Kamis, 09 Mei 2019 - 07:46:19 WIB
Lulusan SMKN 2 Ciamis Diminati IndustriKategori: Pendidikan - Dibaca: 29 kali

Baca Juga:Rudi Siahaan Terpilih jadi Pangulu Nagori Tiga BolonMenuai Protes Dari Orang Tua Murid, Waluyo Akui KesalahanIKSS Padangpanjang Dukung Percepatan Pembangunan SDN Jatisawit 1 Selangkah Lebih Maju

Ciamis, Jaya Pos

Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para siswa-siswi SMKN2 Ciamis yang telah selesai menempuh pembelajaran selama di bangku sekolah dengan hasil yang patut membanggakan. Semua siswa yang menuntut ilmu di sekolah itu dinyatakan lulus, bahkan beberapa diantaranya telah diterima di berbagai perusahaan dan industri meskipun kelulusan belum dibuka.

Dari 484 siswa yang lulus terdiri dari program kompetensi keahlian Bisnis Kontruksi dan Properti (BKP) sebanyak 35 siswa, Desain Permodelan dan Informasi Bangungan (DPIB) 71 siswa, Teknik Permesinan (TPM) 134 siswa, Teknik Kendarangan Ringan Otomotif (TKRO) 133 siswa, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 74 siswa serta Desain Interior dan Teknik Furniture (DITF) 37 siswa.

Pihak SMKN 2 Ciamis melalui Ketua Koordinator BKK Ugi Sugianto mengklaim bahwa lulusannya sudah diterima bekerja hampir lebih dari 10 orang sebelum pelulusan dibuka. Mereka diterima di perusahaan dalam negeri, yakni PT To­yota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Honda Motor, PT Denso Indonesia, dan yang lainnya. Sementara yang lainnya, tandas Ugi, masih menunggu hasil test yang diadakan oleh sederet perusahaan ternama lainnya.

Kepala SMKN 2 Ciamis Drs Asep Agus MM selepas pelepasan siswa-siswi tahun pelajaran 2018-2019 kepada Jaya Pos membenarkan tentang terserapnya lulusan angkatan 2018-2019 meskipun belum menerima ijazah dari pihak sekolah. Menurutnya program penjaringan dari beberapa perusahaan ini merupakan agenda tahunan BKK SMKN 2 Ciamis yang sudah terjalin dengan mitra-mitra perusahaan yang memanfaatkan setiap lulusan dari SMKN 2 Ciamis.

Menurut informasi, saat ini sekitar 65% siswa TP 2017/2018 sudah diterima bekerja di berbagai perusahaan dan industri. Karena, lulusan SMK, kata Asep Agus, memang disiapkan untuk terjun ke dunia kerja, berwiraswasta dan selebihnya melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah XIII Ciamis Drs H Muhammad Suryasa mengapresiasi keberhasilan yang diraih SMKN 2 Ciamis. Dirinya mengaku sangat bangga dengan prestasi tersebut. Meski demikian dia berharap prestasi tersebut lebih ditingkatkan lagi.

Suryasa juga mengakui lulusan dari SMK diprogramkan untuk masuk langsung ke dunia kerja, meskipun sekarang banyak juga yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Ada hal menarik dari pelepasan siswa-siswi SMKN 2 Ciamis Tahun Ajaran 2018-2019, dimana menyeruak 2 sosok tinggi besar kehitam-hitaman tersenyum manis, mereka adalah Kitbumen Paskalis Ningmabin asal Wamena, anak dari Chris Tekel Ning Mabin seorang PNS di Papua dengan Pia Uropmabin dan Ondombali Yacobus Bamulki dari Bintang Papua. Sambil berkaca-kaca keduanya melayani foto bareng dengan para orang tua yang ingin mengabadikan keduanya.

Kepada Jaya Pos, Kitbumen dan Ondombali berkomentar, begitu lulus dari SMKN 2 Ciamis akan pulang ke daerahnya, disana mereka ingin mengabdikan diri untuk terjun di masyarakat sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya, dimana Ondombali menggeluti kompetensi keahlian Teknik Furniture sedangkan Kitbumen menggeluti kompetensi keahlitan Teknik Gambar Bangunan.

“Terima kasih kepada para guru terutama kepada pa Asep Agus yang sudah menerima kami menjadi anak asuhnya, sehingga kami bisa menyerap ilmu yang diberikan para guru pembimbing. Terima kasih juga kepada teman-teman yang sudah mendukung dan mensuport kami sehingga tidak terasing di daerah perantauan. Kami merasa di tanah kelahiran sendiri,” katanya. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59356)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51229)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (32154)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14701)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13989)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13830)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13588)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13001)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9830)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9008)
Bedah JayaposSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruPihak Firman Tampubolon sudah pernah membuat Laporan Polisi dengan No. LP/48/I/2009 tertanggal 13 ...


Gus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ? Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR Proyek U-ditch Dukuh Menanggal III Terindikasi dicurangi Pejabat Pemeriksa, Dinas Tutup Mata?Diduga Oknum DPRD Labuhanbatu Kerjakan Proyek Siluman di Kecamatan PangkatanDugaan Kegiatan Fiktif di Desa Kedung BocokAda Apa Dengan JPU, Otak Pengeroyokan dan Perusakan Dituntut 10 Bulan Penjara
Laporan KhususPatik Dalam Kehidupan BatakCatatan: Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) - Bagian ke Sepuluh Pada tulisan terdahulu sudah dipaparkan ...


Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018 Pemkab OKI Gelar Safari RamadhanKedua Kalinya, Sergai Raih WTP dari BPK RIPemilu Sudah Usai Saatnya Duduk Bersama Membangun DaerahTanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional