Senin, 06 Mei 2019 - 07:05:18 WIB
Donor Darah Warnai Kegiatan PPKM Prodi Teknologi Laboratorium Medik STIKes MucisKategori: Jawa Barat - Dibaca: 41 kali

Baca Juga:SDN Jatisawit 1 Selangkah Lebih MajuDifitnah, Polala Zebua Dilapor Ke Polres LabuhanbatuBank Kalbar Raih Juara III ARA 2011Tegakkan Hukum dan Keadilan Hakim Jangan Pilih Kasih

Praktek pembangunan ke­sehatan masyarakat ini merupakan salah satu program kurikulum mahasiswa jurusan Teknologi Laboratorium Medik, diselenggarakan tiap tahun.

Ciamis, Jaya Pos

Sebanyak 80 mahasiswa tingkat III Semester VI Jursan Program Studi Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan) mengikuti Praktik Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PPKM) sejak 22 April hingga 4 Mei 2019. Kegiatan disebar di 11 Pusat Kesehatan Masyarakat (Pus­kesmas), diantaranya Pus­kesmas Imbanagara, Sindangkasih, Cikoneng, Ciamis, Handapherang, Baregbeg, Kawali, Cipaku, Cijeungjing dan Sadananya.

Ketua Program Studi Teknologi Laboratorium Medik STIKes Muhammadiyah Ciamsi Atun Parihatun SKM MKM mengatakan, PPKM ini termasuk dalam kurikulum D3 TLM STIKes Mucis yang dilaksanakan oleh tingkat III Semester VI, sebagai salah satu aplikasi keilmuan teknologi laboratorium medik yang langsung terhadap masyarakat sebagai bentuk pengabdian.

Menurutnya, kegiatan praktek pembangunan kesehatan masyarakat ini dilaksanakan 2 minggu. Para ma­hasiswa melaksanakan ber­­­bagai kegiatan sosial masayarkat, salah satunya donor darah bekerjasama dengan PMI Ciamis. “Alhamdulillah banyak mahasiswa yang mendonorkan darahnya, semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan darah,” ucapnya.

Selain itu, mereka juga ikut membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di setiap puskesmas yang ditunjuk. Di tempat mereka praktek, dilakukan penyuluhan berbagai peme­riksaan kesehatan, diantara­nya pemeriksaan kadar darah, golongan darah, leukimia, pemeriksaan cacing untuk anak SD/MI, pemeriksaan bakteriologi terhadap makanan/minuman, pemeriksaan bahan tambahan pangan misal pewarna, pengawet, boraks, formalin, rhodamin yang ada dalam makanan/minuman.

“Kami berharap mahasiswa mampu mempraktekan apa yang sudah dipelajari di kampus dan setelah itu mereka mempunyai pengalaman dalam melakukan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat, “ jelasnya.

Sementara itu Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis H Dedi Supriadi S Sos Skep Ners MMKes menyebut praktek pembangunan ke­sehatan masyarakat ini merupakan salah satu program kurikulum mahasiswa jurusan Teknologi Laboratorium Medik, diselenggarakan tiap tahun.

H Dedi menyatakan, lulsan Prodi Teknologi Laboratorium Medik STIKes Muhammadiyah Ciamis langsung diserap lembaga kesehatan, baik rumah sakit ataupun klinik laboratorium. “Di perusahaan makanan minuman juga sudah banyak menyerap lulusan kami, karena perusahaan makanan punya laboratorium juga, sehingga makanan yang dibuat benar-benar higienis,” pungkasnya.(Mamay)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59356)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51229)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (32154)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14701)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13989)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13830)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13588)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13001)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9830)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9008)
Bedah JayaposSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruPihak Firman Tampubolon sudah pernah membuat Laporan Polisi dengan No. LP/48/I/2009 tertanggal 13 ...


Gus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ? Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR Proyek U-ditch Dukuh Menanggal III Terindikasi dicurangi Pejabat Pemeriksa, Dinas Tutup Mata?Diduga Oknum DPRD Labuhanbatu Kerjakan Proyek Siluman di Kecamatan PangkatanDugaan Kegiatan Fiktif di Desa Kedung BocokAda Apa Dengan JPU, Otak Pengeroyokan dan Perusakan Dituntut 10 Bulan Penjara
Laporan KhususPatik Dalam Kehidupan BatakCatatan: Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) - Bagian ke Sepuluh Pada tulisan terdahulu sudah dipaparkan ...


Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018 Pemkab OKI Gelar Safari RamadhanKedua Kalinya, Sergai Raih WTP dari BPK RIPemilu Sudah Usai Saatnya Duduk Bersama Membangun DaerahTanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional