Jumat, 05 Oktober 2012 - 08:34:46 WIB
SMPN 10 Kota Sukabumi Sekolah Unggulan OlahragaKategori: Pendidikan - Dibaca: 726 kali

Baca Juga:Gubernur Terima Perwakilan Pengusaha dan Pekerja, Terkait Usulan Penetapan UMK/UMP BantenEksploitasi Pekerja oleh Outsourching di Disparbudpora SidoarjoPT POS Luncurkan Program Weselpos Rumah ZakatPT Palma Prima Plantation Diduga Sebagai Penadah Kayu Hasil Pemalakan Liar

Sukabumi, Jaya Pos
Kepala SMPN 10 Kota Sukabumi, Dikdik Kristina mengatakan, sekolah yang dipimpinya memiliki keunggulan yakni kelas khusus di bidang olahraga. Bahkan hal itu telah ditepakan dan ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan RI.

Menurutnya, di wilayah Jawa Barat (Ja­bar) hanya terdapat sebanyak 23 se­ko­lah, salah satunya SMPN 10 Kota Sukabumi. “Masing-masing wilayah kota/kabupaten hanya ada satu sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah unggulan olahraga. Un­tuk Kota Sukabumi, adalah sekolah kami, dengan pembinaan Cabang Olahraga (Cabor) yang kita lakukan ada sebanyak delapan cabor diantaranya Atletik, Tenis Meja, Pencak Silat, Karate, Futsal dan Senam,” terang Dikdik saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikdik menjelaskan yang dimaksud dengan kelas khusus olahraga yaitu para siswa yang memiliki kemampuan dan bakat olahraga sesuai bidangnya masing-masing ditempatkan dalam satu kelas. Itupun merupakan hasil dari seleksi yang dilakukan pihak sekolah ketika masuk sekolah. “Jadi, tidak semua siswa kami mengikuti kelas khusus olahraga.

Perangkatan hanya ada satu kelas saja yakni sebanyak 36 siswa/kelas. Penyeleksiannya dilakukan ketika anak baru masuk ke sekolah kami. Ya idealnya siswa SD yang berprestasi di bidang olahraga bisa masuk ke sekolah kami ini, namun pada kenyataannya persepsi masyarakat kental. Pandangan masyarakat ingin memasukan anaknya ke sekolah favorot masih tinggi,” katanya.

Dijelaskan, adapun keberadaan dari pembentukan kelas olah raga, tidak mengubah dari program sekolah atau pendidikan yang sudah ada hanya saja dari penyajian bidang khusus olahraga waktunya lebih ditingkatkan. Sehingga antara program mata pelajaran dan bidang olahraga tetap ada keterpaduan. “Ketika kita ingin meraih prestasi tetap saja pembelajaran harus seimbang bukan hanya olahraga saja.

Namun dari sisi keunggulanya para siswa yang terpilih masuk ke kelas khusus olahraga mendapat dispensasi ketika akan dan sedang mengikuti pertandingan diluar daerah lain. Seperti hal nya sedang ulangan, mereka tetap bisa mengikuti ulangan susulan atau menumpang belajar disekolah lain yang sama ditunuk oleh pihak kementrian sebagai sekolah unggulan sekolah ungulan olahraga,” paparnya.

Sementara itu, dari hasil evaluasi pertandingan kelas khusus olahgara dari sebanyak 23 kota/kabupaten yang dilaksanakan tahun 2012 ini, SMPN 10 Kota Sukabumi berhasil meraih satu emas dari cabor Karate, dan tiga perunggu dari cabor Atletik dan Futsal. “Alhamdullilah, dari sebanyak 23 sekolah yang ada di 23 kota/kabuapten tersebut posisi kita ada di urutan ke lima. Kita pun berharap program kedepan siswa kita dapat menambah prestasi peraihan juara dari semua cabor yang diikutsertakan,” terangnya.

Tambah Dikdik, penunjukan SMPN 10 sebagai sekolah unggulan olahraga baru memasuki tahun pertama. Berbeda dengan sekolah lainnya yang ada di kota/kabupaten lain yang sudah memasuki tahun ketiga. Sementara kendala yang dihadapi yaitu fisik yang dimiliki para siswa kurang maksimal yakni cepat lelah dan postur tubuh.

“Ketinggian siswa yang ada di sini kurang dibanding dengan siswa yang ada di sekolah lain. Bukan saja itu masalah pendanaan juga itu kendala buat kami. Meskipun kami telah mendapat bantuan sebesar Rp 40 juta dari pemerintah pusat untuk keperluan selama satu lahun pembelajaran yang digunakan untuk pembinaan kami anggap masih kurang. Jika dibandingkan dengan banyaknya agenda pertandingan pembinaan yang harus kita lakukan,” ujarnya. Aris


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59927)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54179)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51773)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15267)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14539)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14350)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14062)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13611)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13465)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9564)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik