Selasa, 07 Mei 2019 - 07:05:01 WIB
Peringati HUT Ke-20, DPRD Kabupaten Way Kanan Gelar Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka HUT Ke-20Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 120 kali

Baca Juga:IKSS Padangpanjang Dukung Percepatan Pembangunan SDN Jatisawit 1 Selangkah Lebih MajuDifitnah, Polala Zebua Dilapor Ke Polres LabuhanbatuBank Kalbar Raih Juara III ARA 2011

Way Kanan, Jaya Pos

DPRD Kabupaten Way Kanan gelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Kabupaten Way Kanan, Sabtu (27/4).

Dalam sambutannya, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya mengatakan, sudah sepatutnya patut meng­ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pendahulu kita yang berjasa dalam pembentukan Kabupaten Way Kanan yang kita cintai ini, juga kepada seluruh masyarakat yang dengan tulus ikhlas telah memberikan sumbangsih dalam mengisi pembangunan selama 20 tahun.

Pembentukan Kabupaten Way Kanan, bukanlah suatu pekerjaan yang ringan, tetapi melalui proses perjua­ngan panjang. Dimulai sejak tahun 1957 hingga tahun 1999 kurang lebih selama 42 tahun.

Dan hari ini tepat sudah 20 tahun usia Kabupaten Way Kanan, banyak sekali pengorbanan telah di dharma bhaktikan oleh para pendiri Way Kanan. tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuka agama, para cerdik pandai, Pemerintah Provinsi Lampung, para Wakil Rakyat di daerah maupun pusat, serta seluruh masyarakat pada saat itu.

Mereka telah mengorbankan bukan hanya tenaga, pikiran, tetapi juga harta demi tercapainya suatu daerah otonom yang memiliki keleluasaan untuk mengurus daerahnya sendiri sehingga dapat sejajar dengan daerah lain.

Rasa syukur dan terima kasih senantiasa kita ucapkan, semoga amal bhakti pa­ra pendiri Kabupaten Way Kanan memperoleh balasan pahala yang setimpal dari ALLAH SWT.

Kita merasa berbahagia, karena sampai hari ini, sebagian sesepuh kita yang berjasa dalam pembentukan Kabupaten Way Kanan masih dapat berkumpul bersama kita. Akan tetapi ada diantara tokoh pendiri Kabupaten Way Kanan yang telah mendahului kita. Semoga yang masih ada bersama kita senantiasa diberikan kesehatan dan panjang umur,sedangkan yang telah berpulang semoga mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT.

Perjuangan mereka akan terus kita kenang sepanjang hayat sampai kepada anak cucu kita kelak. Oleh karenanya kita patut berterima kasih kepada para tokoh dan inisiator pengagas awal pembantukan Kabupaten Way Kanan, yaitu Hi. Pangeran Bazar, Hi. Pangeran Malik, Hi. Sutan Gatot Nawawi, Ratu Majapahit, Sutan Raja Alam,

Sutan Sogoran Tuha, Jalaludin Gelar Sutan Alamsyah, Aliudin gelar Pesirah Migo, Pangeran Puting Marga, Nursiwan, Minak Sumbahan, Sutan Sunan, dan Hi. Abdul Roni.

Selanjutnya para tokoh yang hadir dalam pertemuan di Tanjung Agung, tepat­nya pada tahun 1971, mereka adalah Drs. Subki E. Harun, Hi. Ridwan Basyah, Drs. Ibu Suud, Drs. RM. Barusman, Drs. Raden Intan, Johan Efendi, SH, Ajmain Mas Efendi, Mayor A. Latif, Syamsudin. TA, dan tokoh-tokoh lainnya

Juga para punyimbang adat yang menghadiri Bugawi Adat Nasrunsyah Gelar Sutan Mangku Bumi pada tahun 1975, mereka adalah Hi. Ridwan Basyah, Idham Bazar, Pangeran Puting Marga, Minak Sumbahan, Sutan Mangku Bumi, Ratu Bagus, Nasrunsyah Gelar Sutan Mangku Bumi, Hop Marga, Sutan Sunan – Pakuan Ratu, Hi. Ibrahim, dan Pangeran Mas Muhammad.

Tak ketinggalan juga jasa para pembantu Bupati Lampung Utara Wilayah Blambangan Umpu, yaitu Hi. Mochtar Lutfi, SH, Hi. Ridwan Basyah, Hi. Mansyur Nur, Ir. Hi. Hanibal Salim, Drs. Tamanuri, dan terakhir Drs. Rifdi Arief.

Pada peringatan HUT kali ini, kita laksanakan bukan sekedar untuk mengenang jasa para sesepuh yang telah gigih memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Way Kanan, tetapi juga berupaya merefleksikan capaian pembangunan yang sudah kita kerjakan, sebagaimana harapan dan cita-cita pendiri Kabupaten Way Kanan, bumi ramik ragom yang sejahtera.

