Selasa, 07 Mei 2019 - 07:18:21 WIB
SMP Negeri 35 Pekanbaru Gelar Acara Perpisahan Siswa Kelas IXKategori: Pendidikan - Dibaca: 54 kali

Baca Juga:Menuai Protes Dari Orang Tua Murid, Waluyo Akui KesalahanIKSS Padangpanjang Dukung Percepatan Pembangunan SDN Jatisawit 1 Selangkah Lebih MajuDifitnah, Polala Zebua Dilapor Ke Polres Labuhanbatu

Pekanbaru,  Jaya Pos

Acara perpisahan siswa-siswi Kelas IX SMP Negeri 35 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019 berlangsung sangat meriah dan khidmat. Acara yang dilaksanakan di halaman SMP Negeri 35 ini pada hari Senin (29/04).

Acara tersebut dihadiri sekitar 700 undangan yang terdiri dari orang tua murid dari kelas IX, para Guru,  Komite Sekolah, beberapa kepala sekolah dan guru dari sekolah lain dari Kelurahan Air Dingin. Hadir juga undangan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Camat Bukit Raya, Lurah Air Dingin, RT dan RW  setempat.

Acara dimulai dengan tari makan sirih atau tari persembahan dari adat Melayu. Tarian ini selalu ditarikan setiap ada acara resmi di masyarakat Riau, tarian ini merupakan salah satu tarian tradisional dari suku Melayu Riau yang umumnya dipentaskan untuk menyambut dan dipersembahkan untuk menghormati tamu negara / tamu agung yang datang.

Saat pertunjukan, salah satu penari dalam tari persembahan akan membawa kotak yang berisi sirih. Sirih dalam kotak tersebut kemudian dibuka dan tamu yang dianggap agung diberi kesempatan pertama untuk mengambilnya sebagai bentuk penghormatan, kemudian diikuti oleh tamu yang lain.
Karenanya, banyak orang yang menyebut tari persembahan Riau dengan sebutan tari sekapur sirih. Bagi masyarakat Riau, sirih bukan hanya sekedar benda namun juga menjadi media perekat dalam pergaulan.

Acara dilanjutkan dengan doa oleh Regen Siregar yang merupakan guru bidang studi agama islam di SMPN 35, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala SMPN 35, Indrawaty S.pd, disusul dengan kata sambutan dari sekolah lain dan dari Ketua Komite SMPN 35, Aspin.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri SMP Negeri 35 Ibu Indrawaty S.pd menyampaikan terima kasih atas kehadiran para undangan, guru dan Komite Sekolah yang telah “bertungkus lumus” demi kelancaran program belajar-mengajar di SMPN 35.

Ia juga menyampaikan bahwa siswa/i kelas IX Tahun Pelajaran 2018/2019 ini semuanya telah selesai mengikuti USBN dan UNBK dan saat ini sedang menunggu hasil ujian. Ia berharap agar tahun ini semuanya lulus 100% dan semua siswa/i diharapkan dapat melanjutkan kejenjang berikutnya, SMA, MAN/MAS atau SMK.

Sementara Ketua Komite Sekolah, Aspin menyampaikan rasa terimakasihnya atas kerjasama yang sangat baik dari orang tua siswa. Ia pun menyampaikan agar para siswa SMPN 35 Pekanbaru yang akan melanjutkan ke tingkat SMA mendapatkan nilai yang terbaik dan sekolah yang baik. Ketua Komite ini juga berterimakasih atas kerjasama semua pihak sehingga acara perpisahan dapat berjalan dengan baik.

Acara perpisahan kali ini sangat spesial, karena tahun ini sekolah telah memiliki panggung yang berukuran luas dan memiliki fasilitas kamar mandi/toilet yang telah dibangun lebih dari 12 unit dan telah difungsikan dengan baik.

Selain menampilkan beberapa tarian dari adat Melayu, para siswa juga menampilkan tarian tradisional dari Sumatera Utara yaitu Tor-Tor “Sinanggar Tulo” dan tari kreasi. Dan yang menarik adalah beberapa penari Tor-Tor merupakan siswa/i yang berasal dari suku Minangkabau dan Melayu tetapi mereka menarikannya dengan indah dan penuh kebanggaan.

Acara ini ditutup dengan bersalam-salaman antara siswa-siswa dengan para guru, orang tua/wali murid dan seluruh tamu undangan. Setelah itu dilanjutkan de­ngan acara photo bersama bergantian.

“Selamat berjuang di sekolah tingkat selanjutnya. Kepada anak-anak kami kelas IX, tetap semangat dan berjuanglah semampu kalian demi mendapatkan pendidikan yang terbaik dan demi masa depan kalian! Jangan putus asa, sebab perjalanan kalian masih panjang, “ pesan Ibu Indrawaty menutup acara perpisahan. (AH)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59543)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51404)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43005)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14169)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13994)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13733)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13187)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10960)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9168)
Bedah JayaposPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPangkep, Jaya Pos Pekerjaan Jalan Singkai terkesan amburadul alias asal-asalan. Pekerjaan yang menggunakan ...


Pungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan RawamangDiduga Zonasi Kearipan Lokal Garut Labrak Permendikbud No 14 Tahun 2018Proses NUPTK Diwarnai PungliEmbung Pembawa MautProyek Jalan Siduk Ketapang Rp 42 Miliar Diduga Menyimpang
Laporan KhususPemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Karawang, Jaya Pos Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menyalurkan Dana Alokasi Khusus ...


Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di ManadoWabup Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019Sekda : SOPD Gumas Diharapkan Capai Target APBD 2019Ratusan Peserta ICGE dari Berbagai Negara Hadir di Kota Padang PanjangWakil Ketua I DPRD Imbau OPD Terkait Ikuti Pembahasan KUA dan PPAS TA 2020