Kamis, 09 Mei 2019 - 07:39:58 WIB
Pasca Pilpres dan Pileg 2019, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Gelar Silaturahmi KebangsaanKategori: Jawa Barat - Dibaca: 100 kali

Baca Juga:Rudi Siahaan Terpilih jadi Pangulu Nagori Tiga BolonMenuai Protes Dari Orang Tua Murid, Waluyo Akui KesalahanIKSS Padangpanjang Dukung Percepatan Pembangunan SDN Jatisawit 1 Selangkah Lebih Maju

Tasikmalaya, Jaya Pos

Tahapan Pemilu Serentak (Pileg dan Pilpres) di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019 secara umum berjalan lancar aman dan tertib hingga tahapan proses rekapitulasi tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang akan dilaksanakan dan dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (29/4).

Hal tersebut dikatakan Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Iin Aminudin, M.Si pada Silaturahmi Kebangsaan Pasca Pileg/Pilpres Tahun 2019 di Pendopo Baru Singaparna, Minggu (28/4).

Hadir pada kesempatan tersebut unsur Muspida Kabupaten Tasikmalaya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, unsur Muspika, Ketua MUI Kecamatan, Kapolsek, Danramil, Ketua Bawaslu, tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan parpol peserta pemilu serta tamu undangan lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan Pemilu 2019. Pemilu kali ini merupakan Pemilu yang berat. Pasalnya, ada beberapa saudara kita pada pelaksanaan Pemilu kali ini yang meninggal dan dikatakan gugur dalam tugas negara,” ujar Iin.

Karena Pemilu 2019 dianggap relatif berat, Drs. H. Iin Aminudin, M.Si berharap pasca Pilpres dan Pileg, tidak ada permasalahan yang mengakibatkan perpecahan antar saudara di Kabupaten Tasikmalaya. “Dikala memang ada hal-hal yang perlu dipertanyakan atau dipertajam, akan lebih baik kita melakukan prosedur yang sudah disiapkan sehingga tidak mencemari pelaksanaan pemilu yang telah kita bangun dan laksanakan dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana silaturahmi kebangsaan yang juga Kepala Kantor Kesbang Linmas Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Ridwan, S.IP mengharapkan dengan diadakannya acara tersebut dalam rangka lebih mengedepankan rasa kebangsaan sehingga ketika pelaksanaan pleno besok yang akan digelar diharapkan sudah clear dan sekaligus meng-clearkan seluruh komponen masyarakat semua. Inilah pemilu yang cukup repot, dimana keberatan kerepotan ini jangan ditambah lagi dengan beban pleno besok oleh KPU.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin menyadari dan merasakan bahwa Pemilu se­rentak tahun 2019 merupakan Pemilu paling rumit hingga diselimuti kabar duka (menelan korban petugas KPPS seperti di Jatiwaras, Bojonggambir dan Cigalontang ditambah tiga anggota Linmas).

Walau demikian, pihaknya dapat melewati seluruh tahapan pemilu hingga rekapitulasi tingkat kecamatan, dilalui dengan baik tanpa hambatan yang berarti berkat kerjasama semua pihak dan kesadaran seluruh warga masyarakat yang mengikuti seluruh tahapan proses pelaksanaan dengan mengikuti semua aturan yang ada termasuk didalamnya peran serta TNI/Polri dan pemerintah daerah.

Sebagai penyelenggara kontestasi politik, pihaknya menjamin suara pemilih akan dijaga sebaik mungkin dan pihaknya memegang prinsip jurdil dan transparan, sehingga tidak akan menguntungkan sebagian pihak dan menghindarkan prasangka lain dari para peserta pemilu.

“Seluruh tahapan hingga rekapitulasi tingkat kecamatan dapat diselesaikan dengan baik dan lancar. Hal-hal yang menjadi keberatan para saksi akan kami layani, akomodir dan kami uji pada rekapitulasi tingkat Kabupaten,” jelas Zamzam yang melayani 1.366.000 pemilih dan 800 Calon Legislatif (Caleg) dengan kekuatan 350 ribu personil.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda, SP menegaskan bahwa pihaknya akan menjadikan Pemilu Kabupaten Tasikmalaya menjadi yang terbaik dari proses pelaksanaan dan menjamin suara tidak bertambah atau berkurang.

Terkait pengawasan di masa tenang, ada laporan dugaan pelanggaran pidana pemilu berupa tiga kasus money politic (salawu, Cisayong dan Ciawi) berupa laporan maupun temuan. Menurut Dodi, hal tersebut sedang diproses di Penegak Hukum Terpadu (GAKKUMDU). (Asep Saepuloh)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59540)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51403)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (42870)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14885)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13994)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13731)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13182)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10935)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9166)
Bedah JayaposPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPangkep, Jaya Pos Pekerjaan Jalan Singkai terkesan amburadul alias asal-asalan. Pekerjaan yang menggunakan ...


Pungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan RawamangDiduga Zonasi Kearipan Lokal Garut Labrak Permendikbud No 14 Tahun 2018Proses NUPTK Diwarnai PungliEmbung Pembawa MautProyek Jalan Siduk Ketapang Rp 42 Miliar Diduga Menyimpang
Laporan KhususPemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Karawang, Jaya Pos Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menyalurkan Dana Alokasi Khusus ...


Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di ManadoWabup Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019Sekda : SOPD Gumas Diharapkan Capai Target APBD 2019Ratusan Peserta ICGE dari Berbagai Negara Hadir di Kota Padang PanjangWakil Ketua I DPRD Imbau OPD Terkait Ikuti Pembahasan KUA dan PPAS TA 2020