluarga melalui remaja. Tantangan remaja kedepan menurutnya sangat berat. Namun dengan pembinaan program generasi berencana, diharapkan para duta dan forum GenRe dapat mensosialisasikan katakan tidak pada triad KRR. Tidak menikah di bawah umur, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mendekati narkoba.

“Generasi muda harus disiapkan untuk menghadapi permasalahan remaja yang timbul, ini semua harus diantisipasi dan butuh perhatian seluruh pihak. Jika salah mengarahkan generasi muda, Indonesia akan berbahaya ketika menghadapi bonus demografi 2030 mendatang. Remaja harus sehat, cerdas dan bisa mengisi bonus demografi. Pemerintah tentu akan berupaya semaksimal mungkin. Namun peran orang tua sangat penting. Sehingga semua pihak tidak bisa tidak harus sukseskan program duta GenRe,” ungkap Taerfur.

Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Diah Pancasilaningrum mengatakan bahwa sebelum grand final ini pemilihan duta Genre ini telah melalui beberapa tahap seleksi. Seluruh peserta telah diberi pengetahuan selama tiga hari. Dalam tahapan itupun, proses penjurian pun telah dimulai.

Dewan juri dalam Grand Final terdiri dari Slamet Hartono, SH (IpeKB) dr Dewi Kiswani (PKBI), Rr Setyawati SPsi MSi (Psikolog), Ayu Wulandari (Forum Genre) dan juri Kehormatan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Achmad Husein.

Pada Grand Final peserta diuji pengetahuannya tentang aspek Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) dan Public Speaking dan Bahasa Inggris.

Setelah melalui beberapa tahap penilaian maka dewan juri menetapkan pemenang putra Juara 1 Hilman Taufik Hidayat utusan UMP Purwokerto, juara 2 Afif Cahya Andhika utusan SMK Telkom Purwokerto, Juara 3 Asmikan Fahmi Asadullah utusan PIK R Bahagia SMAN 4 Purwokerto, Harapan 1 Briyan Setiawan utusan SMKN 1 Purwokerto dan Harapan 2 dari Davit S Tambunan Unsoed.

Sedangkan pemenang putri Juara 1 Endah Safitri utusan UMP Purwokerto, juara 2 Kartika Dwi Permatasari utusan Kecamatan Purwokerto Selatan, juara 3 Hana Alfiani Lutfi utusan Kecamatan Karanglewas, Harapan 1 Siti Nur Yuliana utusan UMP dan Harapan 2 Meutia Lintang K utusan PIK R Bahagia SMAN 4 Purwokerto.

Selain itu, ada pemilihan peserta favorit pemilihan penonton diraih oleh Muhammad Arif Setyo Budiaji dan Nur Laela W.(Jhon/Nas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59472)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51339)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (38581)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14816)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14118)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13930)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13682)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13117)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10467)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9111)
Bedah JayaposDana Pokir Desa Bojonegara Diduga Dijadikan Ajang BancakanSubang, Jaya Pos Para pelaku tindak pidana korupsi bukan orang-orang susah yang butuh uang buat bayar sewa ...


Korupsi Dana Desa, Dua Oknum Kades Asal Sukabumi DihukumMasyarakat Minta Bupati Turun Tangan Selesaikan Kasus Penutupan Jalan Pengadaan Alat Timbang DAK Ketapang, Kadisperindag Diduga Lakukan Pembohongan PublikProyek Siluman: Galian C dan Klaser di Desa Treman Diduga Tidak Memiliki Izin Proyek Lapangan Sepak Bola Konvensional Pagesangan Diduga Menyimpang, Dispora Surabaya Lakukan PembMantan Plt Camat Kapuas Murung Divonis 4 Tahun Penjara, Denda 200 JutaPelebaran Jalan Lingkar Samosir Kurang Profesional
Laporan KhususBupati Sergai Gelar Halal Bihalal Bersama Ratusan Masyarakat Perbaungan dan Pantai CerminSergei, Jaya Pos Bupati Sergai, H Soekirman gelar halal bihalal bersama Camat Perbaungan dan Camat Pantai ...


Meriahkan HUT Ke-235 Kota Pekanbaru, SMPN 35 Pekanbaru Gelar Lomba Permainan TradisionalSilaturahmi Masyarakat di Hamparan Perak Berjalan BaikWaasops Panglima TNI Cek Kesiapan Akhir Satgas Yonif 406/Ck Pamtas RI-PNGBupati Banyumas Nominator Penerima Satyalencana PembangunanUhum Dalam Kehidupan Masyarakat BatakFachrori Umar Sebut Danau Sipin Siap Untuk Gelaran Kejurnas DayungKorem 071/Wk Halal Bihalal Pererat Silaturahmi dan Kebersamaan