Sebagai generasi penerus mari kita luruskan niat untuk terus memajukan Kabupaten Way Kanan sesuai dengan harapan para pendiri Kabupaten Way Kanan, sekaligus kita dapat menjaga, memba­ngun dan membesarkan Kabupaten Way Kanan ini sebagai amanah bagi ke­langsungan hidup anak cucu kita di kemudian hari.

Pada usia yang ke 20 ini, Kabupaten Way kanan telah mengalami banyak perubahan di segala bidang. Hal ini tidak lepas dari kerja keras kita bersama dan para pemimpin terdahulu. Untuk membangun Kabupaten Way Kanan dengan rentang kendali yang begitu luas, dengan penduduk yang cukup besar, memerlukan ketersediaan fasilitas dan Infrastruktur yang dapat melayani dan menjangkau seluruh warga Way Kanan, sehingga upaya pembangunan yang kita lakukan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Way Kanan.

Dari awal kepemimpinan, kami telah berketetapan hati untuk memperkuat pelayanan dasar, dengan memperbaiki penyelengaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM, perbaikan pelayanan pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial serta menciptakan kondisi sosial dan lingkungan yang aman. Perbaikan pelayanan dasar tersebut diharapkan menjadi fondasi yang kuat dalam rangka mendorong pembangunan sektor ekonomi Way Kanan.

Mengingat begitu besarnya sasaran pembangunan infrastruktur, maka masih banyak sekali sasaran yang perlu ditangani dan memerlukan anggaran yang sangat besar pula.

Namun, rasa optimisme akan terus kita gelorakan dan semangat kebersamaan akan terus kita tanamkan guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks. Sinergitas Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat telah menunjukkan hasil yang cukup baik. Salah satunya adalah berfungsinya Lanudad Gatot Subroto menjadi Bandara/Penerbangan Sipil.

Peluang tersebut akan kita manfaatkan dengan baik, dengan mendorong para para pelaku usaha untuk mengembangkan sektor unggulan Way Kanan di bidang pertanian dan pariwisata.

Secara proporsional kedepan kita akan fokuskan sasaran pembangunan Kabupaten Way Kanan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi kerakyatan berbasiskan UMKM dan investasi di sektor hilir pertanian. Dengan upaya itu diharapkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan tingkat kemiskinan akan dapat kita kurangi.

Dapat saya sampaikan sekilas gambaran perkembangan makro Kabupaten Way Kanan tahun 2018 yang telah mengalami kemajuan sebagai berikut penduduk Kabupaten Way Kanan tahun 2018 diperkirakan meningkat (0,95%) atau 446.113 Jiwa, IPM diperkirakan 66,40 tahun, angka harapan hidup menjadi 68,90, rata-rata lama sekolah 7,4 tahun, produk domestik regional bruto atas dasar harga berlaku dari Rp.12.106.783,350.000, tahun 2017 diperkirakan naik diatas Rp.13.000.000.000.000, penduduk miskin menurun dari 14,06% tahun 2017 menjadi 13,52% ditahun 2018.

Dari data makro tersebut menunjukkan kondisi ke­sejahteraan Kabupaten Way Kanan kian membaik dan kedepan Program program yang akan mendorong pe­ningkatan kesejahteraan masyarakat akan menjadi perhatian dan terus kita tingkatkan.

Semua yang kita lakukan selama ini tentulah belum sempurna dan memuaskan masyarakat, tetapi setidaknya dari upaya yang ada, telah membawa harapan bagi masyarakat untuk hidup lebih baik kedepan.

Banyak penghargaan dan apresiasi yang kita peroleh dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, termasuk dari Lembaga Non Pemerintah yang kre­dibel, ini menunjukan bahwa pembangunan di Kabupaten Way Kanan sudah di jalan yang tepat. (Suhaili)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59542)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51404)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43001)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13994)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13733)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13187)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10959)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9168)
Bedah JayaposPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPangkep, Jaya Pos Pekerjaan Jalan Singkai terkesan amburadul alias asal-asalan. Pekerjaan yang menggunakan ...


Pungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan RawamangDiduga Zonasi Kearipan Lokal Garut Labrak Permendikbud No 14 Tahun 2018Proses NUPTK Diwarnai PungliEmbung Pembawa MautProyek Jalan Siduk Ketapang Rp 42 Miliar Diduga Menyimpang
Laporan KhususPemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Karawang, Jaya Pos Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menyalurkan Dana Alokasi Khusus ...


Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di ManadoWabup Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019Sekda : SOPD Gumas Diharapkan Capai Target APBD 2019Ratusan Peserta ICGE dari Berbagai Negara Hadir di Kota Padang PanjangWakil Ketua I DPRD Imbau OPD Terkait Ikuti Pembahasan KUA dan PPAS TA 2020