Minggu, 05 Mei 2019 - 07:33:31 WIB
Bupati Muara Enim Lepas Festival Karnaval Budaya 2019Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 51 kali

Baca Juga:SDN Jatisawit 1 Selangkah Lebih MajuDifitnah, Polala Zebua Dilapor Ke Polres LabuhanbatuBank Kalbar Raih Juara III ARA 2011Tegakkan Hukum dan Keadilan Hakim Jangan Pilih Kasih

Muara Enim, Jaya Pos

Pemerintah Kabupa­ten (Pemkab) Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan menggelar Karnaval Budaya yang mengusung tema “Keberagaman budaya nusantara dalam rangka rangkaian color full Muara Enim Festival Tahun 2019,” bertempat di La­pangan Merdeka Kabupaten Muara Enim, Sabtu (27/4).

Tampak hadir dalam acara, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM, Wakil Bupati Juarsyah SH, Dandim O404 Letkol Inf Safrudin, Kapolres AKBP Afner Juwono, Ketua Pengadilan Negeri Muaraenim Ahkmad Nahrowi SH, Ketua Pengadilan Agama Drs H Habib Rasyidi Daulay MH, Danrindam II/Sriwijaya Kolonel Inf Tri Rana Subekti SSos MM, Ketua TP PKK Muara Enim Ir Hj Sumarni Ahmad Yani, Sekda Muaraenim, Asisten, Kepala OPD, dan para peserta Karnaval Budaya Daerah se-Kabupaten Muaraenim.

Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM yang sekaligus membuka secara langsung Festival Karnaval Budaya menyampaikan terimakasih kepada para peserta festival yang berasal dari kecamatan, komunitas serta anak sekolah yang telah berpartisipasi mengikuti festival budaya daerah tahun 2019. “Festival karnaval budaya ini adalah bagian dari 25 festival colorfull Muara Enim Festival Tahun 2019, semoga da­pat mengaktualisasi budaya daerah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Muara Enim,” kata Bupati.

Selain itu, dalam rangka memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dan menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk masa depan dan peradaban bangsa demi terwujudnya tujuan nasio­nal yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 32, negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya seiring dengan visi dan misi pemkab 2018-2023 yaitu Muaraenim untuk merakyat, yang aga­mis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.

“Dalam situasi politik pasca pemilihan presi­den-wakil presiden dan legislatif, saya mengajak kita semua untuk selalu menjaga persa­tuan dan kesatuan serta keutuhan bangsa, jangan terpan­cing isu-isu provokatif, baik di masyarakat maupun di media sosial, yang tujuannya untuk memecah-belah persa­tuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Dilanjutkan, Festival Kar­naval Budaya, meliputi adat perkawinan setiap kecamatan, komunitas budaya, sekolah dan umum, dengan peserta karnaval berjumlah 107 tim/perwakilan.

Beragam kesenian tradisional dan pakaian adat nusantara yang dikenakan para peserta membuat mereka tampak bangga dan senang menjadi sorotan ribuan pa­sang mata di sepanjang rute karnaval yang dilalui peserta.

Karnaval budaya yang menampilkan warna warni budaya nusantara sebagai salah satu kekayaan budaya ini dipusatkan di Pasar Kota Muara Enim .
Peserta karnaval yang mempertontonkan keindahan warna budaya nusantara, adat perkawinan berkeliling dari lapangan Merdeka Muara Enim hingga akhirnya fi­nish di depan Kantor Pos, Jl Sudirman Kabupaten Muara Enim.

Meski berbeda warna kostum dan kesenian namun para peserta tampak bangga mengenakan pakaian adat nusantara. Tak heran jika banyaknya penonton di sepanjang rute karnaval yang gemas dengan penampilan cantik dan menawan para peserta kerap memancing perhatian peserta yang mengikuti karnaval.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi cikal-bakal tumbuhnya semangat keberagaman dan toleransi serta persatuan di kalangan anak-anak dan generasi muda kelak.

“Kita berharap tema Karnaval Budaya tahun 2019 ini bisa menyebarkan semangat keberagaman dan toleransi antar komponen bangsa terutama di kalangan generasi muda sebagai cikal bakal anak bangsa,” tutur Bupati.

Festival Karnaval Budaya Tahun 2019 yang diadakan di Muara Enim menunjukkan betapa kayanya Indonesia dengan berbagai macam budaya yang berbeda, ras, suku, dan kearifan lokal yang patut diapresiasi serta diperkenalkan kepada wisatawan atau turis di dunia.

Kegiatan tersebut dapat menarik turis asing dari berbagai negara datang untuk sekadar mengetahui atau mempelajari berbagai macam budaya yang ada di Indonesia. Selain itu budaya luhur bangsa tetap terjaga dari generasi ke generasi. (David/Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59356)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51229)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (32155)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14701)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13989)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13830)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13588)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13001)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9830)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9008)
Bedah JayaposSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruPihak Firman Tampubolon sudah pernah membuat Laporan Polisi dengan No. LP/48/I/2009 tertanggal 13 ...


Gus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ? Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR Proyek U-ditch Dukuh Menanggal III Terindikasi dicurangi Pejabat Pemeriksa, Dinas Tutup Mata?Diduga Oknum DPRD Labuhanbatu Kerjakan Proyek Siluman di Kecamatan PangkatanDugaan Kegiatan Fiktif di Desa Kedung BocokAda Apa Dengan JPU, Otak Pengeroyokan dan Perusakan Dituntut 10 Bulan Penjara
Laporan KhususPatik Dalam Kehidupan BatakCatatan: Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) - Bagian ke Sepuluh Pada tulisan terdahulu sudah dipaparkan ...


Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018 Pemkab OKI Gelar Safari RamadhanKedua Kalinya, Sergai Raih WTP dari BPK RIPemilu Sudah Usai Saatnya Duduk Bersama Membangun DaerahTanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional